Improving Student Learning Outcomes Through the TaRL Learning Model on Discussion

  • Miftahunajah Aditiya Pratama Universitas Sriwijaya, Kota Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia
  • Hariswan Putera Jaya Universitas Sriwijaya, Kota Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia
  • Sri Agustina SMA Negeri 1 Palembang, Kota Palembang, Sumatera Selatan,  Indonesia

Abstrak

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL) dalam konteks materi Teks Diskusi. TaRL) adalah pendekatan inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan penekanan khusus pada keterampilan dasar seperti membaca dan berhitung. Model ini meliputi tiga tahap utama: Penilaian, Pengelompokan, dan Remidiasi. Penelitian ini menggunakan metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang dilaksanakan pada bulan Maret dan Mei 2023. Partisipan dalam penelitian ini adalah 36 peserta didik dari kelas X.4 SMA Negeri 1 Palembang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes tertulis. Analisis deskriptif dengan menggunakan teknik persentase digunakan untuk menganalisis data yang terkumpul. Temuan penelitian tersebut secara jelas menunjukkan dampak positif penerapan model pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil tes menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan skor meningkat dari tahap awal (pra-siklus) dari 39% menjadi 72% pada siklus I (mewakili peningkatan 33%), dan selanjutnya meningkat menjadi 97% pada siklus II (25% meningkat dibandingkan siklus I). Hasil ini menunjukkan dengan kuat bahwa penerapan model pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL) efektif meningkatkan kemampuan pemahaman teks diskusi bahasa Inggris pada peserta didik Kelas X.4 SMA Negeri 1 Palembang Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Teaching at The Right Level (TaRL), Hasil Belajar, Peserta Didik

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-11-21
Bagaimana cara mengutip:
Pratama, M. A., Jaya, H. P., & Agustina, S. (2023). Improving Student Learning Outcomes Through the TaRL Learning Model on Discussion . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 55-61. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.644
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 375 times
PDF (English) downloaded: 213 times

Referensi

Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan Metode Pembelajaran. Semarang: Unissula.

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Siswa di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11), 5241–5246. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i11.1242

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Banerji, R. & Chavan, M. (2020). A twenty-year patnership of practice and research: The Nobel laureates and Pratham in India. Elseiver

Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2 /4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12407–12418. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4431

Depdiknas. (2004). Pedoman Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik. Jakarta: Depdiknas.

Djalal, F. (2017). Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, dan Model Pembelajaran. Jurnal Dharmawangsa, 2(1), 31–52. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/view/115/110

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Kurniati, S. (2022). Pandangan Ki Hajar Dewantara dan Implementasi bagi Pendidikan Karakter dalam Merdeka Belajar. Pendidikan Bahasa Indonesia Dan Sastra (Pendistra), 5(1), 60–74.

Meishanti, O. P. Y., & Fitri, N. A. R. A. (2022). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Inspiratif Pendekatan TaRL Berbasis PjBL Melalui Pembelajaran Literasi Sains Materi Virus. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, dan Teknologi, 8(1), 1-13. https://doi.org/10.32764/eduscope.v8i1.2783

Muslim, A. (2022). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34–40. http://rayyanjurnal.com/index.php/jetish/article/view/35/39

Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi Pendekatan TaRL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Fisika. 7(1), 94–99. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.1.94-99

Nurrita. (2018). Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Peto, J. (2022). Melalui Model Teaching At Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Penguatan Karakter dan Hasil Belajar Narrative Text di Kelas X.IPK.3 MAN 2 Kota Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12419–12433.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran. Online)(http://smacepiring. wordpress. com).

Trianto (2007). Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Winkel,W.S. (1987). Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia.