Penerapan Project-Based Learning Berbasis Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran Perbankan Dasar

  • Chatarina Tri Widiastuti SMK Negeri 1 Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penulisan best practice ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan proses Pembelajaran Jarak Jauh mata pelajaran Perbankan Dasar di kelas X Akuntansi Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Godean. Data yang diperoleh sebelum pembelajaran menunjukkan bahwa siswa mulai merasa bosan belajar di rumah dan  materi tidak jelas. Dengan menerapkan metode Project Based Learning secara berkelompok, diharapkan mereka akan bekerjasama dalam belajar sehingga  materi menjadi jelas, dan hasil belajar akan meningkat. Media pembelajaran yang digunakan WhatsApp group dan Google Classroom. Pembelajaran dilaksanakan dengan tahapan menganalisis masalah, membuat desain dan pelaksanaan proyek, melakukan penelitian, menyusun draft dan prototipe proyek, mengukur menilai, memperbaiki produk dan finalisasi serta publikasi produk. Data kuantitatif dan kualitatif diperoleh dengan teknik survey, pengamatan dan unjuk kerja, dengan Instrumen meliputi angket, lembar observasi dan lembar penilaian. Dari pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil nilai pengetahuan 47% dengan predikat amat baik, 38% baik dan 15% cukup baik, keterampilan 25% amat baik, 67% baik dan 8% cukup baik.. Nilai sikap gotong royong yang menunjukkan keaktifan siswa 54% amat baik, 29% Baik , 14% cukup baik, sementara 2% kurang baik.  Hasil angket menunjukkan model Project Based Learning berbasis kelompok membuat keaktifan siswa meningkat, materi lebih jelas sehingga meningkatkan hasil belajar. Berdasarkan hasil pembelajaran penulis merekomendasikan guru untuk menggunakan model Project Based Learning berbasis kelompok guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Project Based Learning, basis kelompok, hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Chatarina Tri Widiastuti, SMK Negeri 1 Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Nama : Chatarina Tri Widiastuti, S,Pd., M.Pd.

Alamat : Gamping Lor Jl. Mbulu 3 RT 01 RW 10 Ambarketawang Gamping Sleman Yk.

Email  : balabims@gmail.com

HP/WA  : 087839941974

Diterbitkan
2023-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Widiastuti, C. T. (2023). Penerapan Project-Based Learning Berbasis Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pelajaran Perbankan Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 538-544. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.423
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 196 times
PDF downloaded: 204 times

Referensi

Atikah, R.-, Prihatin, R. T., Hernayati, H., & Misbah, J. (2021). Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Petik, 7(1), 7–18. https://doi.org/10.31980/jpetik.v7i1.988

Baser, A., & Rizal, F. (2021). Dampak Positif Penggunaan Google Classroom terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 154–162. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.31629

Fahadah, S. E., Nurika, & Lutfiya, F. (2021). Penerapan PjBL (Project Based Learning) Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 199–207. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk

Fauziah, C., Taufiqulloh, & Sudibyo, H. (2020). Implementasi Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning Selama Pandemi Covid-19. Pancasakti Science Education Journal, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.24905/psej.v5i2.46

Indrawati, H. (2016). Peningkatan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah teori ekonomi makro lanjutan melalui penerapan Project Based Learning. Jurnal Pendidikan, 7(1), 17–27. http://dx.doi.org/10.31258/jp.7.1.17-27

Manggala, D. K. D., & Nugraha, I. N. P. (2021). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Jurnal Teknik Elektronika …, 7(4), 2005–2012. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1757

Nabilla, R., & Kartika, T. (2020). WhatsApp Grup Sebagai Media Komunikasi Kuliah Online. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 193–202. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i2.4595

Nuryati, D. W., Masitoh, S., & Arianto, F. (2020). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kreativitas Peserta Didik di Masa Pandemi. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(2), 98–106. https://doi.org/10.32832/educate.v5i2.3375

Pancawati, N. (2021). Analisis Persepsi Kemanfaatan Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Akuntansi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2). http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/1286

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 178-182. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357

Rinrin Nur Tasdik, R. A., & 1. (2021). Kendala Siswa SMK dalam Pembelajaran Daring Matematika di Situasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 510–521. https://dx.doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.536

SE Gubernur DIY Tentang Perpanjangan Pembelajaran Jarak Jauh.pdf. (n.d.).

Studi, P., Fisika, P., & Maros, U. M. (2021). Analisis Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Menggunakan Media Pembelajaran Google Classroom Pendahuluan Sejak bulan Maret pembelajaran jaringan ). Sistem pembelajaran daring Daring ( dalam Indonesia termasuk dalam salah satu Negara yang terkena. (Firman, F., & Rahayu, S., 2020). Menurut Milman (2015) Penggunaan Teknologi Digital Dapat Memungkinkan Mahasiswa Dan Dosen Melaksanakan Proses Pembelajaran Walaupun Mereka Ditempat Yang Berbeda. Bentuk, 9(1), 172–188.

Ubaidah, C. (2021). Best Practice Penggunaangoogle Classroomdan Whatsapp Groupsebagai Mediapembelajaranjarakjauhseni Budaya. Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 115–124. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i1.89

Yudha, C. B. (2019). Penerapan Project Based Learning dalam Mata Kuliah Penelitian Tindakan Kelas. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 30. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i1.32084