Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan
Abstrak
Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan atau yang biasa disebut pelajaran PKWU merupakan suatu pelajaran yang memberikan bahasan pada sebuah karya yang dibuat dan berwirausaha. Untuk dapat memahami materi tentang kerajinan berdasarkan artefak/objek budaya lokal maka diperlukan metode yaitu Project Based Learning ( PjBL). Model ini dipergunakan karena melibatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran yang berfungsi untuk memecahkan masalah dalam memahami materi pelajaran. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas 10 IPS 4 SMA Negeri 1 Sedayu yang berjumlah 36 orang. Tujuan dari penelitian yang menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) ini adalah siswa dapat memahami materi pelajaran, sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Hasil akhir dari penelitian nilai yang diperoleh siswa kurang dari 70 sebanyak 2,77% atau sebanyak 1 siswa, siswa yang mendapatkan nilai sama dengan 70 dan kurang dari dari 80 sebanyak 0% atau sebanyak 0 siswa, kemudian siswa yang mendapatkan nilai 80 dan kurang dari 90 sebanyak 61,11% atau sebanyak 22 siswa, siswa yang mendapatkan nilai sama dengan 90 sampai 100 sebanyak 36,11% atau sebanyak 13 siswa. Metode pembejaran Project Based Learning ( PjBL) ini sangat tepat untuk memperbaiki hasil belajar siswa kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Sedayu karena model pembelajaran model PjBL ini sangat menyenangkan bagi para siswa dan nantinya diharapkan akan membuat siswa dapat mengembangkan kemampuan wirausaha dalam bidang kerajinan dimasyarakat.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 JB. Suhatmaji Sunaryo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

