Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Pelajaran Komputer Jaringan Dasar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning
Abstrak
Tingkat keaktifan dan hasil belajar anak didik pada pembelajaran Komputer Jaringan Dasar kelas X TKJ SMK Negeri 1 Pleret belum sesuai yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar Komputer dan Jaringan Dasar melalui model pembelajaran problem based learning yang meliputi aspek psikomotorik atau keterampilan, kognitif atau pengetahuan, dan aspek afektif atau sikap. Penelitian tindakan kelas, akan dilakukan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak didik kelas X TKJ khususnya kelas X TKJ A tahun ajar 2019-2020 yang terdiri 37 anak didik, terdiri dari 33 laki-laki dan 4 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dan pengamatan, serta analisa data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa hasil belajar anak didik pada pra siklus diperoleh persentase ketuntasan adalah 40,5%, siklus I diperoleh persentase ketuntasan 43,24 %, dan pada siklus II diperoleh presentase ketuntasan 81,08%. Peningkatan keaktifan dan hasil belajar ditunjukkan dengan kenaikan persentase ketuntasan pra siklus ke siklus I sebesar 6,7% dan dari siklus I ke siklus II kenaikan persentase ketuntasan sebesar 87,5% Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model problem based learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar komputer jaringan dasar peserta didik.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Retno Christyo Ekowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

