Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Discovery Learning Berbantuan Media Laboratorium Virtual pada Materi Sistem Ekskresi Manusia

  • Dwi Essy Sumaryanti SMA Negeri 5 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu enjelaskan pelaksanaan peningkatan motivasi belajar siswa dengan penerapan model Discovery Learning menggunakan media laboratorium  virtual materi sistem ekskresi pada kelas XI MIPA 5 SMA N 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencakup 4 prosedur yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diambil dengan angket, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif selama 2 siklus. Tahapan dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning mulai dari pemberian rangsangan, pertanyaan/identifikasi masalah, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Pembelajaran model Discovery Learning  menggunakan media laboratorium virtual pada materi sistem ekskresi  dapat meningkatkan motivasi belajar siswa  kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 5 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa pada siklus I yaitu 73,87%, yang artinya belum memenuhi indikator keberhasilan. Kenaikan persentase motivasi belajar siswa terjadi di siklus II dimana motivasi belajar siswa mencapai 83,39% sehingga dapat dikatakan telah memenuhi indikator keberhasilan.

Kata Kunci: discovery learning, laboratorium virtual, motivasi, sistem ekskresi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-10-04
Bagaimana cara mengutip:
Sumaryanti, D. E. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Discovery Learning Berbantuan Media Laboratorium Virtual pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 83-91. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.436
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 678 times
PDF downloaded: 605 times

Referensi

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Baruno, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Analisis pada Materi Genetik Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Terintegrasi Virtual Lab. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 176-182. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.202

Bilfaqih, Y. & Qomarudin, M.N. (2015). Esensi Penyusunan Materi Daring Untuk Pendidikan Dan Pelatihan. Yogyakarta: Deep Publish.

Direktorat pembinaan sekolah Menengah Atas. (2017). Model – model Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

E. Stark, P. Bistak, S. Kozak and E. Kucera. (2017). Virtual laboratory based on Node.js technology. 2017 21st International Conference on Process Control (PC), 386-391. https://doi.org/10.1109/PC.2017.7976245

Fonna, T.M., dkk. (2013). Perbedaan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia Di SMA Negeri Unggul Sigli. Biotik: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 1(2), 67-136. http://dx.doi.org/10.22373/biotik.v1i2.223

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Hendrajanti, P. (2022). Discovery Learning Berbantuan Virtual Chemistry Laboratory untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 188-196. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.353

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muawanah, E.I & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid–19: Literature Review. JIBK Undiksha, 12(1), 90-98. https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311

Nainggolan, L. (2014). Pengembangan Media Praktikum Berbasis Laboratorium Virtual (Virtual Laboratory) pada Materi Pembelahan Sel di SMA. Jambi: FKIP Universitas Jambi.

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Uno, H. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Veerman, K. (2003). Intelligent Support for Discovery Learning. Twente: Twente University Press.

Widayanti, W. (2021). Online learning media on science learning during the COVID-19 Pandemic: A literature study in indonesia. Online Learning in Educational Research, 1(1), 55-61.