Membangun Partisipasi Siswa pada Pembelajaran Kimia Masa Pandemi melalui Pembelajaran Discovery Learning dengan Aplikasi E-Learning

  • Setiyarini Setiyarini SMA Negeri 1 Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pandemi Covid-19 telah mengubah paradigma pembelajaran yang semula dengan tatapmuka beralih dengan media daring. Guru menemukan permasalahan pada pembelajaran daring yang dilaksanakan di kelas X MIPA 5 yakni kurangnya partisipasi aktif dan rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi kimia. Untuk mengatasi permasalahan tersebut guru melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapan pembelajaran Discovery Learning melalui aplikasi E-Learning pada materi konsep mol dan stoikiometri yang tertuang dalam dua siklus, dengan tiap siklusnya meliputi empat tahapan: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksankan di kelas X MIPA 5 SMA Negeri I Wates Tahun Pelajaran 2020/2021. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari lembar observasi siswa maupun guru, perangkat tes pengetahuan siswa dan angket pelaksanaan pembelajaran. Data hasil penelitian dianalisa dan disajikan untuk ditarik kesimpulan secara deskriptif kuantitatif. Analisis terhadap data penelitian memberikan hasil bahwa melalui penerapan pembelajaran Discovery Learning dengan aplikasi E-learning telah dapat meningkatkan partisipasi aktif dan tingkat pengetahuan siswa pada pembelajaran kimia. Terdapat peningkatan partisipasi aktif siswa aspek diskusi pada siklus I dan siklus II dengan skor rata-rata 81% menjadi 89,84%, sedangkan aspek presentasi dari skor rata-rata 56,67% menjadi 91,53%. Hasil tes pengetahuan siswa juga mengalami peningkatan pada tahap pra siklus rata-rata kelas sebesar 4l,72 setelah dilakukan tindakan siklus I meningkat menjadi 84,44 sedangkan pada siklus II menjadi 81,56.

Kata Kunci: discovery learning, e-learning, partisipasi, tingkat pemahaman

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-10-04
Bagaimana cara mengutip:
Setiyarini, S. (2022). Membangun Partisipasi Siswa pada Pembelajaran Kimia Masa Pandemi melalui Pembelajaran Discovery Learning dengan Aplikasi E-Learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 73-82. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.434
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 571 times
PDF downloaded: 507 times

Referensi

Ahmad, Efendi. (2012). Efektivitas Penggunaan Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar. (Skripsi tidak diterbitkan). Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta.

Arends, R.I. (2015). Learning to teach (10th ed). New York: McGraw-Hill International Edition.

Farida, Ida., Sunarya, Risa Rahmawati., Aisyah, Riri, dan Helsy, Imelda. (2020). Pembelajaran Kimia Sistem Daring di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Generasi Z, Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Hamalik, Oemar. (2003). Perencanaan Pengajaran berdasarkan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran Abad 21. Jakarta: Ghalia Indonesia. Diakses dari https://kumparan.com/ulfa-hikmah/opini/tantangan pembelajaran daring di tengah pandemi covid-19

Istiana, Galuh Arika., Catur S., Agung Nugroho., dan Sukardjo, J.S. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(2), 2337-9995 Diakses dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 70 Tahun 2013 tentang Penyempurnaan Pola Pikir (mindset) Pembelajaran Kurikulum 2013. Diakses dari https://bnsp-Indonesia.org.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 81A tentang Implementasi Kurikulum 2013. Diakses dari https://bnsp-Indonesia.org

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Dikdasmen. Diakses dari https://bnsp-Indonesia.org

Kunarsih, Sri. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dalam Masa Pandemi Lewat Pembelajaran Online. Jurnal Ilmiah Pendidikan Genta Mulia, XII(2), 23016671. 259.

Kwon, M., Lee, J. Y., Won, W. Y., Park, J. W., Min, J. A., Hahn, C., ... Kim, D. J. (2013). Development and Validation of a Smartphone Addiction Scale (SAS). PLoSONE. Diakses dari https://doi.org/10.1371/journal.pone.0056936

La Ucu, Nurlinda., Paturusi, Sary D.E., dan Sompie, Sherwin R.U.A. (2018). Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran. E-Jurnal Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi Manado, Indonesia. 13(1), 2301-8364.

Munir, Fauzan. (2010). “Perbedaan Pemahaman Konsep Kimia Siswa yang Diajarkan Dengan Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat (STM) Dan Yang Diajarkan Dengan Pendekatan Konvensional”. (Skripsi). Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1).

Sadikin, Ali & Hamidah, Afreni. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jambi.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Siddiqui, S., & Singh, T. (2016). Social Media its Impact with Positive and Negative Aspects. International Journal of Computer Applications Technology and Research. https://doi.org/10.7753/ijcatr0502.1006

Syah, Muhibbin. (2006). Psikologi Belajar, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Indriati, W. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Statistika melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Microsoft Excel. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 157-163. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.321