Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Masuk Sekolah Dasar Islam Terpadu

  • Evi Zulfiah Universits Sarjanawiyata Tamansiswa, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Nita Novia Nugraha Putri Universits Sarjanawiyata Tamansiswa, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Muinah Fadhilah Universits Sarjanawiyata Tamansiswa, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian guna mencari strategi marketing, marketing implementasi dan faktor baik pendukung maupun penghambat dalam rangka meningkatkan minat masyarakat masuk SDIT Luqman Al Hakim Timoho. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini adalah analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu pencocokan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil strategi marketing jasa pendidikan dalam rangka meningkatkan minat masyarakat yaitu dengan melakukan kerja sama antara yayasan dan guru lokal dan masyarakat anggota, baik dalam bidang kurikulum manajemen, manajemen siswa, manajemen infrastruktur, manajemen keuangan, sekolah dan manajemen hubungan masyarakat dan manajemen layanan khusus. Implementasi pemasaran yang diterapkan yaitu melakukan segmen pasar, menentukan pasar sasaran, dan melakukan posisi pasar, serta buaran pemasaran. Faktor pendukung: sekolah mempunyai pendidik yang mengajar sesuai dengan bidangnya yang menjadikan pengguna jasa pendidikan semakin yakin dengan SDIT Luqman Hakim mempunyai cara pemasaran yang berbeda dibandingkan kompetitor yang lain sekelasnya, dan Seluruh civitas akademika, wali murid, komite dan lembaga-lembaga mitra baik pemerintah atau swasta suport sistem dari yayasan. Faktor penghambat yaitu tingkat kepedulian dari sumber daya manusia belum maksimal dalam mengembangkan potensi yang ada, belum luasnya jaringan, masih kurangnya konsep program, pengawalan program belum dimaksimalkan belum lengkapnya sarana dan prasaran, masih adanya masyarakat yang belum percaya dengan sekolah swasta, masih kurangnya minat peserta didik dalam hal jam pembelajaran yang lebih lama.

Kata Kunci: strategi pemasaran pendidikan, jasa pendidikan, minat masyarakat

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-05-03
Bagaimana cara mengutip:
Zulfiah, E., Putri, N. N. N., & Fadhilah, M. (2023). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Masuk Sekolah Dasar Islam Terpadu . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 414-422. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.606
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 907 times
PDF downloaded: 2502 times

Referensi

Adina, R. N., & Wantini, W. (2023). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ibnu Khaldun pada Pendidikan Islam Era Modern. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 312-318. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.514

Amir, T. (2005). Dinamika Pemasaran Jelajahi dan Rasakan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Amstrong, M. (2003). Strategic Human Resource Management. Terjemahan Atit Cahayani. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Asmuni, Syahnan, Asyura. (2020). Implementation of the principle of sale and purchase transactions through MLM in Brand Branch (BC) PT. Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) Tanjungbalai. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 3(4), 3376-3385. https://doi.org/10.33258/birci.v3i4.1371

David A. (2013). Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Salemba Empat. Jakarta.

Fathurrochman, I. (2021). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin Musirawas. Jurnal Islamic Education Manajemen, 6(1), 1-12. https://doi.org/10.15575/isema.v6i1.9471

Hamalik., O. (2007). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kotler, P. (2009), Manajemen Pemasaran. Indeks, Jakarta.

Labaso, S. (2018). Penerapan Marketing Mix sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di MAN 1 Yogyakarta”, Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam”, 3(2), 289-311. https://doi.org/10.14421/manageria.2018.32-05

Lovelock, C.H. dan Wright L. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa (Cetakan II). Jakarta: Indeks.

Marharjono, M. (2020). Manfaat Pembelajaran Sejarah Menggunakan Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 56-63. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.155

Marlizar, Taufik H.H., Mirjan F. A, Marwiadi (2020). The Role of Market Orientation and Creativity in Affecting the Marketing Performance of Market Traders in Aceh Market Banda Aceh City. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal). 3(2), 1114-1127. https://doi.org/10.33258/birci.v3i2.950

Minarti, S. (2011). Manajemen Sekolah (Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurkolis. (2006). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo.

Prasetya, H. (2021). Penerapan Metode Manajemen Proyek dalam Meningkatkan Kualitas Perpustakaan Berbasis Teknologi Informasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 247-256. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.278

Rahman, H. (2020). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Sekolah di SMP IT Al-Kholis. Unpublished.

Tedjasatesan. (2001). Strategi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.