Penerapan Metode TTW Berbantuan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Hasil Belajar Materi Surat Pribadi
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode Think Talk Write (TTW) berbantuan E-LKPD untuk meningkatkan keterampilan menulis dan hasil belajar materi surat pribadi peserta didik kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan yang merujuk pada alur penelitian yang dikemukakan Kemmis dan McTaggart (1988), yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Metode TTW Berbantuan E-LKPD dilaksanakan dengan mengikuti tahapan 1) berpikir (think); 2) berbicara (talk); dan 3) menulis (write). Hasil tindakan menunjukkan semua indikator keterampilan menulis meningkat di siklus 2. Rerata indikator isi teks meningkat 3,42 poin dari 90,83 menjadi 94,25 di siklus 2. Indikator organisasi teks meningkat 3,86 poin dari 88,58 menjadi 92,44 di siklus 2. Indikator kosakata meningkat 3,19 poin dari 87,53 menjadi 90,72 di siklus 2. Indikator tata bahasa meningkat sebesar 27,36 poin dari 58,97 menjadi 86,33 di siklus 2. Sedangkan indikator mekanisme penulisan meningkat 5,75 poin dari 86,06 menjadi 91,81 di siklus 2. Data hasil belajar menunjukkan bahwa rerata hasil belajar peserta didik meningkat 9 poin dari 75,92 menjadi 84,92 di siklus 2. Persentase ketuntasan kelas meningkat 19,45 poin dari 69,44%, menjadi 88,89% di siklus 2. Sedangkan persentase ketidaktuntasan kelas menurun sebesar 19,45 poin dari 30,56%, menjadi 11,11% di siklus 2.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Agustin Susilowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

