Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Interaktif 3D untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Digital Native
Abstrak
Best practice ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Augmented Reality (AR) sebagai media pembelajaran interaktif 3D yang berdampak terhadap peningkatan motivasi belajar siswa digital native. AR adalah teknologi yang dapat mengintegrasikan dimensi dunia maya dengan dunia nyata yang dapat secara realtime ditampilkan. AR diimplementasikan untuk menyampaikan materi bumi sebagai planet kelas X IPS 1 dan X IPS 2 di SMA N 2 Wates. Metode dalam penulisan best practice ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan tahapan dalam kegiatan best practice ini terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Penulis memberikan angket kepada siswa terkait evaluasi penggunaan AR yang kemudian dianalisis dan dijadikan dasar sebagai penentuan kesimpulan. Berdasarkan hasil angket, diketahui bahwa adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran geografi menggunakan AR sebagai media pembelajaran interaktif 3D, dari sebelumnya tidak ada siswa yang mempunyai motivasi tinggi, setelah menggunakan AR sebagai media 65% siswa mempunyai motivasi sangat tinggi. Selain itu siswa yang mempunyai motivasi tinggi sebelum menggunakan AR hanya 3% menjadi 23% siswa, dengan menggunakan lima indikator penilaian motivasi belajar siswa yaitu adanya keinginan untuk berhasil, adanya kesadaran dalam belajar, tekun dalam menyelesaikan tugas, pantang menyerah saat menghadapi kesulitan, adanya ketertarikan dalam belajar. Berdasarkan indikator tersebut, diketahui motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan AR. Dengan demikian, dapat disimpulkan AR sebagai media interaktif 3D dapat meningkatkan motivasi belajar siswa digital native.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Yuvita Dela Carolina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

