Penerapan Metode TTW Berbantuan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Hasil Belajar Materi Surat Pribadi

  • Agustin Susilowati SMA Negeri 11 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan metode Think Talk Write (TTW) berbantuan E-LKPD untuk  meningkatkan keterampilan menulis dan hasil belajar materi surat pribadi peserta didik kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan yang merujuk pada alur penelitian yang dikemukakan Kemmis dan McTaggart (1988), yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Metode TTW Berbantuan E-LKPD dilaksanakan dengan mengikuti tahapan 1) berpikir (think); 2) berbicara (talk); dan 3) menulis (write). Hasil tindakan menunjukkan semua indikator keterampilan menulis meningkat di siklus 2. Rerata indikator isi teks meningkat 3,42 poin dari 90,83 menjadi 94,25 di siklus 2. Indikator organisasi teks meningkat 3,86 poin dari 88,58 menjadi 92,44 di siklus 2. Indikator kosakata meningkat 3,19 poin dari 87,53 menjadi 90,72 di siklus 2. Indikator tata bahasa meningkat sebesar 27,36 poin dari 58,97 menjadi 86,33 di siklus 2. Sedangkan indikator mekanisme penulisan meningkat 5,75 poin dari 86,06 menjadi 91,81 di siklus 2. Data hasil belajar menunjukkan bahwa rerata hasil belajar peserta didik meningkat 9 poin dari 75,92 menjadi 84,92 di siklus 2. Persentase ketuntasan kelas meningkat 19,45 poin dari 69,44%, menjadi 88,89% di siklus 2. Sedangkan persentase ketidaktuntasan kelas menurun sebesar 19,45 poin dari 30,56%, menjadi 11,11% di siklus 2.

Kata Kunci: Think Talk Write, E-LKPD, keterampilan menulis, hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-05-03
Bagaimana cara mengutip:
Susilowati, A. (2023). Penerapan Metode TTW Berbantuan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis dan Hasil Belajar Materi Surat Pribadi . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 397-405. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.560
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 251 times
PDF downloaded: 197 times

Referensi

Anggraini, Diyah Rini. (2020). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Subtema Introduce Myself Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Pada Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 1 Tapen Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal lmiah Pengembangan Pendidikan, 7(3), 1-9. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JIPP/article/view/609

Brown, Douglas. (2004) Language Assessment. New York: Longman.

Febyani, Lyesmaya, R.D., Nurasiah, I. (2019). Penerapan Model Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi di Kelas Tinggi. Jurnal Perseda, 2(2), 71-81. https://doi.org/10.37150/perseda.v2i2.428

Heaton, J.B. (1991). Writing English Language Tests. London: Longman.

Moerni, S. (2020). Strategi Think, Talk, Write untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis La Disponibilité dan La Volonté. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 98-106. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.123

Mufatiroh, Siti. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Pribadi dengan Penerapan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas IV MIi I’Anatusshibyan Tanah Sareal Kota Bogor. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, diakses dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/31402

Sani, A.R., Prayitno, W., Hodriani. (2020). Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Satya, Santika. (2016). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Cooperative Tipe STAD Berbantuan Program Geomter’s Sketchpad terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 1(2), 131-142. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m

Siregar, Elvilida Sari. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Analitis pada Peserta Didik. Journal of Education Action Research, 2(3): 285-289. https://doi.org/10.23887/jear.v2i3.16266

Soedjoko, Edy. (2006). Strategi “Think-Talk-Wrute (TTW) dengan Tugas-Tugas Membaca untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. FMIPA: Unnes.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA

Suharsono & Handayani, S. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet dalam Pembelajaran Online. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 121-126. https://doi.org/10.33366/ilg.v4i2.2995 .

Tarigan, H.G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa

Wahyuni, N. (2021). Efektivitas Penggunaan Liveworksheets Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Pesantren Putri Yatama Kabupaten Gowa. FKIP: UMM.

Yamin, Martinis & Bansu I. Ansari. (2012). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Referens.