Evaluasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Berstandar Komputer di Madrasah Ibtidaiyah
Abstrak
Perbaikan dan evaluasi pendidikan saat ini tengah dilakukan oleh pemerintah Indonesia yaitu cara pemetaan mutu pendidikan dengan program yang disebut asesemen nasional. Pelaksanaan Asesmen Nasional yang berbasis komputer disingkat dengan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) merupakan suatu penilaian mutu di setiap satuan pendidikan dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah dengan instrumen berupa Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), survei karakter, dan survei lingkungan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan ANBK di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Tanjungsari Banyudono. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu pelaksanaan ANBK sebelumnya menggunakan moda online menumpang yang kemudian tahun setelahnya menjadi online mandiri. Setelah beralih menjadi online mandiri diirngi dengan peningkatan sarana dan prasarana seperti ditingkatkannya daya listrik yang semula 900 watt menjadi 2.200 watt, kecepatan internet yang sebelumnya 10 Mbps menjadi 20 Mbps dan penambahan perangkat laptop, hal ini dilakukan demi kelancaran pelaksanaan ANBK. Adapun faktor penghambat pelaksanaan ANBK yakni keterbatasan jumlah laptop. Meskipun sudah diusahakan dengan cara meminjam milik guru, ternyata tidak semua laptop yang dimiliki guru tersebut kondisinya baik. Sedangkan faktor pendukugnya yaitu peningkatan sarana dan prasaran seperti peningkatan daya listrik dan kecepetan internet, serta siswa sudah jauh hari sebelum pelaksanaan ANBK telah dibekali pelatihan pengoperasian komputer/laptop melalui kegiatan ekstrakurikuler TIK.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Abdul Fitri Berlianto, Heldy Ramadhan Putra Pembangunan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

