Pengembangan Desain Pembelajaran Fisika Menggunakan Learning Management System Berbasis Moodle Berbantuan Grup Whatsapp
Abstrak
Pesatnya perkembangan teknologi digital dan kondisi dunia yang sedang mengalami pandemi Covid-19 berimbas pada keberlangsungan pendidikan di semua jenjang sehingga pembelajaran yang semula tatap muka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pengembangan desain pembelajaran Fisika menggunakan LMS (Learning Management System) berbasis Moodle berbantuan grup Whatsapp pada pokok bahasan Impuls, Momentum, dan Hukum Kekekalan Momentum di kelas X SMKN 2 Yogyakarta. Metode penelitian Research and Development (R&D) digunakan untuk mengetahui efektifitas produk desain pembelajaran ketika diterapkan dalam PJJ. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata lebih dari 70% peserta didik memberikan tanggapan baik terhadap aspek penggunaan software, isi penyajian, dan tampilan LMS. Dapat ditunjukkan pula peningkatan hasil belajar peserta didik yang berkaitan dengan pemahaman konsep melalui metode drilling (pengulangan) pada kegiatan penilaian atau quiz. Perbaikan tampilan muka, memaksimalkan penggunaan fitur-fitur di elearning, membuat/memilih bahan ajar/sumber belajar yang menarik, menyusun urutan materi secara konsisten, memberikan kesempatan peserta didik untuk memaksimalkan upaya memperbaiki hasil belajar, memperbanyak interaksi guru dan peserta didik sebagai bentuk kehadiran sosial melalui grup Whatsapp, serta sikap tegas guru dalam mendisiplinkan peserta didik merupakan faktor penting dalam keberhasilan PJJ.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2022 Ety Dwiastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

