Percobaan Interaktif Menggali Misteri Pelangi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini

  • Cici Nuriah Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Artikel ini berfokus pada pembahasan penelitian mengenai upaya peningkatan keterampilan proses sains pada anak melalui percobaan interaktif bertema alam semesta dengan subtema pelangi. Percobaan interaktif ini dapat digunakan guru dan orang tua sebagai strategi proses belajar yang menarik dan menyenangkan dengan anak terlibat langsung dan mencoba sendiri kegiatan percobaan untuk mengeksplorasi pemahaman lebih dalam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada anak-anak kelompok B PAUD Bambim An-Nur, Kawalu Tasikmalaya melalui pelaksanaan percobaan interaktif Penelitian yang dilakukan ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model desain yang dirancang oleh Stephen Kemmis dan Taggart melalui empat langkah yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini diselesaikan melalui pengamatan pra siklus dan 2 siklus tindakan dengan 5 macam kegiatan eksperimen pada bulan April-Mei 2023. Hasil penelitian diperoleh data peningkatan keterampilan proses sains pada anak melalui percobaan interaktif. Pada siklus I perkembangan anak dalam keterampilan proses sains menempati kriteria Baik dengan rata-rata persentase 69%. Kemudian pada siklus II, hasil perkembangan keterampilan proses sains menempati kriteria Sangat baik dengan rata-rata persentase 78%. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa percobaan interaktif menggali misteri pelangi berhasil dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada anak secara signifikan.

Kata Kunci: Percobaan interaktif, keterampilan proses sains, anak usia dini

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Cici Nuriah, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat

Nama saya Cici Nuriah, seorang mahasiswa yang semangat dan penuh dedikasi dalam mengejar pendidikan tinggi. Saya berasal dari Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, dan saat ini sedang menempuh pendidikan di Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Program Studi S1 PGPAUD. Minat saya terutama fokus pada pendidikan anak, dimana saya telah mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang mendalam. Saya memiliki semangat yang tinggi untuk belajar dan berkontribusi dalam dunia akademik, serta memiliki keinginan kuat untuk menghasilkan penelitian berkualitas yang bermanfaat.

No. Wa 085293630556

 

Diterbitkan
2023-07-20
Bagaimana cara mengutip:
Nuriah, C. (2023). Percobaan Interaktif Menggali Misteri Pelangi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 602-610. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.651
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 384 times
PDF downloaded: 545 times

Referensi

Akmal, A. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Pembelajaran Sains. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 8-17. https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/5250/2743.

Ayuningtyas, T. Y., & Wijayaningsih, L. (2020). Efektivitas Permainan Detumbar (Dengarkan, Temukan gambar) terhadap Minat Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 814-822. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/724.

Damayanti, A. (2020). Meningkatkan Keterampilan Proes Sains Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Eksperimen Mencampur Warna di PAUD Permata Hati Desa Jampang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 88-94. https://jurnal.unw.ac.id/index.php/IJEC/article/view/556/1607.

Farhana, Husna (2019). Penelitian Tindakan Kelas. IC Publisher.

Firdaus, N. N., & Subekti, H. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Menggunakan Media Microsoft Teams. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 9(3), 297-303. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38768/36803

Ismail, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Dengan Benda Cair Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia 5-6 tahun Di Tk Chamsiyah Kabupaten Bantaeng. http://eprints.unm.ac.id/27158/.

Izzuddin, A. (2020). Efektivitas Fungsi Controlling Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam Pembelajaran Sains di TK Darun Najihin NW Gunung Rajak. Bintang, 2(2), 157-167. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/888/608.

Kinanti, A., Purnama, S., & Rohinah, R. (2020). Metode Eksperimen: Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Kelompok B2 RA Masyithoh X Karangmojo Gunungkidul. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(1), 31-40. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/goldenage/article/view/51-04/1874

Mirawati, M., & Nugraha, R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 1(1), 13-27. https://journal.umtas.ac.id/index.php/earlychildhood/article/view/50.

Mu’alimin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Ganding Pustaka.

Nugroho, H., & Margiati, K. Y. (2019). Penerapan Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kabupaten Ketapang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 2(3). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/1222.

Nurhasanah, D., & Amini, F. A. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Media Gambar (Penelitian Tindakan Kelas di Kelompok A Raudhatul Athfal Daarul Hasanah Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis). Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1). https://drive.google.com/file/d/16CJwlT8DNwdKMBloAOUCUw5Lc93MTRyL/view

Sari, M. L., Asmawati, L., & Atikah, C. (2021). Implementasi Metode Eksperimen Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains dan Literasi Sains Anak Usia Dini. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 8(1). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JTPPm/article/view/11895/7547.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Nomor 146 Tahun 2014) Tentang Kurikulum 2013 PAUD.

Wahyuni, A. S., Putri, S. U., & Dewi, F. (2023, February). Implementasi Kegiatan Eksperimen Dalam Upaya Pengembangan Keterampian Proses Sains Pada Anak Usia 5-6 Tahun. In Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta (Vol. 2, No. 1, pp. 26-35). http://proceedings2.upi.edu/index.php/semnaspgpaudpwk/article/view/2536

Winarni, D. S. (2017). Analisis kesulitan guru PAUD dalam membelajarakan IPA pada anak usia dini. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 5(1), 12-22. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/edusains/article/view/578.