Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan

  • JB. Suhatmaji Sunaryo SMA Negeri 1 Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan atau yang biasa disebut pelajaran PKWU merupakan suatu pelajaran yang memberikan bahasan pada sebuah karya yang dibuat dan berwirausaha. Untuk dapat memahami materi tentang kerajinan berdasarkan artefak/objek budaya lokal maka diperlukan metode yaitu Project Based Learning ( PjBL). Model ini dipergunakan karena melibatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran yang berfungsi untuk memecahkan masalah dalam memahami materi pelajaran. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 10 IPS 4 SMA Negeri 1 Sedayu yang berjumlah 36 orang. Tujuan dari penelitian yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) ini adalah siswa dapat memahami materi pelajaran, sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Hasil akhir dari penelitian nilai yang diperoleh siswa kurang dari 70 sebanyak 2,77% atau sebanyak 1 siswa, siswa yang mendapatkan nilai sama dengan 70 dan kurang dari dari 80 sebanyak  0% atau sebanyak 0 siswa, kemudian siswa yang mendapatkan nilai 80 dan kurang dari 90 sebanyak 61,11% atau sebanyak 22 siswa, siswa yang mendapatkan nilai sama dengan 90 sampai 100 sebanyak 36,11% atau sebanyak 13 siswa. Metode pembejaran Project Based Learning ( PjBL) ini sangat tepat untuk memperbaiki hasil belajar siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Sedayu karena model pembelajaran model PjBL ini sangat menyenangkan bagi para siswa dan nantinya diharapkan akan membuat siswa dapat mengembangkan kemampuan wirausaha dalam bidang kerajinan dimasyarakat.

Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Prakarya dan Kewirausahaan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-08-14
Bagaimana cara mengutip:
Sunaryo, J. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 713-722. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.627
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 651 times
PDF downloaded: 302 times

Referensi

Adawiyah, T. A., Harso, A., & Nassar, A. (2020). Hasil Belajar IPA Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. Science, And Physics Education Journal (SPEJ), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.31539/Spej.V4i1.1636

Afriana, J. (2015). Project Based Learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Aminudin, S. (2020). https://www.sinau-thewe.com/2020/09/download-modul-belajar-kelas-2-sd-tema_20.html

Goodman, Brandon and Stivers, J. (2010). Project-Based Learning. Educational Psychology. ESPY 505

Insana, D. R. M., & Mayndarto, E. C. (2017). Pembangunan Karakter Wirausaha Mahasiswa Melalui Peningkatan Kualitas Pendidikan Kewirausahaan. Jurnal Ekonomi, 19(3), 348–356. https://doi.org/10.37721/je.v19i3.29

Kastina, Z. V. K. (2017). Implementasi Sistem Penilaian Dalam Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa FISIP, 4(1), 1–15.

Mulyani, E. (2012). Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 1–18. https://doi.org/10.21831/Jep.V8i1.705

Mulyono, H., & Agustin, E. E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Di SMK Muhammadiyah 1 Padang. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 5(1), 20. https://doi.org/10.29100/Jipi.V5i1.1518

Nasution, T., Ambiyar, & Wakhinuddin. (2022). Model Project-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di Perguruan Tinggi. EDUKASI : Jurnal Pendidikan, 20(1), 152–165. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3675

Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 5 SD Abdi. Kalam Cendekia, 6(4), 9–15.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1). https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Rakhmat, J. (2006). Islam dan pluralisme: akhlak Quran menyikapi perbedaan. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Rante Datu, H., Qadar, R., & M. Junus. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 1(02), 138–144. https://doi.org/10.30872/jlpf.v1i2.231

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Tirtawati, N. L. R. (2020). Isolasi Mandiri Covid-19 dengan Daring PjBL Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Journal of Education Action Research, 4(4), 393. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28504