Percobaan Interaktif Menggali Misteri Pelangi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini
Abstrak
Artikel ini berfokus pada pembahasan penelitian mengenai upaya peningkatan keterampilan proses sains pada anak melalui percobaan interaktif bertema alam semesta dengan subtema pelangi. Percobaan interaktif ini dapat digunakan guru dan orang tua sebagai strategi proses belajar yang menarik dan menyenangkan dengan anak terlibat langsung dan mencoba sendiri kegiatan percobaan untuk mengeksplorasi pemahaman lebih dalam. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains pada anak-anak kelompok B PAUD Bambim An-Nur, Kawalu Tasikmalaya melalui pelaksanaan percobaan interaktif Penelitian yang dilakukan ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model desain yang dirancang oleh Stephen Kemmis dan Taggart melalui empat langkah yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini diselesaikan melalui pengamatan pra siklus dan 2 siklus tindakan dengan 5 macam kegiatan eksperimen pada bulan April-Mei 2023. Hasil penelitian diperoleh data peningkatan keterampilan proses sains pada anak melalui percobaan interaktif. Pada siklus I perkembangan anak dalam keterampilan proses sains menempati kriteria Baik dengan rata-rata persentase 69%. Kemudian pada siklus II, hasil perkembangan keterampilan proses sains menempati kriteria Sangat baik dengan rata-rata persentase 78%. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa percobaan interaktif menggali misteri pelangi berhasil dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada anak secara signifikan.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Cici Nuriah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

