Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Jaring-Jaring Timbul pada Siswa Kelas V SD Negeri Janten

  • Jefri Nur Fahmi SD Negeri Janten, Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran matematika di sekolah dasar membutuhkan media pembelajaran yang menarik dan bermakna. Media pembelajaran matematika yang menarik dapat meningkatkan motivasi murid untuk memahami konsep matematika. Pemahaman konsep matematika yang baik dapat membantu murid pada saat menyelesaikan permasalahan sehari-hari. Tujuan best practice ini untuk mendeskripsikan praktik terbaik pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan guru. Pembelajaran yang dipraktikkan guru adalah pembelajaran matematika menggunakan media jaring-jaring timbul pada siswa kelas V SDN Janten sejumlah 23 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penulisan best practice. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh berupa data aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Data aktivitas siswa diperoleh menggunakan lembar observasi. Data hasil belajar siswa diperoleh menggunakan tes tertulis. Hasil setelah diterapkannya model pembelajaran ini, diperoleh data sebesar 95,65 % siswa terlibat aktif dan sangat aktif saat mengikuti pembelajaran. Keterlibatan aktif siswa selama mengikuti pembelajaran diiringi dengan pencapaian hasil belajar siswa. sebanyak 86,94 % siswa memperoleh nilai di atas KKM, dengan daya serap siswa mencapai 82,43 %. Hasil tersebut menunjukkan pencapaian hasil belajar matematika siswa termasuk kategori baik sekali.

Kata Kunci: pembelajaran matematika, media jaring-jaring timbul

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Jefri Nur Fahmi, SD Negeri Janten, Temon, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

Penulis bernama Jefri Nur Fahmi, S.Pd. Seorang guru di SD Negeri Janten, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Penulis lahir di Purworejo 28 juni 1989. wa. 085642388195

Diterbitkan
2023-11-21
Bagaimana cara mengutip:
Fahmi, J. N. (2023). Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Jaring-Jaring Timbul pada Siswa Kelas V SD Negeri Janten. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 88-94. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.636
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 300 times
PDF downloaded: 204 times

Referensi

Aisyah, N. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi departemen Pendidikan Nasional.

Dhana, M. S., Mappeasse, M. Y., & Nasrun, N. (2022). Peningkatan Daya Serap Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Siswa Kelas X TKJ SMK Yos Sudarso Ende. Jurnal Media TIK, 5(1), 13–16.

Ekowati, R. C. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning. 8(3), 491–500.

Goenawan Roebiyanto. (2017). Pemecahan Masalah Matematika (p. 3). Remaja Rosdakarya.

Hamalik, O. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum (p. 261). PT Remaja Rosdakarya.

Holisin, I., ’Ainy, C., & Kristanti, F. (2017). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar dengan Model Pembelajaran Oscar. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya.

Indriati, W. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Statistika melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Microsoft Excel. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 157–163. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.321

Kuntjojo. (2021). Psikologi Pendidikan. In Psikologi Pendidikan. Guepedia.

Pendidikan, T. P. P. (2019). Panduan Penulisan Soal HOTs. Tim Pusat Penilaian Pendidikan.

Prajitno, E. (2017). Kajian Geometri dan Pengukuran di Sekolah Dasar (Issue 215). Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan,.

Rifa’i, A. (2012). Psikologi Pendidikan (p. 32). Pusat Pengembangan MKU KKD Unnes.

Smaldino, S. E. (2011). smaldino konkret abstrak.pdf. In Instructional Technology & Media for Learning (9th ed., p. 9).

Soedarnadi, E. W., & Sulisworo, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Masalah Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 267–273. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.386

Sundayana, R. (2018). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika (p. 3). Alfabeta.

Susanto. (2021). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi Pada Mata Pelajaran IPA, IPS, PJOK, dan Seni Budaya untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama. https://repositori.kemdikbud.go.id/25533/

Wulandari, E. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Guided Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar.

Yani, A. (2019). Cara Mudah Menulis Soal HOTs (p. 7).

Yo, R. (2022). Pembelajaran Sosial dan Emosional (modul Guru Penggerak).