Pembelajaran Model Cooperative Learning Tipe TAI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi

  • Mardiyanti Mardiyanti SMK Negeri 1 Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar akuntansi kelas XI AKL 3 di SMK Negeri 1 Depok. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model cooperative learning tipe TAI. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung pada bulan Juli–September 2022. Subyek penelitian sebanyak 36 peserta didik. Obyek penelitian yaitu proses pelaksanaan pembelajaran dengan model cooperative learning tipe TAI. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian RPP, lembar observasi dan soal tes. Prosedur penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, siklus I terdiri dari 4 pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi di SMK Negeri 1 Depok. Peningkatan hasil belajar peserta didik ini ditandai dengan kenaikan jumlah peserta didik yang mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).  Hal tersebut dapat terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar pada pra siklus 64 mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II yakni sebesar 78,61 dan 83,33. Selain nilai, pencapaian KKM juga mengalami kenaikan dari 36,11% pada pra siklus menjadi 66,67%% pada siklus I dan 89,89% pada siklus II.

Kata Kunci: cooperative learning, team assisted individualization (TAI), hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Mardiyanti Mardiyanti, SMK Negeri 1 Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Mardiyanti, S.Pd. lahir di Yogyakarta tanggal 14 Juni 1982. Riwayat Pendidikan S1 Pendidikan Akuntansi UNY (2004). Penelitian yang telah dilakukan (1) Pembelajaran Dengan Model Cooperative Learning Tipe STAD Yang Berorientasi Pada Kurikulum 2013 Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Aktivitas Belajar Akuntansi Di SMK Negeri 2 Gedangsari (2016) (2) Pembelajaran Model Cooperative Learning Tipe TAI Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Di SMK Negeri 1 Depok (2022). Buku yang pernah ditulis Praktikum Akuntansi Lembaga / Instansi Pemerintah kelas XII (2018). Peneliti tinggal di Bromonilan RT 7 RW 3 Purwomartani, Kalasan, Sleman, DIY dengan no telp/wa/telegram 0815-7887-2992.

Diterbitkan
2023-12-14
Bagaimana cara mengutip:
Mardiyanti, M. (2023). Pembelajaran Model Cooperative Learning Tipe TAI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 226-232. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.499
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 84 times
PDF downloaded: 61 times

Referensi

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Media.

Djojonegoro, W. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia: Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: PT Jaya Agung.

Huda, K., Kirana, T., & Sucipto. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Time Assisted Individualization) Dengan Teknik Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Biologi SMA. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 4(2), 525-534. https://doi.org/10.26740/jpps.v4n2.p525-534

Huda, M. (2019). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusumah, W., & Dwitagama, D. (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.

Megawati, Y. D., & Sari, A. R. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa Akuntansi Kelas XI IPS 1 SMA Negeri Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, X(1), 162 - 180. https://adoc.pub/jurnal-pendidikan-akuntansi-indonesia-vol-x-no-1-tahun-2012-00fccb0fc2150e846ecb88472c74d6e730537.html

Priansa, D. J. (2019). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran : Inovatif, Kreatif, dan Prestastif Dalam Memahami Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning : Teori, Riset dan Praktik . Bandung: Nusa Media.

Susilawati, Y. (2022). Upaya Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Bagi Siswa SMAN 4 Kota Jambi. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 21-27. https://doi.org/10.51878/learning.v2i1.957

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Warsono, H. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Yuliastuti, A. W., Ngadiman, & Muchsini, B. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Dengan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbantu Media Monopoli Akuntansi Di SMK. Jurnal "Tata Arta" UNS, 6(2), 63-76. https://jurnal.uns.ac.id/tata/article/view/59083