Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Manik-Manik

  • Maria Putri Arisanti Prodi PGSD Universitas Nusa Nipa, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur,  Indonesia
  • Marianus Yufrinalis Prodi PGSD Universitas Nusa Nipa, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur,  Indonesia
  • Lukas Bera Prodi PGSD Universitas Nusa Nipa, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur,  Indonesia

Abstrak

Permasalahan pokok dalam penelitian ini antara lain guru belum maksimal dalam mengajar, kreatifitas dan inovasi yang minim dalam menyusun bahan ajar dan menggunakan media pembelajaran, sehingga pembelajaran terasa membosankan bagi para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media manik- manik dan dampaknya terhadap pemahaman siswa kelas II SDK Waiara dalam menghitung perkalian. Secara kuantitatif data dikumpulkan dari hasil uji belajar, hasil pengamatan di kelas, rubrik evaluasi hasil serta evaluasi proses. Sebaliknya secara kualitatif bersumber dari dokumentasi serta wawancara. Informasi yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif serta kualitatif. Informasi kuantitatif dianalisis untuk menjelaskan tingkatan keberhasilan siswa pada operasi perkalian. Secara kualitatif informasi dianalisis untuk menjelaskan kegiatan belajar siswa serta kegiatan mengajar guru sepanjang proses berlangsung. Bersumber pada riset yang sudah dilaksanakan menampilkan jika pelaksanaan model STAD dipadukan media manik– manik bisa menaikkan hasil belajar siswa kelas II SDK Waiara Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Peningkatan hasil belajar di saat riset yaitu persentase ketuntasan siswa sebesar 76, 97% pada siklus I bertambah jadi 94, 11% pada siklus II. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para guru dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di kelas, terutama implementasi media pembelajaran yang menarik dan merangsang siswa belajar secara aktif. Selain itu, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model STAD, Media Manik-Manik, Matematika

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Maria Putri Arisanti, Prodi PGSD Universitas Nusa Nipa, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur

Maria Putri Arisanti adalah mahasiswa tingkat akhir pada Program Studi PGSD Universitas Nusa Nipa. Marianus Yufrinalis, S.Fil., M.A adalah dosen Progam Studi PGSD Universitas Nusa Nipa dan memiliki rekam jejak penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi ilmiah yang meningkat dari tahun ke tahun. Sedangan Lukas Bera, S.Pd., MM adalah dosen Program Studi PGSD Universitas Nusa Nipa di Maumere, Flores, NTT. Adapun publikasi hasil penelitian ini merupakan luaran wajib pada program Asistensi Mengajar sebagai implementasi dari Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Diterbitkan
2023-07-24
Bagaimana cara mengutip:
Arisanti, M. P., Yufrinalis, M., & Bera, L. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Manik-Manik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 620-626. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.621
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 357 times
PDF downloaded: 259 times

Referensi

Afifah, D. S. N. (2012). Interaksi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 1(2), 145–152. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.37

Aji, B. S., & Winarno, M. E. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal. Jurnal Pendidikan, 1(7), 21–22.

Ananda, K., Raya, U. P., Pendidikan, F. I., & Yogyakarta, U. N. (2021). Pengembangan Media Manik-Manik Hitung Untuk Pemahaman Konsep Bilangan Anak Kelompok A. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 154–161.

Ardianto, W., Sa’dijah, C., & Kuswandi, D. (2017). Pembelajaran Saintifik Berbantuan Media Manipulatif Untuk Memahamkan Konsep Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(5), 694–705. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. (Edisi Revisi). Jakarta : Bumi Aksara

Daulay, N. (2014). Implementasi Tes Psikologi Dalam Bidang Pendidikan. Tarbiyah, 21(2), 402–421.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hasanah, H. (2016). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial. At-Taqaddum., 8(1), 21–46.

Kusumawati, H. & M. (2006). PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DARI HASIL BELAJAR SISWA. Scholaria, 6(3), 251–263.

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, 13(2), 177–181.

Pitadjeng. (2015). Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Pratama, L. D. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 29–39.

Siska, S., Safei, S., & Sulasteri, S. (2021). Kemampuan Operasi Hitung Bilangan Bulat Menggunakan Media Pembelajaran Manik-Manik Warna. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 242. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i2a10.2021

Slameto. (2012). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sunilawati, N. M., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad kemampuan numerik siswa kelas IV SD. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup

Susilowati. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Komunikasi: Jurnal Komunikasi. 9(2). https://doi.org/10.31294/jkom.v9i2.4319