Efektifitas Buku Penghubung dalam Upaya Peningkatan Disiplin Siswa

  • Jonnes Pardosi SMA Negeri 9 Kota Bengkulu, Bengkulu,  Indonesia

Abstrak

Salah satu aspek dalam membentuk manusia berkualitas adalah kedisiplinan. Sekolah tidak hanya memberi ilmu pengetahuan kepada siswa tetapi juga membentuk siswa menjadi pribadi yang disiplin. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas buku penghubung dalam meningkatkan disiplin siswa baik kehadiran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, mengerjakan tugas/pekerjaan dan etika tata krama di sekolah. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan selama dua bulan pada tahun pelajaran 2022/2023. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Data diperoleh dari 99 orang siswa sampel dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap instrumen penelitian yang telah disusun. Data rerata dianalisa secara kualitatif untuk mendefinisikan keberhasilan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku penghubung pada akhir siklus ketiga meningkatkan disiplin siswa pada aspek kehadiran di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, mengerjakan tugas/pekerjaan dan etika tata krama di sekolah menjadi baik dengan skor mencapai 4,1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa buku penghubung secara efektif mampu meningkatkan disiplin siswa, sehingga buku penghubung antara sekolah dan orang tua perlu digunakan sebagai bentuk kolaborasi pendidikan anak.

Kata Kunci: buku penghubung, disiplin, siswa, sekolah

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-05-10
Bagaimana cara mengutip:
Pardosi, J. (2023). Efektifitas Buku Penghubung dalam Upaya Peningkatan Disiplin Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 470-475. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.612
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 349 times
PDF downloaded: 353 times

Referensi

Anggara, S. (2015). Metode Penelitian Administrasi. Pustaka Setia.

Ariananda, E. S., Hasan, S., & Rakhman, M. (2014). Pengaruh kedisiplinan siswa di sekolah terhadap prestasi belajar siswa teknik pendingin. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 233–238. https://doi.org/10.17509/JMEE.V1I2.3805

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (Revisi). Rineka Cipta.

Dewanti, C. D., Purwanti, M., & Aisyah, A. R. K. (2021). Hubungan Persepsi Pola Asuh Permisif Ayah dan Kecenderungan Perilaku Cyberbullying Remaja Usia 12-18 Tahun. Jurnal Ilmiah Psikologi Manasa, 10(2), 20–35. https://doi.org/10.25170/MANASA.V10I2.3011

Dianasari, E. L., Yusmalina, Azmi, Putri, Z. D., Susanto, A., & Thasimmim, S. N. (2022). Intervensi pencegahan kenakalan remaja melalui pelatihan pengenalan konsep diri remaja di Kelurahan Teluk Uma Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun. Jurnal Awam, 2(2), 44–50.

Hermawati, F. A., Vani, M. S., & Noviekayati, I. (2021). Sistem Pakar Diagnosa Kenakalan Remaja Pada Anak Usia 12-18 Tahun Dengan Fasilitas Chatbot Berbasis Natural Language Processing. Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), 5, 163–169.

Kurniawan, D. A., Astalini, A., Kurniawan, N., & Pathoni, H. (2019). Analisis korelasi sikap siswa dan disiplin siswa terhadap IPA pada Siswa SMP Provinsi Jambi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 5(2), 59–71. https://doi.org/10.25273/JPFK.V5I2.5014

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 745–751.

Merlita, N., & Pratama, M. (2022). Kontribusi kelekatan orang tua terhadap perilaku kenakalan remaja di SMPN X Kota Padang. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3355–3363. https://doi.org/10.31604/JIPS.V9I9.2022.3355-3363

Nisa’, R., & Fatmawati, E. (2020). Kerjasama Orang Tua dan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnl Ibtida’ : Media Komunikasi Hasil Penelitain Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, 1(2), 135–150. https://doi.org/10.37850/IBTIDA.V1I2.147

Pratiwi, S. Y., & Usriyah, L. (2020). Implementasi Pendidikan Profetik Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien Jember. Educare: Journal of Primary Education, 1(3), 243–264. https://doi.org/10.35719/educare.v1i3.40

Sari, W., & Wahyuni, F. A. (2021). Efektivitas Buku Penghubung sebagai Sarana Komunikasi Guru dan Orang Tua tentang Perkembangan Ibadah Anak. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 88. https://doi.org/10.28944/fakta.v1i2.310

Simanjuntak, J. K., Pradana, F., & Rusdianto, D. S. (2018). Pengembangan Sistem Monitoring Akademik dan Administrasi Siswa Pada Paud ABC. Jurnal Pengembangan Teknlogi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(9), 3037–3044.

Sobri, M., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2019). Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 61–71. https://doi.org/10.21831/HSJPI.V6I1.26912

Wea, M. K. E., & Iswahyudi, D. (2019). Manfaat Buku Penghubung Dalam Membangun Karakter Disiplin Siswa Di Sekolah Menengah Pertama. In M. K. E. Wea & D. Iswahyudi (Eds.), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen (Vol. 3, pp. 382–398). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang.