Pemanfaatan Handphone untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Perangkat Keras Jaringan Komputer
Abstrak
Abstrak : Handphone saat ini merupakan perangkat yang sudah menduduki posisi utama dalam kebutuhan sehari-hari manusia. Segala pemenuhan kebutuhan manusia sudah tidak bisa lepas dari handphone. Mulai dari bidang hiburan, bidang perekonomian, bidang transprotasi, bidang kesehatan, bahkan bidang pendidikan. Dalam kegiatan pembelajaran, guru sudah mulai menggunakan handphone sebagai media untuk sarana yang mendukung dan membantu dalam penyampaian materi. Penelitian yang dilakukan di kelas 8A SMPN 2 Mertoyudan Tahun Ajaran 2022/2023 ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan handphone untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi perangkat keras jaringan komputer. Peran handphone dalam proses pembelajaran ini akan membantu siswa dalam mencari materi serta keterangan pendukung terkait materi yang disampaikan. Adapun tahapan pembelajaran yang dilakukan antara lain adalah persiapan, pengenalan konsep, aktivitas interaktif, latihan dan evaluasi, umpan balik dan pemantauan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrumen angket berupa pretest dan posttest. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan pada penelitian ini adalah siswa mendapatkan nilai KKM yaitu lebih dari atau sama dengan 77. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai siswa mengalami peningkatan dari nilai pretest tidak ada siswa yang mencapai KKM menjadi 25 siswa dari 32 siswa mencapai KKM pada hasil posttest. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa melalui pemanfaatan handphone dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi perangkat keras jaringan komputer.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Maria Agustina Diyaning Setyohati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

