Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Jaring-Jaring Timbul pada Siswa Kelas V SD Negeri Janten
Abstrak
Pembelajaran matematika di sekolah dasar membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan bermakna. Media pembelajaran matematika yang menarik dapat meningkatkan motivasi murid untuk memahami konsep matematika. Pemahaman konsep matematika yang baik dapat membantu murid pada saat menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Tujuan best practice ini untuk mendeskripsikan praktik terbaik pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan guru. Pembelajaran yang dipraktikkan guru adalah pembelajaran matematika menggunakan media jaring-jaring timbul pada siswa kelas V SDN Janten sejumlah 23 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penulisan best practice. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berupa data aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Data aktivitas siswa diperoleh menggunakan lembar observasi. Data hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes tertulis. Hasil setelah diterapkannya model pembelajaran ini, diperoleh data sebesar 95,65 % siswa terlibat aktif dan sangat aktif saat mengikuti pembelajaran. Keterlibatan aktif siswa selama mengikuti pembelajaran diiringi dengan pencapaian hasil belajar siswa. sebanyak 86,94 % siswa memperoleh nilai di atas KKM, dengan daya serap siswa mencapai 82,43 %. Hasil tersebut menunjukkan pencapaian hasil belajar matematika siswa termasuk kategori baik sekali.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Jefri Nur Fahmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.