Peningkatan Kompetensi Penyusunan Soal Literasi melalui Pelatihan dengan Pola In-On-In

  • Nurhidayati Nurhidayati SMP Negeri 3 Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Rapor Pendidikan SMP Negeri 3 Mlati pada indikator A.1 Kemampuan Literasi baru mencapai skor 2.41. Sementara target skor adalah 3,00. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa kemampuan menyusun soal literasi guru SMP Negeri 3 Mlati perlu ditingkatkan agar dapat memperbaiki proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi penyusunan soal literasi dan mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pelatihan dengan pola In-On-In dalam meningkatkan kompetensi penyusunan soal literasi guru SMP Negeri 3 Mlati. Bentuk soal yang dipilih adalah pilihan ganda kompleks. Pelatihan dengan pola In-On-In terdiri atas tiga tahap, yakni In-service Learning 1 (In 1), On the Job Learning (On) dan In-service Learning 2 (In 2). Adapun subjek dari penelitian adalah guru-guru  SMP Negeri 3 Mlati yang berjumlah 16 orang. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini terdiri atas dua siklus. Keberhasilan penelitian dilihat dari dua indikator, yakni indikator keberhasilan hasil dan proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1  peserta pelatihan yang mencapai/melampaui ketuntasan minimal dalam menyusun soal literasi 11 peserta atau 68,75%. Pada siklus 2 sejumlah 14 peserta atau 87,5%. Sedangkan berdasarkan indikator keberhasilan proses, peserta yang mencapai kategori minimal Memuaskan pada siklus 1 sejumlah 12 peserta atau 75%. Pada siklus 2 sejumlah 15 peserta atau 93,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan dengan pola In-On-In dapat meningkatkan kompetensi penyusunan soal literasi pada guru SMP Negeri 3 Mlati.

Kata Kunci: kompetensi guru, literasi, pelatihan In-On-In

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Nurhidayati Nurhidayati, SMP Negeri 3 Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Nurhidayati, bertempat tinggal di Nandan RT.09 RW.39 Sariharjo Ngaglik Sleman. Sejak Juli 2018 bertugas di SMP Negeri 3 Mlati Sleman DIY. Email nurhidnurhid3@gmail.com. No HP/WA 081578176500.

Diterbitkan
2023-07-24
Bagaimana cara mengutip:
Nurhidayati, N. (2023). Peningkatan Kompetensi Penyusunan Soal Literasi melalui Pelatihan dengan Pola In-On-In . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 627-633. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.613
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 216 times
PDF downloaded: 119 times

Referensi

Hasan, Y. (2022). Meningkatkan Kompetensi Guru Melaksanakan Pembelajaran dalam Jaringan Melalui Pendampingan Berbasis In On In Service di SDN 94 Kota Utara Kota Gorontalo. Dikmas, Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 02 (3). http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.895-906.2022

Hendriana, H. dan Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Bandung : PT Refika Aditama.

Maharani, B dan Wahidin. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Basicedu, 6 (4), 5656-5663. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3097

Mulyasa. (2012). Penelitian Tindakan Sekolah, Meningkatkan Produktivitas Sekolah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (Nomor 15 Tahun 2018). Tentang Pemenuhan Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah.

Puspaningtyas, Nicky Dwi dan Marchamah Ulfa. (2020). Pelatihan Soal Matematika Berbasis Literasi dan Numerasi pada Siswa SMA Fitrah Insani. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 4 (2), 137-140. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v4i2.37504

Retnaningdyah, Pratiwi. dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sulianta, F. (2020). Buku Literasi Digital, Riset dan Perkembangannya dalam Perspektif Social Studies. Bandung: Universitas Widyatama.

Suyanto dan Jihad, Asep. (2013). Menjadi Guru Profesional, Strategi Meningkatkan kualifikasi dan Kualitas Guru di era Global. Jakarta : Esensi Erlangga Group.

Syamsuddin, A.R. dan Damaianti, V. S.(2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Tumuruna, J. (2021). Bimtek In-On-In Daring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun RPP PJJ Kelas Khusus Olahraga. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6 (3). 368-375. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.297

Undang-Undang Republik Indonesia. (Nomor 14 Tahun 20025). Tentang Guru dan Dosen.