Implementasi PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving, Kemandirian, dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan problem solving, kemandirian belajar, dan hasil belajar peserta didik masih rendah ketika kegiatan pembelajaran. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan planning, acting, observing, dan reflecting. Penelitian dilakukan di SD Kanisius Demangan Baru I dengan subjek penelitian peserta didik kelas II C jumlah peserta didik 20. Objek penelitian adalah kemampuan problem solving, kemandirian belajar, serta hasil belajar peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif. Kemampuan skor rata-rata problem solving prasiklus sebesar 37,5%, siklus 1 sebesar 55%, dan siklus 2 sebesar 70%; skor rata-rata kemandirian belajar ditahap prasiklus sebesar 50%, siklus 1 sebesar 69%, dan siklus 2 sebesar 75%; dan nilai rata-rata peserta didik prasiklus 70,6, pada siklus 1 nilai rata-rata peserta didik 90, dan siklus 2 nilai rata-rata peserta didik menjadi 96. Dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan kemampuan problem solving, kemandirian belajar, serta hasil belajar.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Marlita Widyasari, Agnes Herlina Dwi Hadiyanti, Yohanes Bruri Kriswanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

