Optimalisasi Flipped Classroom untuk Meningkatkan Keaktifan dan Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal HOTS Procedure Text
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan peserta didik menyelesaikan soal HOTs masih rendah, terlihat dari rata-rata perolehan nilai dari soal HOTs pada materi sebelumnya kurang dari kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal-soal HOTS procedure text melalui pembelajaran flipped classroom. Model penelitian yang digunakan mengadopsi dari Kemmis dan Taggart dengan 2 siklus dan 2 pertemuan untuk setiap siklusnya. Model pembelajaran ini diimplementasikan melalui tiga tahap, yaitu before class, during class, dan after class dalam setiap pertemuannya. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen lembar observasi kinerja guru, lembar observasi keaktifan peserta didik, catatan lapangan, wawancara, dan instrumen tes, serta dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil observasi menunjukkan peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran pada setiap pertemuan dan peningkatan hasil dari pretest ke postest pada setiap siklus serta peningkatan hasil postes dari siklus 1 ke siklus 2 (71.88% pada siklus 1 dan 87.50% pada siklus 2). Berdasar uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran flipped classroom dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal-soal yang memerlukan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) dari procedure text.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Nusroh Latifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

