Pembelajaran Model Cooperative Learning Tipe TAI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar akuntansi kelas XI AKL 3 di SMK Negeri 1 Depok. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model cooperative learning tipe TAI. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung pada bulan Juli–September 2022. Subyek penelitian sebanyak 36 peserta didik. Obyek penelitian yaitu proses pelaksanaan pembelajaran dengan model cooperative learning tipe TAI. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian RPP, lembar observasi dan soal tes. Prosedur penelitian dilaksanakan dengan dua siklus, siklus I terdiri dari 4 pertemuan dan siklus II terdiri dari 3 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe TAI dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi di SMK Negeri 1 Depok. Peningkatan hasil belajar peserta didik ini ditandai dengan kenaikan jumlah peserta didik yang mencapai nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal tersebut dapat terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar pada pra siklus 64 mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II yakni sebesar 78,61 dan 83,33. Selain nilai, pencapaian KKM juga mengalami kenaikan dari 36,11% pada pra siklus menjadi 66,67%% pada siklus I dan 89,89% pada siklus II.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Mardiyanti Mardiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

