Peningkatan Kompetensi Penyusunan Soal Literasi melalui Pelatihan dengan Pola In-On-In
Abstrak
Rapor Pendidikan SMP Negeri 3 Mlati pada indikator A.1 Kemampuan Literasi baru mencapai skor 2.41. Sementara target skor adalah 3,00. Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa kemampuan menyusun soal literasi guru SMP Negeri 3 Mlati perlu ditingkatkan agar dapat memperbaiki proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi penyusunan soal literasi dan mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pelatihan dengan pola In-On-In dalam meningkatkan kompetensi penyusunan soal literasi guru SMP Negeri 3 Mlati. Bentuk soal yang dipilih adalah pilihan ganda kompleks. Pelatihan dengan pola In-On-In terdiri atas tiga tahap, yakni In-service Learning 1 (In 1), On the Job Learning (On) dan In-service Learning 2 (In 2). Adapun subjek dari penelitian adalah guru-guru SMP Negeri 3 Mlati yang berjumlah 16 orang. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini terdiri atas dua siklus. Keberhasilan penelitian dilihat dari dua indikator, yakni indikator keberhasilan hasil dan proses. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 peserta pelatihan yang mencapai/melampaui ketuntasan minimal dalam menyusun soal literasi 11 peserta atau 68,75%. Pada siklus 2 sejumlah 14 peserta atau 87,5%. Sedangkan berdasarkan indikator keberhasilan proses, peserta yang mencapai kategori minimal Memuaskan pada siklus 1 sejumlah 12 peserta atau 75%. Pada siklus 2 sejumlah 15 peserta atau 93,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelatihan dengan pola In-On-In dapat meningkatkan kompetensi penyusunan soal literasi pada guru SMP Negeri 3 Mlati.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Nurhidayati Nurhidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

