Efektifitas Buku Penghubung dalam Upaya Peningkatan Disiplin Siswa
Abstrak
Salah satu aspek dalam membentuk manusia berkualitas adalah kedisiplinan. Sekolah tidak hanya memberi ilmu pengetahuan kepada siswa tetapi juga membentuk siswa menjadi pribadi yang disiplin. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas buku penghubung dalam meningkatkan disiplin siswa baik kehadiran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, mengerjakan tugas/pekerjaan dan etika tata krama di sekolah. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan selama dua bulan pada tahun pelajaran 2022/2023. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Data diperoleh dari 99 orang siswa sampel dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap instrumen penelitian yang telah disusun. Data rerata dianalisa secara kualitatif untuk mendefinisikan keberhasilan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku penghubung pada akhir siklus ketiga meningkatkan disiplin siswa pada aspek kehadiran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, mengerjakan tugas/pekerjaan dan etika tata krama di sekolah menjadi baik dengan skor mencapai 4,1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku penghubung secara efektif mampu meningkatkan disiplin siswa, sehingga buku penghubung antara sekolah dan orang tua perlu digunakan sebagai bentuk kolaborasi pendidikan anak.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Jonnes Pardosi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

