Pengembangan Desain Pembelajaran Fisika Menggunakan Learning Management System Berbasis Moodle Berbantuan Grup Whatsapp

  • Ety Dwiastuti SMK Negeri 2 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi digital dan kondisi dunia yang sedang mengalami pandemi Covid-19 berimbas pada keberlangsungan pendidikan di semua jenjang sehingga pembelajaran yang semula tatap muka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pengembangan desain pembelajaran Fisika menggunakan LMS (Learning Management System) berbasis Moodle berbantuan grup Whatsapp pada pokok bahasan Impuls, Momentum, dan Hukum Kekekalan Momentum di kelas X SMKN 2 Yogyakarta. Metode penelitian Research and Development (R&D) digunakan untuk mengetahui efektifitas produk desain pembelajaran ketika diterapkan dalam PJJ. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata lebih dari 70% peserta didik memberikan tanggapan baik terhadap aspek penggunaan software, isi penyajian, dan tampilan LMS. Dapat ditunjukkan pula peningkatan hasil belajar peserta didik yang berkaitan dengan pemahaman konsep melalui metode drilling (pengulangan) pada kegiatan penilaian atau quiz. Perbaikan tampilan muka, memaksimalkan penggunaan fitur-fitur di elearning, membuat/memilih bahan ajar/sumber belajar yang menarik, menyusun urutan materi secara konsisten, memberikan kesempatan peserta didik untuk memaksimalkan upaya memperbaiki hasil belajar, memperbanyak interaksi guru dan peserta didik sebagai bentuk kehadiran sosial melalui grup Whatsapp, serta sikap tegas guru dalam mendisiplinkan peserta didik merupakan faktor penting dalam keberhasilan PJJ.

Kata Kunci: LMS, Fisika, Moodle, Whatsapp

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ety Dwiastuti, SMK Negeri 2 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Peneliti menyelesaikan sarjana fisika FMIPA UGM pada tahun 1997. Setelah lulus bekerja sebagai guru di SMK Negeri 2 Yogyakarta mulai tahun 1999 hingga sekarang. Bidang utama pembelajaran dan penelitian adalah fisika terapan untuk pendidikan menengah kejuruan. Selain mengajar dan meneliti pernah terlibat dalam manajemen sekolah sebagai Kepala Laboratorium, Ketua MGMP Fisika SMK Kota Yogyakarta, Koordinator PKG/PKB, staf Kurikulum, dan Kesiswaan. Kegiatan pengembangan diri  sering diikuti antara lain pelatihan, seminar, kegiatan kolektif guru, dan visitasi. Sejak tahun 2020 mengikuti studi lanjut jenjang S2 di Program Pasca Sarjana Pendidikan Fisika UAD.

Diterbitkan
2022-08-08
Bagaimana cara mengutip:
Dwiastuti, E. (2022). Pengembangan Desain Pembelajaran Fisika Menggunakan Learning Management System Berbasis Moodle Berbantuan Grup Whatsapp . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 294-300. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.410
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 359 times
PDF downloaded: 271 times

Referensi

Esther, O. O. (2018). Learning Management System : A Tool for Effective Teaching Process. The International Journal of Science & Technoledge, 6(9), 24–30.

Kasim, N. N. M., & Khalid, F. (2016). Choosing the right learning management system (LMS) for the higher education institution context: A systematic review. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 11(6), 55–61. https://doi.org/10.3991/ijet.v11i06.5644

Putra, D. D., Okilanda, A., Arisman, A., Lanos, M. E. C., Putri, S. A. R., Fajar, M., Lestari, H., & Wanto, S. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Pengembangan Model Borg & Gall. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 46. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v3i1.5340

Rosyid, M. F., Firmansah, E., & Prabowo, Y. D. (2015). Fisika Dasar Jilid I: Mekanika (A. S. (Universitas N. J. Budi (ed.); 1st ed.). Penerbit Periuk.

Sulisworo, D., Kusumaningtyas, D. A., & Handayani, T. (2019). E-Learning Impacts on Critical Thinking Skills in Science Learning. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), 8(4), 3434–3439. https://doi.org/10.35940/ijrte.d6795.118419

Sulisworo, D., Rohmadheny, P. S., Fatimah, N., Arif, D. B., & Saifuddin, M. F. (2020). Learning analytics to predict student achievement in online learning during covid-19 mitigation. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(10), 1844–1861. https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I10/PR300210

Sulisworo, D., Agustin, S. P., & Sudarmiyati, E. (2016). Cooperative-blended learning using Moodle as an open source learning platform. International Journal of Technology Enhanced Learning, 8(2), 187–198. https://doi.org/10.1504/IJTEL.2016.078089

Wibowo, A. T., Akhlis, I., & Nugroho, S. E. (2015). Pengembangan LMS (Learning Management System) Berbasis Web untuk Mengukur Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa. Scientific Journal of Informatics, 1(2), 127–137. https://doi.org/10.15294/sji.v1i2.4019