Upaya Meningkatkan Kinerja Guru melalui Kegiatan Supervisi Kelas dalam Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan SMP

  • Elya Ratna Hartawati SMP Negeri 2 Kiarapedes, Purwakarta, Jawa Barat,  Indonesia
  • Saepul Ma'mun Universitas Singaperbangsa Karawang, Karawang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Endi Rochaendi Universitas Alma Ata, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman secara menyeluruh mengenai upaya peningkatan kinerja pendidik melalui supervisi kelas dalam proses pembelajaran pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian yang dimanfaatkan dalam kajian penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui model Kemmis dan Mc.Taggart dengan empat tahapan aktivitas, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dimulai sejak bulan September 2022 dan berakhir pada bulan November 2022. Subyek yang diteliti adalah guru-guru SMP Negeri 2 Kiarapedes sebanyak 17 orang, terdiri atas 10 guru berstatus Aparatur Sipil Negara dan 7 guru berstatus guru honorer. Pengumpulan data memanfaatkan teknik observasi dan wawancara, kemudian hasilnya dianalisis secara deskriptif serta disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa kinerja guru mengalami peningkatan yang cukup berarti dalam proses pembelajaran dengan telah dilaksanakannya kegiatan supervisi kelas. Potret keberhasilan tersebut tergambar pada dua siklus yang dilaksanakan, semula pada siklus pertama masih menyisakan 29,42% guru yang memiliki kinerja kurang baik/kurang tinggi kemudian pada siklus berikutnya jadi 0%. Pada siklus pertama guru yang memiliki kinerja cukup tinggi hanya mencapai 23,53% guru, kemudian di siklus kedua terjadi peningkatan yang cukup berarti menjadi 41,18 % guru yang memiliki kinerja cukup tinggi. Selain itu, pada awalnya hanya 47,05% guru yang memiliki kinerja tinggi/baik (sangat tinggi dan tinggi) di siklus pertama kemudian bertambah menjadi sebesar 58,82% guru pada siklus kedua.

Kata Kunci: Kinerja Guru, Pembelajaran, Supervisi Kelas

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Endi Rochaendi, Universitas Alma Ata, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Dr. Endi Rochaendi, M.Pd. Lektor Prodi S-1 PGSD Universitas Alma Ata, Jalan Brawijaya Nomor 99 Jadan, Tamantirto, Kasihan, Kabupaten Bantul Yogyakarta.

Telp. /WA. 0813 9447 1966.

Diterbitkan
2023-08-26
Bagaimana cara mengutip:
Hartawati, E. R., Ma’mun, S., & Rochaendi, E. (2023). Upaya Meningkatkan Kinerja Guru melalui Kegiatan Supervisi Kelas dalam Proses Pembelajaran pada Satuan Pendidikan SMP. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 754-762. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.633
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 138 times
PDF downloaded: 64 times

Referensi

Chang, M. C., Shaeffer, S., Al-Samarrai Samer, Ragatz, A. B., deRee, J., & Stevenson, R. (2014). Reformasi Guru di Indonesia: Peran Politik dan Bukti dalam Pembuatan Kebijakan. Sektor Pembangunan Manusia Kantor Bank Dunia.

DeGrauwe, A. (2004). Reforming school supervision and support for quality improvement. UNESCO.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud. (2020). Rencana Strategis Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Tahun 2020-2024. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Ernawati, Y., Pambudi, A. R., Pratama, A., Aditama, A. Y., Devi, K. J. F., Nadia, P. Z., Yulianandara, P. V., Triastika, R. A., Nissa, S. Z., Miftahussururi, Rediza, P., Aditama, M. A., Jubaedi, M. F., Ramdhan, R. M., Hidayat, R., Sinaga, M., Simarmata, I. L., & Putri, D. W. K. (2019). Neraca Pendidikan Daerah 2019 (Hendarman, Ed.). Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan (PASKA) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Hartanto, S., & Purwanto, S. (2019). Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Republik Indonesia.

Irayati, M., Wijayanti, M. A., Puspitawati, S., Rafael, S., & Wijayanti, W. (2022). Coaching untuk Supervisi Akademik. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Jamila, Ahdar, & Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. Al Ma’arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 101–110. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i2.2346

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2021). Neraca Pendidikan Daerah.

Kotirde, I. Y., & Bin Md Yunos, J. (2015). The Processes of Supervisions in Secondary Schools Educational System in Nigeria. Procedia: Social and Behavioral Sciences, 204, 259–264. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.149

Kurniawan, R. Y. (2016). Identifikasi Permasalahan Pendidikan Di Indonesia Untuk Meningkatkan Mutu dan Profesionalisme Guru. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia (KONASPI), VIII, 1415–1420.

Masaong, Abd. K. (2013). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Alfabeta.

Pradewo, B. (2021, November 19). Kemendikbudristek Ungkap Rata-Rata Skor Kompetensi Guru 50,64 Poin. Https://Www.Jawapos.Com/Pendidikan/01355273/Kemendikbudristek-Ungkap-Ratarata-Skor-Kompetensi-Guru-5064-Poin.

Prasojo, L., & Sudiyono. (2015). Supervisi Pendidikan. Gava Media.

Rochaendi, E. (2023). Kompetensi Kepala Sekolah dan Kompetensi Pengawas Sekolah. In T. S. Tambunan (Ed.), Supervisi Pendidikan. Media Sains Indonesia.

Rochaendi, E., Wahyudi, A., Arifin, A. S., & Salim, A. (2021). Penerapan Model Kirkpatrick Dalam Mengevaluasi Pelaksanaan Diklat Penguatan Kepala Sekolah Melalui Daring Dari Perspektif Pengajar. Literasi, XII (2), 59–76. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2021.12(2).59-76

Sabon, S. L., Listiawati, N., & Relisa. (2020). Model Magang Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di SMK (Karnowo, L. H. Winingsih, & Y. Wirda, Eds.). Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Santosa, H., & Nusyirwan. (2019). Bahan Ajar Pengantar Supervisi Akademik (C. Triatna & W. Prayitno, Eds.; 1st ed.). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sedarmayanti. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Refika Aditama.

Sekolah Kita. (2021). (20217352) SMP Negeri 1 Kiarapedes. Https://Sekolah.Data.Kemdikbud.Go.Id/Index.Php/Chome/Profil/70db6314-2cf5-E011-8026-15daffcd8648.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan (Action Research), Penelitian Evaluasi (Setiyawarni, Ed.; Cetakan 1). Alfabeta.

Supriyana, H., & Sutedjo. (2019). Supervisi dan Penilaian Kinerja Tenaga Kependidikan (D. Satori, Widiatmoko, & D. Fajarwati, Eds.). Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Veirissa, A. H. (2021). Kualitas Guru di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 267–272.

Yarrow, N., Afkar, R., Masood, E., & Gauthier, B. (2020). Mengukur Kualitas Layanan Pendidikan Di Indonesia. Bank Dunia.

Yunus, S. (2017, November 24). Mengkritisi Kompetensi Guru. Https://News.Detik.Com/Kolom/d-3741162/Mengkritisi-Kompetensi-Guru.