Analisis Potensi RPP Education for Sustainable Development pada Mata Pelajaran Fisika SMA

  • Tirtandro Meda SMA Negeri 2 Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan pembangunan berkelanjutan yang disetujui oleh para pemimpin global pada KTT Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2015, menegaskan kembali kebutuhan kritis untuk menanamkan prinsip-prinsip ESD di semua tingkat pendidikan. Pendidikan diperkuat sebagai tujuan penting dalam pondasi 17 (SDGs) untuk membantu membangun masyarakat yang lebih berkelanjutan, adil, dan setara. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Tujuan penelitian deskriptif kualitatif ini yaitu untuk mendeskripsikan kesesuaian perangkat pembelajaran mata pelajaran Fisika dengan semangat pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif menggunkan interpretasi data dari 30 RPP. Dari RPP yang dianalisis data yang didapatkan menunjukkan bahwa RPP yang dibuat dan digunakan tidak sesuai dengan yang diharapkan, yang menginginkan integrasi ke dalam pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan. Lebih khusus lagi, kompetensi kesadaran diri masih minim dalam memfasilitasi siswa untuk dapat mencerminkan apa yang menjadi perannya dalam komunitas lokal dan masyarakat global. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tingkat kesesuaian RPP dengan prinsip-prinsip pendidikan untuk pengembangan berkelanjutan guru Fisika masih berkisar antara 13% hingga 70%. Indikator yang masih perlu banyak mendapat perhatian dari guru dalam merancang RPP adalah kompetensi kesadaran diri siswa.

Kata Kunci: ESD, SDGs, RPP, Fisika

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-08-16
Bagaimana cara mengutip:
Meda, T. (2022). Analisis Potensi RPP Education for Sustainable Development pada Mata Pelajaran Fisika SMA. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 344-352. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.446
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 404 times
PDF downloaded: 707 times

Referensi

Anggraini, P., & Kusniarti, T. (2017). Character and Local Wisdom-Based Instructional Model of Bahasa Indonesia in Vocational High Schools. Journal of Education and Practice, 8(5), 23-29. https://eric.ed.gov/?id=EJ1133091

Berglund, T., & Gericke, N. (2016). Separated and integrated perspectives on environmental, economic, and social dimensions: An investigation of student views on sustainable development. Environmental Education Research, 22(8), 1115–1138. https://doi.org/10.1080/13504622.2015.1063589

Boeve-de Pauw, J., Gericke, N., Olsson, D., & Berglund, T. (2015). The effectiveness of education for sustainable development. Sustainability, 7(11), 15693-15717. https://doi.org/10.3390/su71115693

Bungsu, R., Latif, M., & Anwar, K. (2021). Isu Global Manajemen Kualitas Total Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2139-2148. https://doi.org/10.47492/jip.v1i10.381

Carpenter, D. (2018). Intellectual and physical shared workspace: Professional learning communities and the collaborative culture. International Journal of Educational Management. https://doi.org/10.1108/IJEM-05-2017-0104

Erwin, E., Rustaman, N.Y., Firman, H., & Ramalis, T.R. (2019). Instrumen Asesmen Pedagogical Content Knowledge dalam Konteks Pengembangan Keterampilan Komunikasi Saintifik pada Pembelajaran Fisika. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 102-110. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.494

Heasly, B., Iliško, D., Salīte, I., & Lindner, J. (2020). The Value of Process and Pedagogy through the Sustainability Prism. Discourse and Communication for Sustainable Education, 11(2), 1-4. https://doi.org/10.2478/dcse-2020-0014

Heath, R.L. (2019). Global Interdependence and Risks. The Global Public Relations Handbook.

Hollis, J. L., Sutherland, R., Williams, A. J., Campbell, E., Nathan, N., Wolfenden, L., ... & Wiggers, J. (2017). A systematic review and meta-analysis of moderate-to-vigorous physical activity levels in secondary school physical education lessons. International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity, 14(1), 1-26. https://doi.org/10.1186/s12966-017-0504-0

Lavanya, B., & Saraswathi, S. (2014). Education for sustainable development. In National Conference on Management and Social Sciences–Its Impact on Sustainable Development (Vol. 25, p. 26th). http://ijitam.org/doc/21.pdf

Lee, M., & Louis, K. S. (2019). Mapping a strong school culture and linking it to sustainable school improvement. Teaching and Teacher Education, 81, 84-96. http://dx.doi.org/10.1016/j.tate.2019.02.001

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2018). Identifikasi kesiapan LKPD guru terhadap keterampilan abad 21 pada pembelajaran IPA SMP. Jurnal ilmiah profesi pendidikan, 3(2), 124-128. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.20

Mubin, H. (2018). Analisis Kompetensi Guru dalam Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran Kimia Berbasis Kurikulum 2013 Studi Kasus di Kelas X SMA Negeri 6 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6(2). 53-60. http://dx.doi.org/10.29406/ar-r.v6i2.1223

Mukarramah, M., Gani, A., & Winarni, S. (2021). Analisis Kesesuaian Perangkat Pelaksanaan Pembelajaran dengan Tuntutan Pembelajaran Abad 21. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(3), 233-241. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i3.21934

Olsson, L., Jerneck, A., Thoren, H., Persson, J., & O’Byrne, D. (2015). Why resilience is unappealing to social science: Theoretical and empirical investigations of the scientific use of resilience. Science advances, 1(4), e1400217. https://doi.org/10.1126/sciadv.1400217

PBB. Agenda for Sustainable Development. Resolution Adopted by the General Assembly on 25 September 2015 (A/70/L.1). 2015. Available online: http://sustainabledevelopment.un.org/post2015/transformingourworld (accessed on 1 Mei 2022)

Pope, J., Bond, A.J., Hugé, J., & Morrison‐Saunders, A. (2017). Reconceptualising sustainability assessment. Environmental Impact Assessment Review, 62, 205-215. https://doi.org/10.1016/j.eiar.2016.11.002

Prabawani, B., Hanika, I. M., Pradhanawati, A., & Budiatmo, A. (2017). Primary Schools Eco-Friendly Education in the Frame of Education for Sustainable Development. International Journal of Environmental and Science Education, 12(4), 607-616. https://eric.ed.gov/?id=EJ1144855

Purnamasari, S., & Hanifah, AN. (2021). Education for Sustainable Development (ESD) dalam pembelajaran IPA. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(2), 69-75. http://dx.doi.org/10.52434/jkpi.v1i2.1281

Rahman, I. S., Murnaka, N. P., & Wiyanti, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Laps (Logan Avenue Problem Solving)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 48-60. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2556

Rositawati, D. N. (2018). Kajian Berpikir Kritis Pada Metode Inkuiri. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) (Vol. 3, pp. 74-84). https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28514

Rukin. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Salte, I., Iliko, D., & Micule, I. (2015). ISE action research: Reorienting teachers dispositions towards ESD, Latvia. Leading practice publication: Professional development of university educators on Education for Sustainable Development in European countries, 105107. https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=17171857623166023867&btnI=1&hl=en

Sinakou, E., Boeve-de Pauw, J., & van Petegem, P. (2017). Exploring the concept of sustainable development within education for sustainable development: implications for ESD research and practice. Environment, Development and Sustainability, 21, 1-10. https://doi.org/10.1007/s10668-017-0032-8

UNESCO. Education for Sustainable Development Goals: Learning Objectives; UNESCO: Paris, France, 2017; Available online: http://unesdoc.unesco.org/images/0024/002474/247444e.pdf (accessed on 3 Mei 2022).

Zulfikar, T. (2018). The Making of Indonesian Education: An overview on Empowering Indonesian Teachers. Journal of Indonesian Social Sciences and Humanities. http://dx.doi.org/10.14203/jissh.v2i0.19