Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif “Kihajar Beriman” pada Elemen Media Digital

  • Ayu Sarwendah SMK Negeri 2 Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan multimedia interaktif "Kihajar Beriman" (Kita Harus Belajar Broadcasting dan Perfilman) pada elemen pembelajaran media digital di SMKN 2 Kediri. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Pertama, tahap analisis terdiri dari observasi dan wawancara guru untuk memberikan analisis kurikulum dan karakteristik siswa. Kedua, mendesain multimedia pembelajaran interaktif. Ketiga, pengembangan multimedia pembelajaran interaktif divalidasi oleh ahli media dan materi untuk menentukan kelayakannya, serta mengetahui respon siswa. Keempat, tahap implementasi pada siswa di kelas X BPF 1 di SMKN 2 Kediri. Kelima, tahap evaluasi yaitu mengelola hasil penilaian dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa multimedia interaktif "Kihajar Beriman" dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada elemen Media Digital di SMKN 2 Kediri dengan rata-rata nilai sebesar 83%. Adapun rincian hasil penilaian adalah aspek format media dengan persentase 81,7%, aspek materi media 82,8%, dan aspek bahasa media 85%. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan alternatif media pembelajaran dan dikembangkan pada elemen pembelajaran lain.

Kata Kunci: multimedia pembelajaran interaktif, elemen media digital

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ayu Sarwendah, SMK Negeri 2 Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur

Ayu Sarwendah, S.Pd.,M.Pd.,Gr lahir di Kediri pada 10 Februari 1990. Menempuh pendidikan di SDN Sambi 1 tahun 1996-2002, SMPN 4 Kediri tahun 2002-2005, SMAN 7 Kediri tahun 2005-2008, S1 Pendidikan Teknik Elektro di Universitas Negeri Surabaya tahun 2008-2012, S2 Magister Teknologi Pendidikan di Universitas Dr. Soetomo tahun 2021-2023. Penulis bekerja sebagai guru program keahlian Broadcasting dan Perfilman di SMKN 2 Kediri. Kontak yang bisa dihubungi melalui Whatsapp 085649000883 dan email ayusarwendah@gmail.com. Penulis merupakan mahasiswa lulusan terbaik di Universitas Negeri Surabaya tahun 2012 dan menjadi Pegawai Negeri Sipil tahun 2017.

Diterbitkan
2023-06-09
Bagaimana cara mengutip:
Sarwendah, A. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif “Kihajar Beriman” pada Elemen Media Digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 525-530. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.616
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 506 times
PDF downloaded: 368 times

Referensi

Ayu, I. G., Sri, A., & Dewi, S. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Karakter Mata Pelajaran Bahasa Bali. 3, 190–1

Carolina, Y. D. (2022). Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10-16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.44895.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934

Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315

Indrawan, I., Wijoyo, H., Wiguna, I. M. A., & Wardani, E. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia.

Kusumawati, L. D., Sugito, Nf., & Mustadi, A. (2021). Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 31. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p31--51

Pradana, I., Setyosari, P., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Cahaya. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(1), 26–32. https://doi.org/10.17977/um031v7i12020p026

Risma, O. (2011). New Media Digital . Skripsi, 12–33.

Sartono, S. (2018). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 3(2), 23-32.

Suryaningsih, A. (2019). Ideas for Developing Augmented Reality in Books As an Effort to Increase Student Reading Interest (Adaptation to Literacy Acceleration from South Korea). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 35-42. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.80