Optimalisasi Flipped Classroom untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal HOTS Procedure Text

  • Nusroh Latifah SMP Negeri 1 Galur, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan peserta didik menyelesaikan soal HOTs  masih rendah, terlihat dari rata-rata  perolehan nilai dari soal HOTs pada materi sebelumnya kurang dari kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal-soal HOTS procedure text melalui pembelajaran flipped classroom. Model penelitian yang digunakan mengadopsi dari Kemmis dan Taggart dengan 2 siklus dan 2 pertemuan untuk setiap siklusnya. Model pembelajaran ini diimplementasikan melalui tiga tahap, yaitu before class, during class, dan after class dalam setiap pertemuannya. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen lembar observasi kinerja guru, lembar observasi keaktifan peserta didik, catatan lapangan, wawancara, dan instrumen tes, serta dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil observasi menunjukkan peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran pada setiap pertemuan dan peningkatan hasil dari pretest ke postest pada setiap siklus serta peningkatan hasil postes dari siklus 1 ke siklus 2 (71.88% pada siklus 1 dan 87.50% pada siklus 2). Berdasar uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran flipped classroom dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal-soal yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dari procedure text.

Kata Kunci: keaktifan, kemampuan, soal HOTS, procedure text, flipped classroom

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Nusroh Latifah, SMP Negeri 1 Galur, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta
  1. Nama Lengkap            : NUSROH LATIFAH, S.Pd., M.Pd.
  2. N  I  P  /NUPTK          : 19690129 199512 2 001 / 4461747649300022
  3. Tempat, Tgl Lahir       : Temanggung, 19 Januari 1969
  4. Pangkat / TMT            : Pembina Tingkat I / IVb,  1 April 2021
  5. Jabatan / TMT             : Guru Madya/ Ahli Madya, 1 April 2021
  6. Agama                         : Islam
  7. Jenis Kelamin              : Perempuan
  8. Unit Kerja                   : SMP Negeri 1 Galur
  9. Kabupaten                   : Kulon Progo
  10. Jenis Guru                   : Mata Pelajaran
  11. Tugas Mengajar          : Bahasa Inggris
  12. Tugas Tambahan         : Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum
  13. Alamat Unit Kerja      : Jalan Raya Brosot 20, Galur, Kulon Progo.
  14. Alamat Rumah            : Kalipakel RT 04, Donotirto, Kretek, Bantul
  15. Telpon                         : 081390232993
Diterbitkan
2023-07-10
Bagaimana cara mengutip:
Latifah, N. (2023). Optimalisasi Flipped Classroom untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal HOTS Procedure Text . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 593-601. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.602
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 305 times
PDF downloaded: 232 times

Referensi

Anderson, M & Anderson, K. (2003). Text Types. South Yarra: Macmillan Education Australia PTY LTD.

Ansari, B & Abdullah, R. (2020). Higher-Order-Thinking-Skill (HOTS) Bagi Kaum Milenial Melalui Inovasi Pembelajaran Matematika. Malang: CV IRDH

Ariyana, Y; dkk. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bergmann, J & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom, Reach Every Student in Every Class Every Day. ISTE & ASCD.

Bishop, J. L., & Verleger, M. A. (2013). The Flipped Classroom: A Survey of the Research. 120th American Society for Engineering Education Annual Conference and Exposition, 30, 1-18).

Hutapea, E. (2019, Juni 28) Jakarta: Penguasaan Materi Siswa Dinilai Rendah, Perlu Kembangkan HOTS. https://edukasi.kompas.com/read/2019/06/28/21591671

Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dirjen Dikdasmen, Direktorat PSMP. (2017). Tentang Panduan Penilaian.

Kristiyono, A. (2018). Urgensi dan Penerapan Higher Order Thinking Skills di Sekolah. Cirebon. Jurnal Pendidikan Penabur, 31 (17), 36-46.

Kurnia, D. (2018). Strategi FLIPPED classroom untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui students’ minimovie project. CERMIN: Jurnal Penelitian, 2 (2), 99-118. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v2i2.234

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pamungkas, N. (2018). Penerapan Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa SMA. Tajdidukas: Jurnal Penelitian dan Kajian Pedidikan Islam, 8 (1), 127-142. http://dx.doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i1.246

Patandean; Roma, Y; Indrajid & Eko, R. (2021). Flipped Classroom-Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri, dan Mampu Berkolaborasi dalam Pembelajaran yang Responsif. Yogyakarta: CV Andi Offset

Ruslan & Yusuf, R. (2017). Perencanaan Pembelajaran PPKn. Banda Aceh: Syah Kuala University Press.

Susanti & Pitra, H. (2019). Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Padang: Universitas Andalas.

Taufik; dkk. 2020. Flipped Classroom to Improve the Students’ Autonomy in Learning to Speak English at a Private Vocational High School in East Lombok. UNY: Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta.