Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Google Data Studio untuk Pembuatan Dashboard Data Demografi

  • Thomas Dannar Sulistyo SMA Kolese De Britto, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Kompetensi Dasar 4.5 mata pelajaran geografi (Kelas XI) mengharapkan siswa memiliki keterampilan untuk menyajikan data kependudukan dalam bentuk peta, tabel, grafik, dan/atau gambar. Proses pembelajaran dapat dilakukan dengan berbasis proyek dan difasilitasi dengan mengkombinasikan penggunaan media google form dan google data studio. Subjek best practice adalah siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2, dan XI IPS 3 di SMA Kolese De Britto Semester 2 tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknis analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan dalam bentuk data kualitatif dan kuantitatif, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Hasil best practice menunjukkan bahwa model pembelajaran flipped classroom berbantuan google data studio dapat mengatasi beberapa keterbatasan pembelajaran daring & PTMT. Model pembelajaran ini memberikan pengalaman mendalam bagi siswa untuk melalui beberapa tahap yaitu, pengumpulan data kependudukan, pengolahan data kependudukan, dan penyajian data kependudukan. Melalui proses pembelajaran siswa mengalami pembelajaran High Order Thinking Skills (HOTS) hingga tingkatan (evaluating) dan mencipta (creating). Setelah mengikuti pembelajaran keterampilan yang paling dominan meningkat adalah melakukan wawancara dengan narasumber (76,5%), berkolaborasi mengumpulkan data kependudukan (76,5%), mengolah data (72,5%), serta melakukan analisis atas data demografi yang ditampilkan dalam bentuk dashboard (65,7%). Hasil pembelajaran menunjukkan nilai yang baik dengan rata-rata sebesar 89,2.

Kata Kunci: Dashboard Data Demografi, Flipped Classroom, Google Data Studio

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Thomas Dannar Sulistyo, SMA Kolese De Britto, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Penulis merupakan guru mata pelajaran geografi di SMA Kolese De Britto Yogyakarta. Penulis tertarik dengan bidang pendidikan geografi dan kebencanaan. Penulis dapat dihubungi melalui email thdannarsulistyo@staff.debritto.sch.id dan WA 085643483710.

Diterbitkan
2023-05-02
Bagaimana cara mengutip:
Sulistyo, T. D. (2023). Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Google Data Studio untuk Pembuatan Dashboard Data Demografi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 371-379. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.542
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 539 times
PDF downloaded: 364 times

Referensi

Chang, C.-H. (2020). Teaching and Learning Geography in Pandemic and Postpandemic Realities. Journal of Research and Didactics in Geography, 31-39.

Charolina, Y., & Honny. (2021). Pemamfaatan Aplikasi Googleform Dalam Pembelajaran Bagi Guru Pada Masa Pandemi. Jurnal Paradigma , 17-24.

Chu, S. K., Reynolds, R., Notar, M., & Tavares, N. J. (2016). Twenty-First Century Skills and Global Education Roadmaps. In S. K. Chu, R. Reynolds, M. Notar, & N. J. Tavares, 21 st Centur Skill Development Through Inquiry Based Learning, From Theory to Practice (pp. 17-32). Singapore: Springer Science.

Endrayanto, H. Y., & Harumurti, Y. W. (2014). Aplikasi Rubrik Untuk Penilaian Belajar Siswa. Yogyakarta: PT. Kanisius.

Fernando, D. (2018). Visualisasi Data Menggunakan Google Data Studio. Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Informasi (pp. 71-77). Serang: Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Serang Raya.

FLN. (2014). Retrieved from https://flippedlearning.org/wp-content/uploads/2016/07/FLIP_handout_FNL_Web.pdf

Haryadi, F. (2021). Penggunaan Google Forms Sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMK NEGERI 2 KETAPANG. Jurnal Swadesi, 14-24.

Jawawi, R., Matzin, R., & Jaidin, J. H. (2015). To Flip or Not to Flip: The Challenges and Benefits of Using Flipped Classroom in Geography Lessons in Brunei Darussalam. Review of European Studies, Canadian of Science and Education, 133-145.

Jo, I. (2007). Aspects of Spatial Thinking in Geography Textbook Questions. Master Thesis Texas A&M University.

Lage, M. J., Platt, G. J., & Treglia, M. (2000). Inverting the Classroom: A Gateway to Creating an Inclusive Learning Environment. The Journal of Economic Education, 30-43.

Ma, G. (2020). The Effectiveness of Synchronous Online Flipped Learning in College EFL Reading Course During COVID-19 Epidemic. Research Square, 1-17.

Ouda, H., & Ahmed, K. (2016). Flipped Learning As A New Educational Paradigm: An Analytical Critical Study. European Scientific Journal, 417-444.

Padita, A. B., Nugroho, H. A., & Santosa, P. I. (2015). Model Pengembangan Dashboard Berbasis Usercentered Design. Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNIK 2015) UNNES, 129-136.

Rehman, R., & Fatima, S. S. (2021). An innovation in Flipped Class Room: A teaching model to facilitate synchronous and asynchronous learning during a pandemic. Pak J Med Sci , 131-136.

Snipes, G. (2018). Product Review Google Data Studio. Journal of Librarianship and Scholarly, 1-4.

Wulandari, M. (2020, May). Konsep Dasar Metode Flipped Classroom. Retrieved from https://www.usd.ac.id/pusat/ppip/2020/05/04/konsep-dasar-metode-flipped-classroom/

Zeithml, V. A., Bitner, M. J., & Gramler, D. D. (2009). Service Marketing (V ed.). New York, NY, United States: Mc Graw-Hill International.

Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Persada Khatulistiwa Sintang (pp. 1-17). Kalimantan Barat: www.researchgate.com.