“Reunian” Perencanaan Hunian Nyaman, Inovasi Pembelajaran melalui Project Based Learning

  • Anik Rahmawati Wahyuningsih SMK Negeri 2 Klaten, Klaten, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Pendidikan merupakan suatu upaya yang terencana untuk membangun suasana belajar yang mendukung proses pembelajaran, sehingga peserta didik termotivasi untuk menggali potensi dirinya secara aktif.  Selama pandemi covid 19, keterbatasan waktu untuk tatap muka menyebabkan capaian kurikulum tidak maksimal dan materi pelajaran tidak dapat tersampaikan secara tuntas. Beberapa materi dalam mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Bangunan (APLPIB) hanya dapat tersampaikan teorinya saja, peserta didik tidak sempat melakukan praktik unjuk kerja. Hal ini mendorong penulis untuk menerapkan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dengan melakukan praktik baik REUNIAN, Perencanaan Hunian Nyaman: Inovasi Pembelajaran melalui Project Based Learning Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) dan hasil penerapannya. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Klaten pada kompetensi keahlian Desain pemodelan dan Informasi bangunan (DPIB), dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penerapan pembelajaran berbasis proyek dilaksanakan pada peserta didik kelas XII DPIB sejumlah 72, yang dibagi menjadi 15 kelompok. Hasil penelitian menunjukkan 78,9% peserta didik terlihat aktif dan antusias dalam mengerjakan proyek yang diberikan guru. Sebanyak 82,7% peserta didik dapat menunjukan ide-ide dari hasil belajar secara mandiri dalam menyelesaikan permasalahan pada proyek yang diberikan. Hasil proyek yang berupa gambar-gambar animasi 3 dimensi rumah tinggal, diunggah di sosial media sebagai bentuk apresiasi terhadap hasil karya peserta didik.

Kata Kunci: Project Based Learning, model, proyek, kelompok

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Anik Rahmawati Wahyuningsih, SMK Negeri 2 Klaten, Klaten, Jawa Tengah

Anik Rahmawati Wahyuningsih, adalah seorang guru di SMK Negeri 2 Klaten, pada Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan.  Meraih gelar Sarjana Teknik Arsitektur dari Universitas Sebelas Maret pada tahun 1997 dan pada tahun 2013 mendapatkan gelar Magister Teknik dari Jurusan Teknik Sipil Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

WA: 081393224090

Email: anikrahmawati73@gmail.com

Diterbitkan
2023-11-01
Bagaimana cara mengutip:
Wahyuningsih, A. R. (2023). “Reunian” Perencanaan Hunian Nyaman, Inovasi Pembelajaran melalui Project Based Learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 8-15. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.520
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 189 times
PDF downloaded: 189 times

Referensi

Afriana, J. (2015). Project Based Learning (PjBL), Makalah Untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Flemin, D. (2000). A Teacher’s Guide To Project-Based-Learning. West Virginia: AEL Inc Charleston.

Mahmud, A. (2020). Teori Belajar Dan Model Pembelajaran Inovatif, Perspektif Teori Dan Praktis. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Oktifa, N. (2022). Strategi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas Di Tahun 2022.” Http://Akupintar.Id. diakses 23 April 2022

Roosmalisa, D. (2022). Kelebihan dan kekurangan Project Based Learning untuk Penguatan Profil pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Kurikulum, 19 (2), 213 -226.

Sekretariat GTK. 2021. Mendikbudristek Jelaskan Maksud PTM Terbatas" https://gtk.kemdikbud.go.id, diakses18 April 2022

Stivers, B. (2010). Project Based Learning. Educational Psychology ESPY 505.

Suryani, E. (2017). Best Practice: Pembelajaran Inovasi Melalui Model Project Based Learning. Yogyakarta: Deepublish.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Wagiran. (2019). Metodologi Penelitian pendidikan: Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish.

Zainal. (2014). Model-Model, Media Dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Yudiono, dkk. (2021). Pengantar model Pembelajaran Pendidikan Kejuruan. Yogyakarta: Deepublish,

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Nomor 34 Tahun 2018). Tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan/ Madrasah Aliyah Kejuruan tentang Standar Proses Pembelajaran.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Nomor 34 Tahun 2018). Tentang Standar Nasional Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan / Madrasah Aliyah Kejuruan tentang Standar Kompetensi Lulusan.