Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Manik-Manik
Abstrak
Permasalahan pokok dalam penelitian ini antara lain guru belum maksimal dalam mengajar, kreatifitas dan inovasi yang minim dalam menyusun bahan ajar dan menggunakan media pembelajaran, sehingga pembelajaran terasa membosankan bagi para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media manik- manik dan dampaknya terhadap pemahaman siswa kelas II SDK Waiara dalam menghitung perkalian. Secara kuantitatif data dikumpulkan dari hasil uji belajar, hasil pengamatan di kelas, rubrik evaluasi hasil serta evaluasi proses. Sebaliknya secara kualitatif bersumber dari dokumentasi serta wawancara. Informasi yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif serta kualitatif. Informasi kuantitatif dianalisis untuk menjelaskan tingkatan keberhasilan siswa pada operasi perkalian. Secara kualitatif informasi dianalisis untuk menjelaskan kegiatan belajar siswa serta kegiatan mengajar guru sepanjang proses berlangsung. Bersumber pada riset yang sudah dilaksanakan menampilkan jika pelaksanaan model STAD dipadukan media manik– manik bisa menaikkan hasil belajar siswa kelas II SDK Waiara Tahun Pelajaran 2022/ 2023. Peningkatan hasil belajar di saat riset yaitu persentase ketuntasan siswa sebesar 76, 97% pada siklus I bertambah jadi 94, 11% pada siklus II. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para guru dalam menyelenggarakan kegiatan pembelajaran di kelas, terutama implementasi media pembelajaran yang menarik dan merangsang siswa belajar secara aktif. Selain itu, hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Maria Putri Arisanti, Marianus Yufrinalis, Lukas Bera

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

