Workshop Teknik Kelompok sebagai Strategi Efektif Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Instrumen Penilaian

  • Basuki Jaka Purnama SMA Negeri 1 Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Kompetensi guru dalam menyusun instrumen penilaian sangat berpengaruh terhadap ketepatan mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik.  Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kompetensi guru menyusun instrumen penilaian dan (2) mendapatkan informasi tentang penerapan workshop untuk meningkatkan kompetensi guru di SMA Negeri 1 Kalasan dalam menyusun instrumen penilaian. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang dilaksanakan semester 1 tahun pelajaran 2020/2021 selama 4 bulan dengan subjek penelitian 10 orang guru. Penelitian tindakan ini menggunakan model Kemmis dan Taggart dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan dan penilaian produk. Analisis data dilakukan dengan penskoran dan menghitung nilai akhir dari kegiatan yang diamati dan dinilai. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa workshop dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun instrumen penilaian berupa kisi-kisi soal dan butir soal. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan kemampuan menyusun kisi-kisi soal dari 75,88% (kurang mampu) pada siklus I menjadi 88,25% (mampu) pada siklus II dan peningkatan kemampuan menyusun butir soal dari 77,42% (kurang mampu) pada siklus I menjadi 88,89% (mampu) pada siklus II, artinya kompetensi guru telah memenuhi indikator keberhasilan tindakan sebesar 80%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan, bahwa melalui workshop dapat meningkatkan kompetensi guru di SMA Negeri 1 Kalasan dalam menyusun kisi-kisi dan butir soal. 

Kata Kunci: workshop, kompetensi guru, instrumen penilaian

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-08-08
Bagaimana cara mengutip:
Purnama, B. J. (2022). Workshop Teknik Kelompok sebagai Strategi Efektif Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Instrumen Penilaian. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 308-316. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.445
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 361 times
PDF downloaded: 608 times

Referensi

Anggraeni, L. (2016). Peningkatan Kompetensi Guru Menyusun Butir Soal Bermutu melalui Program Workshop. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK), 1(2), 1-9.

Annisa. (2019). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran melalui Workshop. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(2), 171-176.

Gusmarni. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Butir Soal Melalui Kegiatan Workshop di Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(5), 1129-1136. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i5.7860

Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran dan Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Maryam, N. (2015). Kriteria Instrumen, Penilaian Kompetensi, Jenis-Jenis Instrumen, dan Jenis-Jenis Soal Diambil pada tanggal 29 November 2020 dari laman https://nidamaryam29.wordpress.com/2015/06/18/kriteria-instrumen-penilaian-kompetensi-jenis-jenis-instrumen-dan-jenis-jenis-soal/#:~:text=Sebuah%20Instrumen%20Evaluasi%20dikatakan%20baik%20manakala%20memiliki%20validitas%20yang%20tinggi.&text=Ada%20tiga%20Aspek%20yang%20hendak,di%20nyatakan%20dengan%20koefisien%20validitas

Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pribadi, S. (2016). Kegiatan Workshop Dengan Metode Kolaboratif dan Konsultatif sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menetapkan KKM. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha. 3(1), 16-30.

Rosni, R. (2021). Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 7(2), 113-124. https://doi.org/10.29210/1202121176

Sudrajat, A. (2008). Penilaian Hasil Belajar: Pengertian, Tujuan, dan Pendekatan. Diambil pada tanggal 28 Nopember 2020 dari laman: https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/05/01/penilaian-hasil-belajar/

Sukoyo, J. (2013). Peningkatan Kompetensi Guru melalui Workshop Penyusunan Soal Digital Bahasa Jawa dengan Menggunakan Program Adobe Captivate. Jurnal Rekayasa, 11(2), 133-138.

Sunarsih. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran melalui Workshop Multi Metode. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 3(2), 17-22.

Suprayekti & Anggraeni, S.D. (2017). Pelaksanaan Program Workshop “Belajar Efektif” untuk Orang Tua. Jurnal Ilmiah Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Nonformal, 12(2), 129-136.

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.