Upaya Meningkatkan Fisik dan Kelincahan Siswa dengan Metode Ilinois Run pada Ekstrakurikuler Futsal

  • Olivia Dwi Cahyani Universitas Nahdhatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, Jawa Timur,  Indonesia
  • Aris Prasetyo Universitas Nahdhatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, Jawa Timur,  Indonesia
  • Heru Hermawan Universitas Nahdhatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Olahraga futsal salah satu aktifitas yang memerlukan tehnik, taktik dan kondisi fisik yang apik. Pada kegiatan ekstrakurikuler futsal membutuhkan kondisi fisik yang baik agar bisa memberikan efek para pemainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang kondisi fisik peserta non futsal serta menigkatkan kelincahan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMPN 2 Padangan. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik survei dengan bentuk penelitian deskriptif berupa pengumpulan data kuantitatif, pengujian dan pengukuran dengan menggunakan metode ilinois agility runs pada 25 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal dengan lama penelitian satu minggu. Hasil dari penelitian ini mengklasifikasikan peserta futsal ke dalam kategori kecepatan “baik”, unsur mobilitas “baik”, dan daya tahan kardiorespirasi “baik”. Dalam rumus pengkategorian peserta ekstrakurikuler futsal kategori cukup sehingga dapat di simpulkan bahwa peserta ekstrakurikuler futsal memiliki kondisi fisik kategori cukup. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa telah terjadi perubahan pada siswa akibat pengaruh model pembelajaran direct class pada Ilinois dan pembelajaran keterampilan.

Kata Kunci: kondisi fisik, kelincahan, futsal, ilinois run

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-11-01
Bagaimana cara mengutip:
Cahyani, O. D., Prasetyo, A., & Hermawan, H. (2023). Upaya Meningkatkan Fisik dan Kelincahan Siswa dengan Metode Ilinois Run pada Ekstrakurikuler Futsal . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 24-28. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.622
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 205 times
PDF downloaded: 131 times

Referensi

Andriawan. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Video Demonstrasi pada Mata Pelajaran Praktik Batu Kelas XI Jurusan Teknik Konstruksi Batu Beton di SMKN 2 Pengasih. (Skripsi): FT UNY. http://eprints.uny.ac.id/19243/1/AAN%20andriawan-11505241012.pdf

Bartkus, K. R., Nemelka, B., Nemelka, M., & Gardner, P. (2012). Clarifying The Meaning Of Extracurricular Activity: A Literature Review Of Definitions. American Journal of Business Education (AJBE), 5(6), 693–704. https://doi.org/10.19030/ajbe.v5i6.7391

Dahliyana, A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1), 54–64.

Fahmi Ashari Sapto Adi, R. (2019). Pengembangan Model Latihan Menyerang Futsal Menggunakan Formasi 3-1. Sport Science and Health |, 1(2), 2019.

Febrianty, A., Fahrial, A., & Usman, W. (2020). Survei Minat Siswa Kelas VIII Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Olahraga Di SMP Negeri Se- Kabupaten Sidoarjo. Sport Science Health, 2(1), 39–48.

Firdaus Soffan Hadi, D. (2016). Pengaruh Latihan Ladder Drills Terhadap Peningkatan Kelincahan Siswa U-17 Di Persatuan Sepakbola Jajag Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26(1), 213–228.

Litardiansyah, B., & Hariyanto, E. (2022). Survei Kondisi Fisik Peserta Ekstrakurikuler Futsal Putra dan Putri Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 2(6), 331–339. https://doi.org/10.17977/um062v2i62020p331-339

MacKenzie, B. (2015). 101 Performance Evaluation Tests. Green Star Media Limited.

Novia, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Teaching dalam Pembelajaran Passing Atas pada Siswa. Juara, 4(1), 9–14.

Pane, B. S. (2015). Peranan Olahraga Dalam Meningkatkan Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 21(79), 1–4.

Putra, D. A. (2022). Pengaruh Latihan Ladder Drill Dan Zig-Zag Run Dalam Meningkatkan Kelincahan Pada Atlet Futsal. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(4), 31–40.

Santra, W. (2021). Implementasi Model Direct Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Sprint. Indonesian Journal of Educational Development, 2(2), 382–390. https://doi.org/10.5281/zenodo.5257265

Supargo, A. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Direct Instructions dalam Upaya Peningkatan Prestasi belajar Penjaskes yang Memuat Renang Pada Siswa Kelas X TKJ 1 Semester 1 SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek Tahun. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar Dan Menengah, I(1), 66–73.

Ubaidah, S. (2014). Manajemen Ekstrakurikuler dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 5(11), 150–161.

Wahyu, A.I. & Susanto, I.H. (2022). Gambaran Kondisi Fisik Tim Futsal Putra Pra Porprov Kabupaten Sumenep Tahun 2022. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(3), 43-52. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-kesehatan-olahraga/article/view/48073