Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Model Pembelajaran Debat

  • Lusia Krisna Epi Iswanti SMK Negeri 1 Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pencapaian hasil belajar mata pelajaran PPKn di SMKN I Pleret Bantul belum tercapai. Keaktifan dan minat belajar siswa masih rendah.  Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran model debat dalam upaya agar keaktifan siswa serta hasil belajarnya meningkat. Sebagai penelitian tindakan kelas, penelitian ini meliputi dua siklus. Setiap siklus dimulai dengan tahap perencanaan, kemudian dilaksanakan tindakan, dan adanya pengamatan atau observasi, serta diakhiri dengan refleksi. Penelitian ini mengambil subyek siswa kelas XI TBSM A SMK N 1 Pleret Bantul tahun pelajaran 2019/2020, dengan menggunakan teknik tes dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan siswa, dilihat dari prosentase aspek sikap dan aspek ketrampilan. Prosentase aspek sikap siswa pada siklus I sebesar 66,07% dan pada siklus II sebesar 76,62%. Prosentase aspek ketrampilan pada siklus I sebesar 69,44% dan pada siklus II sebesar 76,13%. Hasil belajar yang diperoleh siswa juga mengalami peningkatan dengan prosentase ketuntasan belajar yang dimulai dengan pra siklus sebesar 53,57%, pada siklus I diperoleh prosentase sebesar 71,43%, dan siklus II sebesar 78,57%. Kriteria keberhasilan sudah terpenuhi yaitu sebesar 75%. Penggunaan model debat dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi pembelajaran, menambah keaktifan siswa sehingga siswa dalam proses pembelajaran, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu juga dapat meningkatkan kreatifitas guru dalam menggunakan model pembelajaran sehingga lebih menarik dan menyenangkan.

Kata Kunci: debat, keaktifan, sikap, ketrampilan, hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-05-05
Bagaimana cara mengutip:
Iswanti, L. K. E. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar PPKn Menggunakan Model Pembelajaran Debat . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 445-453. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.544
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 277 times
PDF downloaded: 215 times

Referensi

Arikunto,S., Suhardjono., & Supardi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Astutik, W. (2021). Metode Debat untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas X Bahasa 1 MA Al Mahrusiyah Lirboyo. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran, 5(1), 14-31. https://doi.org/10.29407/jbsp.v5i1.17623

Doringin, F., & Pangalila, T. (2021). Efektifitas Metode Debat dalam Pembelajaran Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 46-57.

Kardiman, Y. (2018). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Erlangga

Nugraha, S. E. (2021). Penerapan Metode Debat Dalam Mata Pelajaran PPKn Untuk Mengembangkan Partisipasi Belajar Peserta Didik. Pijar: Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan dan Pembelajaran, 1(4), 120-127.

Nurdin, M. (2016). Penerapan metode debat aktif untuk meningkatkan kemampuan berdiskusi mahasiswa dalam pembelajaran Konsep Dasar PKn di PGSD UPP Bone FIP UNM. Jurnal Publikasi Pendidikan, VI (1), 1–7.

Ramdani, D. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Teknik Debat Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Sosialitas : Jurnal Ilmiah Pend. Sos Ant, 7(2).

Santika, I. G. N. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparatif Konstitusi Dengan UUD 1945). Jawa Tengah: Lakeisha.

Sholikhah, M., Syahab, F., & Eriyanti, R. N. (2022). Pelatihan Debate Model Parlemen Inggris Berbasis Online untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Berargumentasi Mahasiswa. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 55-66. https://doi.org/10.31571/gervasi.v6i1.3479

Sujana, I. G. (2021). Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Metode Debat Pro dan Kontra pada Siswa Kelas VIIIB SMPN 3 Mengwi Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2020/2021. Widya Accarya, 12(1), 98-107. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1062.98-107

Uno, H., & Muhammad, N. (2015). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara.

Wasisto, A. (2016). PKB Publikasi Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas dan Nilai Angka Kreditnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar