Implementasi PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving, Kemandirian, dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika

  • Marlita Widyasari Universitas Sanata Dharma, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Agnes Herlina Dwi Hadiyanti Universitas Sanata Dharma, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Yohanes Bruri Kriswanto SD Kanisius Demangan Baru 1, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan problem solving, kemandirian belajar, dan hasil belajar peserta didik masih rendah ketika kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan planning, acting, observing, dan reflecting. Penelitian dilakukan di SD Kanisius Demangan Baru I dengan subjek penelitian peserta didik kelas II C jumlah peserta didik 20. Objek penelitian adalah kemampuan problem solving, kemandirian belajar, serta hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif. Kemampuan skor rata-rata problem solving prasiklus sebesar 37,5%, siklus 1 sebesar 55%, dan siklus 2 sebesar 70%; skor rata-rata kemandirian belajar ditahap prasiklus sebesar 50%, siklus 1 sebesar 69%, dan siklus 2 sebesar 75%; dan nilai rata-rata peserta didik prasiklus 70,6, pada siklus 1 nilai rata-rata peserta didik 90, dan siklus 2 nilai rata-rata peserta didik menjadi 96. Dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan problem solving, kemandirian belajar, serta hasil belajar.

Kata Kunci: problem solving, kemandirian belajar, hasil belajar, problem based learning

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Marlita Widyasari, Universitas Sanata Dharma, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Marlita Widyasari. Merupakan lulusan S1  Universitas Ahmad Dahlan jurusan PGSD. Saat ini merupakan mahasiswa pendidikan profesi guru prajabatan di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Email marlitawidyasari@gmail.com

Diterbitkan
2023-06-05
Bagaimana cara mengutip:
Widyasari, M., Hadiyanti, A. H. D., & Kriswanto, Y. B. (2023). Implementasi PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving, Kemandirian, dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 509-516. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.574
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 240 times
PDF downloaded: 201 times

Referensi

Alhadi, S., & Supriyanto, A. (2017). Self-regulated learning concept: Student learning progress. Prosiding Seminar Nasional Peran Bimbingan Konseling Dalam Penguatan Pendidikan Karakter, 333–342.

Anshori, M. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Schoology. Jurnal prasasti ilmu, 2 (1), 54-59. https://doi.org/10.24176/jpi.v2i1.6393

Arikunto, Suharsimi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Badrulaini. (2018). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 847–855. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.32

Cahyani, Halimah Dwi, Hadiyanti, Agnes Herlina Dwi, & Saptoro, Albertus. (2021). Peningkatan Sikap Kedisiplinan dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik dengan Penerapan Model Pembelajaran PBL. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 919–927. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.472

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswan. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta Learning (SRL) Cycle.

Firdaus, Assyifa Ekananda. Pujiastuti, Heni. & Hadi, Cecep Anwar F.S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari kemandirian Belajar Peserta didik. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 367-382. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan/article/view/10085

Kaharu, Fatrah. (2021). Penerapan Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonforma, 7(2), 507-522.

Lestari, Lina Dani. (2020). Pentingnya mendidik kemampuan problem solving pada anak melalui bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 9 (2), 100-108. http://dx.doi.org/10.21831/jpa.v9i2.32034

Maulidya, Anita. (2018). Berpikir dan Problem Solving. IHYA Al-Arabiyah Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 4(1), 11-29. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1381

Murti, Alifiandy Dhanu. Sutopo. & Pramesti, Getut. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Numberred Heads Together dengan Pendekatan Kemampuan problem solving untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Kelas Xi Akuntansi 1 Smk Ma’arif Tunjungan BLORA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), II(5), 344-351. https://doi.org/10.20961/jpmm%20solusi.v2i5.37915

Pratiwi, Nurochmah. Iriawan, Sandi Budi. & Fitriani, Andhin Dyas. (2022). Perbedaan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Antara Model Amora Dengan Model Konvensional. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 22-34. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v7i1.51817

Purnamasari, Irma. & Setiawan, Wahyu. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta didik SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM). Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207-215. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771

Sofyan, Herminarto. Wagiran. Komariah, Kokom. dan Triwiyono, Endri. (2017) PBL Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press.

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugandi, A. I. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Setting Kooperatif Jigsaw Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMA. Infinity Journal, 2(2), 144–155. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.31

Sugiyono. (2018). Model Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. (2021). Peningkatan Kompetensi Menulis Resensi Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PMB). Ide Guru:Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 75-83. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.180