Tafsir Ayat-Ayat Neurosains Pendidikan Islam: Telaah Tafsir Salman atas Konsep Nashiyah dalam Surat Al-Alaq

  • Vivi Indri Asrini Universitas Ahmad Dahlan, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Suyadi Suyadi SD Negeri Kalangan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Perkembangan tafsir dari masa ke masa mengalami perkembangan, sebab para mufasir selalu memiliki pandangan tentang penafsiran Al-Qur’an, salah satu dalam surat Al-Alaq tentang Nasiyah yang membahas tentang otak, maka dari itu artikel ini bertujuan untuk menganalisis konsep Nasiyah dalam Tafsir Salman yang terdapat dalam QS. Al-Alaq ayat [96]: 15-16. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan menggunakan pendekataan kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan pengumpulan data-data yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan, sedangkan teknik analisis data dilakukan secara hermeneutik. Hasil dari penelitian ini yakni mengargumentasikan bahwa istilah kata dari Nasiyah telah muncul sejak lama sebelum Al-Qur’an diturunkan sedangkan istilah dari otak baru muncul pada abad ke-19. Maka dari itu, tidak mengherankan jika interpretasi klasik belum menggunakan pendekatan ilmu saraf  (neurosaintifik) untuk memahami Nasiyah dan neurosains memiliki sejarah ilmiah yang begitu panjang, terutama dalam tradisi pemikiran Islam baik secara klasik maupun pemikiran Islam secara modern. Mengingat konsep-konsep pendidikan Islam yang perlu mendapatkan perhatian khusus yang bersifat normatif dalam wilayah metafisik ketuhanan, yang belum berpijak pada bidang keilmuan sehingga masih sulit untuk diimplementasikan ke ranah pragmatis amalyyah.

Kata Kunci: neurosains, tafsir Salman, surat Al-Alaq

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-05-02
Bagaimana cara mengutip:
Asrini, V. I., & Suyadi, S. (2023). Tafsir Ayat-Ayat Neurosains Pendidikan Islam: Telaah Tafsir Salman atas Konsep Nashiyah dalam Surat Al-Alaq. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 363-370. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.526
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 542 times
PDF downloaded: 936 times

Referensi

Abbas, N. (2014). Muhammad Abduh: Konsep Rasionalisme dalam Islam. Jurnal Dakwah Tabligh, 15(1), 51-68. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/tabligh/article/view/338

Adina, R. N., & Wantini, W. (2023). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ibnu Khaldun pada Pendidikan Islam Era Modern. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 312-318. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.514

Nursa, R.A. & Suyadi, S. (2020). Konsep Akal Bertingkat Al-Farabi Dalam Teori Neurosains Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 1-17. https://doi.org/10.32832/tawazun.v13i1.2757

Aprison, W. (2015). Mendamaikan Sains dan Agama: Mempertimbangkan Teori Harun Nasution. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 241-259. https://doi.org/10.14421/jpi.2015.42.241-259

Arista, V. A., Rahmah, D. F., Surahman, Harmita, Azizah, N. N., & Aziza, M. (2022). Tafsir Ayat-ayat Neurosains (Nasiyah dalam Qs. AL-ALaq Ayat 15-16). ANWARUL: Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2(4), 303-315. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/anwarul/article/view/490

Awhinarto & Suyadi. (2020). Otak Karakter dalam Pendidikan Islam: Analisis Kritis Pendidikan Karakter Islam Berbasis Neurosains. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(1), 143-156 https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.29693

Azisi, A. M., & Qotrunnada, L. (2021). Analisis Kebudayaan dan Sistem Pendidikan Islam Kawasan Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Thailand). Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 73–87. https://doi.org/10.32489/alfikr.v7i2.222

Mahfud, C., Amalia, R., Putra, D., Tibet, N., Muqorobin, H., Zabihullah, F. & Khoirunnisa, D. (2021). Pengaruh Agama terhadap Kebahagiaan Generasi Milenial di Indonesia dan Singapura. Islam Nusantara, 4(2), 144-159. https://jurnalnu.com/index.php/as/article/view/221

Gularso. D., Rahmawati, S., & Darsono. (2022). Imajinasi kreatif berdasarkan ilmu saraf: pengembangan dan validasi modul guru disekolah terdampak covid-19. Widya Laksana, 11(2), 270-283. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPKM/article/view/44547

Harmi Tursih, Tanti Dwiparwati, & Sidik Arsyadi. (2018). Mirror neuron dalam perspektif pendidikan Islam. Pendidikan Islam, 3(2), 141-152. http://dx.doi.org/10.29240/belajea.v3i2.517

Hidayah, S. N. (2021). Pesantren for middle-class muslims in Indonesia (between religious commodification and pious neoliberalism). Qudus International Journal of Islamic Studies, 9(1), 209-244. https://doi.org/10.21043/QIJIS.V9I1.7641

Ilmu saraf modern. (n.d.).

Latif, A. (2020). Spektrum Historis Tafsir Al-Qur’an di Indonesia. TAJDID: Jurnal Ilmu Ushuluddin, 18(1), 105-124. https://doi.org/10.30631/tjd.v18i1.97

Maheasy, K.N.L. & Suyadi. (2020). Akal Multilevel Ibnu Sina dan Taksonomi Bloom dalam Pendidikan Islam dari Perspektif Neuroscience. Pendidikan Islam, 5(1), 121-38.

Mayasari, E. (2015). Urgensi Pendidikan Islam Terhadap Pengembangan Fitrah Manusia. Serambi Tarbawi, 3(2), 41-60. http://ojs.serambimekkah.ac.id/tarbawi/article/view/1247%0Ahttps://ojs.serambimekkah.ac.id/tarbawi/article/view/1247

Muchlisin, A. R., & Nisa, K. (2017). Geliat Tafsir ‘Ilmi di Indonesia dari Tafsir Al-Nur hingga Tafsir Salman. Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities, 2(2), 239-257. https://doi.org/10.18326/mlt.v2i2.239-257

Safih, A. (2010). Paradiqmaal-nasihah dalam ilmu Neurologi Perspektif Al-Qur’an. UIN SUSKA RIAU.

Sari, M. & Asmendri. (2020). Penelitian kepustakaan (Library Research) dalam penelitian pendidikan IPA. Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555

Shihab, M.Q. (2002). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan keserasian Alquran, Jakarta: Lentera Hati.

Susanti, S. E. (2021). Pembelajaran anak usia dini dalam kajian neurosains. Jurnal Trilogi Ilmu Teknologi, Kesehatan Dan Humaniora, 2(1), 53-60.

Suyadi & Widodo. (2019). Milenialisasi pendidikan Islam berbasis neuroscience di universitas generasi ketiga di Yogyakarta Indonesia. Qudus International Journal of Islamic Studies, 7(1), 173-202.

Tamin, A. K. (2022). Telaah Konsep Otak dalam Al-Qur’an: kajian tafsir ’ilmi terhadap kata Al-Nasiyah dan Al-Sadr. TANZIL, 4(2), 15-28.

Zed Mestika. (2004). Metode Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.