Evaluasi Guru dalam Pembelajaran Kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) di Sekolah

  • Riska Riska Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Henro Widodo Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui evaluasi guru terhadap pembelajaran kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) di Sekolah Amal Usaha Muhammadiyah SD Muhammadiyah 1 Palopo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan dipilih menggunakan  snowball sampling. Sedangkan Subjek pada penelitian ini berjumlah 4 informan sebagai guru ISMUBA. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara yang digunakan melalui wawancara mendalam dengan menggunakan wawancara tidak terstruktur agar memperoleh kedalam informasi. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dengan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil (1) penerapan kurikulum ISMUBA sudah berjalan dengan baik juga memudahkan proses pembuatan perangkat pembelajaran yang dilakukan oleh guru-guru Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab, (2) pelaksanaan kurikulum ISMUBA adanya keterbatasan waktu belum maksimal dalam setiap mata pelajaran yang diajarkan kepada siswa, serta kurangnya pelatihan guru (pembekalan) dalam pelaksanaan kurikulum sehingga guru membutuhkan pelatihan lebih banyak terutama pemahaman dan metode pembelajaran ISMUBA, (3) kurangnya alat prasarana dan praga di di beberapa mata pelajaran sehingga kurang maksimal dalam memberikan praktek ataupun pengaplikasin nilai-nilai ISMUBA, (4) perlunya pelatihan lanjutan atau workshop kurikulum ISMUBA baik yang berkelanjutan ataupun terstruktur agar lebih mudah memahami dan mempraktekkan kepada siswa terkait kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab.

Kata Kunci: Evaluasi Guru, Pembelajaran, Kurikulum ISMUBA

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Riska Riska, Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Daerah Istimewa Yogyakarta

Riska, S.Pd.I, telah menempuh Pendidikan S1 di Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, proses penyelesaian S2 di Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Pekerjaan Guru di SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Palopo. Penulis bisa di hubungi melalui No WA 082135632749.

Diterbitkan
2023-09-01
Bagaimana cara mengutip:
Riska, R., & Widodo, H. (2023). Evaluasi Guru dalam Pembelajaran Kurikulum Al-Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) di Sekolah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 775-781. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.538
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 185 times
PDF downloaded: 104 times

Referensi

Adiprana, G. R., & Widodo, H. (2020). Peran Guru Ismuba dalam Membentuk Akhlak Islami Pelajar SMP Muhammadiyah 2 Depok. Muaddib: Islamic Education Journal, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.19109/muaddib.v3i1.6016

Akhwan, M. (2014). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di Sekolah/Madrasah. El-Tarbawi, 7(1), 61–67. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol7.iss1.art6

Al Husnayaini, I., Dewi, E. M. P., & Mansyur, A. Y. (2021). Efektivitas Pelatihan Spiritual Parenting Untuk Meningkatkan Mindful Parenting Ibu Anak Usia Dini. PINISI: Journal of Art, Humanity & Social Studies, 1(1), 97–106.

Baidarus, B., Hamami, T., M. Suud, F., & Rahmatullah, A. S. (2020). Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(1), 71. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i1.2101

Fabiana Meijon Fadul. (2019). Penerapan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Multikultural di Universitas Muhammadiyah Sorong. 1.

Handayani, A. B., & Suyadi, S. (2019). Relevansi Konsep Akal Bertingkat Ibnu Sina dalam Pendidikan Islam di Era Milenial. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 222–240. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2034

Kiong, M. (2015). Mindful Parenting. Jakarta, Kemendikbud.

Mufti, U., & Widodo, H. (2021). Kurikulum ISMUBA di SD Muhammadiyah Banguntapan. Journal of Islamic Education and Innovation, 2(1), 85. https://doi.org/10.26555/jiei.v2i1.906

Nasiruddin Hidayah, R. (2022). Pengembangan Materi Ismuba ( al-Islam ) pada Kurikulum 13 di SD Muhammadiyah 8 KH. Mas Mansur Kota Malang. Jurnal Ilmiah Iqra’, 16, 18–38.

Sahlan, A. K. (2017). Mendidik Perspektif Psikologi. Deepublish.

Sanjaya. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenda Media Group.

Soedarnadi, E. W., & Sulisworo, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Masalah Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 267–273. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.386

Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(2), 197. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i2.880

Wasito, W. (2019). Implementasi Kurikulum Ismuba Di Sd Muhammadiyah Karangkajen Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1–18. https://doi.org/10.22236/jpi.v10i1.3447

Werdayanti, A. (2008). Jurnal Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2 No.2 Juli, Tahun 2008, 3(2), 79–92.

Widayanti, F. E. (2019). Implementasi Kurikulum Ismuba Di Mi Unggulan Muhammadiyah Lemahdadi. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 69–82. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3572

Yuniarti, F. A., Fauzi, H. N., & Widodo, H. (2020). Implementasi Kurikulum Ismuba Dalam Meningkatkan. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 289–300.