Trigonometri, Geogebra, dan Infografis: Sebuah Prosedur Pembelajaran yang Sangkil dan Mangkus

  • Muflichati Nurin Azizah SMA Negeri 1 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Trigonometri merupakan salah satu bagian Matematika yang dianggap sulit oleh sebagian besar peserta didik.  Salah satu yang harus mereka pelajari adalah menggambar grafik fungsi Trigonometri. Peserta didik mempelajari dan menguasai menggambar grafik fungsi Trigonometri dengan tiga cara yaitu menentukan koordinat titik, menentukan amplitudo dan periode, atau dengan menggunakan translasi. Pembelajaran melibatkan dua kelas ampuan penulis dengan harapan mereka mendapat maanfaat positif dari kegiatan ini. Penggunaan GeoGebra dilanjutkan dengan membuat infografis tentang grafik fungsi Trigonometri mengarahkan peserta didik dalam suatu prosedur pembelajaran yang efisien (sangkil). Mereka secara aktif mengolah ilmu yang diperoleh. Peserta didik mendapat kesempatan untuk mengolah sendiri ilmu yang diperoleh secara tepat melalui eksplorasi karakteristik grafik fungsi. Penggunaan sarana belajar di kelas berupa internet yang memadai dapat membantu proses pembelajaran, hemat biaya, waktu, dan tenaga. Penggunaan GeoGebra diikuti dengan membuat infografis adalah efektif (mangkus) untuk pembelajaran grafik fungsi Trigonometri ditunjukkan dengan kualitas hasil pembelajaran yang diperoleh peserta didik.  Hasil rerata nilai tugas infografis KD 3.10 dan 4.10 pada kelas adalah X MIPA-1 adalah 92,69 dan 93,98 serta X MIPA-2 adalah 92,86 dan 94,05. Hasil Penilaian Harian-1 dan Penilaian Harian-2 berturut-turut adalah untuk kelas X MIPA-1 80,83 dan 83,22 sedangkan untuk X MIPA-2 adalah 81,94 dan 84,54. Dari berbagai hasil tersebut dapat disimpulan bahwa Trigonometri, GeoGebra, dan Infografis bila dipadukan dapat menjadi prosedur yang sangkil dan mangkus dalam pembelajaran.

Kata Kunci: trigonometri, geogebra, infografis, sangkil, mangkus

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-10-04
Bagaimana cara mengutip:
Azizah, M. N. (2022). Trigonometri, Geogebra, dan Infografis: Sebuah Prosedur Pembelajaran yang Sangkil dan Mangkus. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 17-24. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.452
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 364 times
PDF downloaded: 629 times

Referensi

Churun L Maknun dkk. (2020). Didactical Design on Drawing and Analysing Trigonometric Functions Graph through a Unit Circle Approach. International Electronic Journal of Mathematics Education, 15(3), 614. DOI:10.29333/iejme/9275

Damyanov, I. (2018). The Role of Infographics for the Development of Skills for Cognitive Modeling in Education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), v13(1), DOI: 10.3991/ijet.v13i01.7541

Fitriasari, P. (2017). Pemanfaatan Software GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Maematika RAFA, 3(1), 57-69 DOI: 10.19109/jpmrafa.v3i1.1441

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Hidayat, Taufik. (2021). Penggunaan Aplikasi Geogebra Sebagai Media Pembelajaran Matematika SMK. Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.31869/ip.v8i1.2573

uad.ac.id. 13 April 2011. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) - Pendidikan Matematika. Diakses pada 8 Agustus 2022 dari pmat.uad.ac.id/pembelajaran-aktif-kreatif-efektif-dan- menyenangkan-pakem.html.

I. Sudakov, T. Bellsky, S. Usenyuk & V. Polyakova (2015). Infographics and Mathematics: A Maechanism for Effective Learning in the Classroom. PRIMUS: Problems, Resources, and Issues in Mathematics Undergraduate Studies.

DOI:10.1080/10511970.2015.1072607

Kariadinata, R. (2013). Trigonometri Dasar. Bandung: Pustaka Setia.

Pratiwi, D.D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5e berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191-202. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.9684

R. Williams. (2013). “Arts Work in Education”. Available: http://www.aweoregon.org/research_theory.html.

Sofiyah, Siti (2018) Analysis of Students Error in Proving Trigonometric Identities. International Journal of Management and Applied Science, 4(5), http://iraj.in

Sukmadewi, T., S. (2014) Improving Students’ Mathematical Thinking and Disposition Through Probing and Pushing Questions. Jurnal Matematika Integratif, 10(2), 127-137. https://doi.org/10.24198/jmi.v10.n2.10255.127-138. Corpus ID: 125140706

Sumaryanta, & Wibawa, A.D (2020). Rekonstruksi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 7(1), 11-25. https://doi.org/10.53717/idealmathedu. v7i1.135

Zakaria, N. and Khalid, F. (2016) The Benefits and Constraints of the Use of Information and Communication Technology (ICT) in Teaching Mathematics. Creative Education, 7, 1537-1544. DOI: 10.4236/ce.2016.711158