Pemanfaatan Handphone untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Perangkat Keras Jaringan Komputer

  • Maria Agustina Diyaning Setyohati SMP Negeri 2 Mertoyudan, Magelang, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Abstrak : Handphone saat ini merupakan perangkat yang sudah menduduki posisi utama dalam kebutuhan sehari-hari manusia. Segala pemenuhan kebutuhan manusia sudah tidak bisa lepas dari handphone. Mulai dari bidang hiburan, bidang perekonomian, bidang transprotasi, bidang kesehatan, bahkan bidang pendidikan. Dalam kegiatan pembelajaran, guru sudah mulai menggunakan handphone sebagai media untuk sarana yang mendukung dan membantu dalam penyampaian materi. Penelitian yang dilakukan di kelas 8A SMPN 2 Mertoyudan Tahun Ajaran 2022/2023 ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan handphone untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi perangkat keras jaringan komputer. Peran handphone dalam proses pembelajaran ini akan membantu siswa dalam mencari materi serta keterangan pendukung terkait materi yang disampaikan. Adapun tahapan pembelajaran yang dilakukan antara lain adalah persiapan, pengenalan konsep, aktivitas interaktif, latihan dan evaluasi, umpan balik dan pemantauan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen angket berupa pretest dan posttest. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan pada penelitian ini adalah siswa mendapatkan nilai KKM yaitu lebih dari atau sama dengan 77. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa mengalami peningkatan dari nilai pretest tidak ada siswa yang mencapai KKM menjadi 25 siswa dari 32 siswa mencapai KKM pada hasil posttest. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa melalui pemanfaatan handphone dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi perangkat keras jaringan komputer. 

Kata Kunci: handphone, pemahaman, komputer

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-06-09
Bagaimana cara mengutip:
Setyohati, M. A. D. (2023). Pemanfaatan Handphone untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Perangkat Keras Jaringan Komputer. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 531-537. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.554
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 371 times
PDF downloaded: 379 times

Referensi

Anggito, A. dan J. S. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat : CV Jejak.

Farihatun, M. Pendidikan Ekonomi, J., & Ekonomi, F. (2019). Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Ter-hadap Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635–651. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31499

Haswinda, dkk. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 3(2), 496-507. https://doi.org/10.26618/jkpd.v3i2.1416

Iryani, E. (2020). Penggunaan Handphone Sebagai Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Kinemaster untuk meningkatkan minat belajar IPS di SMP Negeri 2 Banyuasin III. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 135(4), 120–142. https://doi.org/10.32585/.v2i2.1159

Octavianus, & Weismann, I. T. J. (2021). Pengaruh Penggunaan Handphone Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Jaffray Makassar. Repository STT Jaffray, Skripsi Online, 1, 71–80. https://skripsi.sttjaffray.ac.id/index.php/skripsi/article/view/109/73

Perwanto, dkk. (2022). Pemanfaatan Handphone (HP) Dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMAN 6 Solok Selatan. Puteri HIjau : Jurnal Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Medan, 7(1), 98-109. https://doi.org/10.24114/ph.v7i1.34596

Rahman, T. (2020). Kajian Teori Pengaruh Model Pembelajaran Knisley Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 5(Volume 5), 197–213. https://doi.org/10.23969/symmetry.v5i2.3538

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Research Gate, 1–16. https://www.researchgate.net/publication/332423142_analisis_pendidikan_indonesia_di_era_revolusi_industri_40

Sholeh, M. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menulis Short Functional Text Melalui Pemanfaatan Handphone Di SMP Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Kwangsan : Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 122-133. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n2.p122--133

Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Unaenah, E., & Sumantri, M. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.78