Improving Student Learning Outcomes Through the TaRL Learning Model on Discussion
Abstrak
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL) dalam konteks materi Teks Diskusi. TaRL) adalah pendekatan inovatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan penekanan khusus pada keterampilan dasar seperti membaca dan berhitung. Model ini meliputi tiga tahap utama: Penilaian, Pengelompokan, dan Remidiasi. Penelitian ini menggunakan metodologi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang dilaksanakan pada bulan Maret dan Mei 2023. Partisipan dalam penelitian ini adalah 36 peserta didik dari kelas X.4 SMA Negeri 1 Palembang. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes tertulis. Analisis deskriptif dengan menggunakan teknik persentase digunakan untuk menganalisis data yang terkumpul. Temuan penelitian tersebut secara jelas menunjukkan dampak positif penerapan model pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL) terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil tes menunjukkan peningkatan yang signifikan, dengan skor meningkat dari tahap awal (pra-siklus) dari 39% menjadi 72% pada siklus I (mewakili peningkatan 33%), dan selanjutnya meningkat menjadi 97% pada siklus II (25% meningkat dibandingkan siklus I). Hasil ini menunjukkan dengan kuat bahwa penerapan model pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL) efektif meningkatkan kemampuan pemahaman teks diskusi bahasa Inggris pada peserta didik Kelas X.4 SMA Negeri 1 Palembang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Miftahunajah Aditiya Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

