Hubungan Konformitas, Kontrol Diri, dan Harga Diri dengan Perilaku Mencontek pada Siswa

  • Siti Haryati Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia
  • Wiwien Dinar Pratisti Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Menyontek adalah suatu tindakan atau perlakuan tidak jujur, serta melakukan cara curang untuk mendapatkan nilai yang baik saat ujian atau saat mengerjakan soal setiap pelajaran. Dengan demikian setiap individu harus meningkatkan perilaku yang bisa meminimalisir perilaku mencontek untuk mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara  konformitas, kontrol diri, dan harga diri dengan perilaku mencontek pada siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif. Subjek pada penelitian ini sebanyak 204. Alat pengumpulan data menggunakan skala konformitas, kontrol diri, harga diri, dan perilaku mencontek. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan software SPSS 23 for windows. Hasil analisis regresi berganda menunjukan bahwa nilai sig 0.000, artinya terdapat korelasi antara konformitas, kontrol diri, harga diri, dengan perilaku mencontek. Secara parsial, tidak terdapat korelasi yang signifikan antara konformitas dengan perilaku mencontek dengan nilai signifikan 0.371>0.05. Terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan perilaku mencontek dengan nilai signifikan 0.010<0.05 dengan sumbangan efektif 0.049%. Terdapat hubungan yang signifikan antara harga diri dengan perilaku mencontek dengan nilai signifikan 0.038<0.05 dengan sumbangan efektif 0.032%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara perilaku konformitas dengan perilaku mencontek, serta terdapat hubungan yang signifikan antara kontrol diri, dan harga diri dengan perilaku mencontek.

Kata Kunci: konformitas, kontrol diri, harga diri, perilaku mencontek

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-06-09
Bagaimana cara mengutip:
Haryati, S., & Pratisti, W. D. (2023). Hubungan Konformitas, Kontrol Diri, dan Harga Diri dengan Perilaku Mencontek pada Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 517-524. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.506
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 417 times
PDF downloaded: 407 times

Referensi

Al-Dwairi, Ziad Nawaf., & Al-Waheidi, E.M. (2004). Cheating Behaviors of Dental Students. Journal of Dental Education, 68(11), 1192-1195. https://doi.org/10.1002/j.0022-0337.2004.68.11.tb03865.x

Ayu Astrini, Tyas., & Dinar Pratisti, Wiwien. (2018). Hubungan Antara Kontrol Diri, Efikasi Diri, dan Konformitas Teman Sebaya dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA. Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Baron, R.A., & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial edisi 10. Jakarta: Penerbit Erlangga

Coopersmith, S. (1967). The Antecedents Self Esteem San Francisco. H Freeman and Company.

David, L. T. (2015). Academic Cheating in College Students: Relations among Personal Values, Self-esteem and Mastery. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 187, 88–92. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.03.017

Dwi Marsela, R., & Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri: Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 3(2), 65–69.

Ernawati, Sri., & Eny, Purwandari. (2018). Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Ditinjau Dari Kepercayaan Diri dan Konformitas. Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Harahap, J. Y. (2017). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Ketergantungan Internet Di Pustaka Digital Perpustakaan Daerah Medan. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 131. https://doi.org/10.22373/je.v3i2.3091

Henden, E. (2008). What is self-control? Philosophical Psychology, 21(1), 69–90. https://doi.org/10.1080/09515080701874092

Hermansyah. (2020). Analisis teori behavioristik (Edward Thordinke) dan implementasinya dalam pembelajaran SD/MI. Jurnal Program Studi PGMI, 7(1), 15–25.

Khumaira, Khumaira., & Wiwien, Dinar Pratisti. (2018). Hubungan Antara Harga Diri, Citra Tubuh, dan Dukungan Teman Sebaya terhadap Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa Konsumen Klinik Perawatan Kecantikan. Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Küçüktepe, S. E. (2014). College Students’ Cheating Behaviors. Social Behavior and Personality: an international journal, 42(1), 101–111. https://doi.org/10.2224/sbp.2014..s101

Martasari, Kartika., & Arisandy, Desy. (2018). Kohesivitas Teman Sebaya dalam Konformitas Pada Remaja Sekolah. Jurnal Ilmiah Psyche, 12(1), 01-10. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v12i1.583

Miranda, lisa princess. (2017). Pengaruh Konformitas Teman Sebaya Dan Minat Belajar Terhadap Perilaku Menyontek. Psikoborneo, 4(1), 125–134. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/psikoneo/article/view/3972/2563

Nafeesa. (2017). The Relationship of Self-Control Between Misconduct Behavior at Student Mts. Al-Azhar Medan. Jurnal Diversita UMA, 3(1), 63–71.

Marsden, H., Carrol. M., & Neill. J.T. (2005). Who Cheats at University? A Self-report of Dishonest Academic Behaviours in A Sample Of Australian University Students. Australian. Journal of Psychology, 57(1), 1-10.

Lestari, Rizky., & Taufik. (2013). Hubungan Antara Konformitas Kelompok dan Pengaturan Diri dalam Belajar dengan Perilaku Menyontek. Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ashok, K.K., & Kumar, V. (2015). Academic Cheating among Adolescents in relation to Socio-Economic Status. International Journal of Indian Psychology, 2(3), 1–10. https://doi.org/10.25215/0203.087

Sears, D.O., Freedman, J.I., Peplau, LA. (2002). Psikologi Sosial Edisi Dua Belas. Erlangga.

Sherly, Elvinawanty, R., & Manurung, Y. S. (2018). Cheating Behavior Is Viewed From Conformity To High School Students of Gadjah Mada Medan. Psikologia: Jurnal Psikologi, 4(1), 1–9.

Starovoytova, D., & Namango, S. (2016). Factors Affecting Cheating-Behavior at. 7(31), 66–82.

Strom, P. S., & Strom, R. D. (2007). Cheating in middle school and high school. Educational Forum, 71(2), 104–116. https://doi.org/10.1080/00131720708984924

Wahyuningrum, K., & Palila, S. (2014). Harga Diri dan Iklim Sekolah dengan Perilaku Menyontek pada Siswa SMP Negeri 2 Sleman. Jurnal Psikologi Integratif, 2(2), 50–58.