Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Discovery Learning Berbantuan Media Laboratorium Virtual pada Materi Sistem Ekskresi Manusia
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu enjelaskan pelaksanaan peningkatan motivasi belajar siswa dengan penerapan model Discovery Learning menggunakan media laboratorium virtual materi sistem ekskresi pada kelas XI MIPA 5 SMA N 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencakup 4 prosedur yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diambil dengan angket, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif selama 2 siklus. Tahapan dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning mulai dari pemberian rangsangan, pertanyaan/identifikasi masalah, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Pembelajaran model Discovery Learning menggunakan media laboratorium virtual pada materi sistem ekskresi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 5 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa pada siklus I yaitu 73,87%, yang artinya belum memenuhi indikator keberhasilan. Kenaikan persentase motivasi belajar siswa terjadi di siklus II dimana motivasi belajar siswa mencapai 83,39% sehingga dapat dikatakan telah memenuhi indikator keberhasilan.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Dwi Essy Sumaryanti
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
![](/public/site/icon-graph.png)
![](/public/site/icon-pdf.png)