Menulis Bentuk Passé Composé Menggunakan Padlet Berbasis Project Based Learning

  • Nauli Trisnainy Siregar SMA Negeri 1 Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Menulis merupakan salah satu kompetensi berbahasa, namun demikian peserta didik mengalami kesulitan saat menulis dalam bentuk Passé Composé. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi ketrampilan menulis bentuk Passé Composé, serta untuk mengetahui penerapan penggunaan Padlet berbasis model pembelajaran proyek pada pembelajaran ketrampilan menulis bentuk Passé Composé. Penelitian tindakan dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penerima tindakan adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kalasan. Data dikumpulkan melalui tes, non tes, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode penskoran dan kriteria keberhasilan. Hasil penelitian setelah diberi tindakan berupa pembelajaran menulis menggunakan Padlet secara berkelompok menunjukkan adanya peningkatan partisipasi dan hasil belajar peserta didik pada ketrampilan menulis bentuk Passé Composé. Partisipasi peserta didik meningkat dari 33,33% pada Siklus I menjadi 97,22% pada Siklus II, sedangkan hasil belajar meningkat dari 24,99% menjadi 88,56% pada Siklus II. Dari hasil penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Padlet dengan model pembelajaran proyek secara berkelompok dapat meningkatkan kompetensi ketrampilan menulis bentuk Passé Composé.

Kata Kunci: padlet, menulis, passé composé

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-08-08
Bagaimana cara mengutip:
Siregar, N. T. (2022). Menulis Bentuk Passé Composé Menggunakan Padlet Berbasis Project Based Learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 288-293. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.409
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 487 times
PDF downloaded: 489 times

Referensi

Aini, R. (2020). Peningkatan Kreatifitas Siswa dengan Pemanfaatan Media Poster Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal Scientific of Mandalika (JSM), 1(3), 143-149. http://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jomla/article/view/143

Ambarita, E. (2021). Belajar Dari Rumah (Bdr) Menggunakan Padlet Alternatif E-Learning Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di SMAN 56 Jakarta). JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.47387/jira.v2i1.70

Cahya, S. B. (2017). Pengaruh Disiplin Dan Partisipasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Melaksanakan Komunikasi Bisnis Siswa Smk Di Kecamatan Dawarblandong Dengan Percaya Diri Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 48-60. https://doi.org/10.26740/jepk.v3n1

Chozaipah. (2018). Peran dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi di SMK N 1 Dumai provinsi Riau. Jurnal Serambi, 5(1), 60–65.

Fitriani, Y. (2021). Penggunaan Aplikasi Padlet dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, Pembelajarannya, 4(1), 1–15.

Nisa, A. R. K. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam PJJ Terhadap Pemhaman Materi. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 10(1), 61-66. https://doi.org/10.35194/ alinea.v10i1.1186

Nurramdaeni, N., Suryaman, M., (2021). Padlet-Assisted Descriptive Text Writing: How did Indonesian Efl Senior High School Students’Experience? Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8910–8919.

Qulub, T., & Renhoat, S. F. (2019). Penggunaan Media Padlet Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi. Proceedings SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 141–146. https://jurnal. umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7226/4454

Rahayu, H., Purwanto, J., & Hasanah, D. (2017). Pengaruh model pembelajaan project based learning (PjBL) terhadap kemampuan bepikir tingkat tinggi siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 4(1), 21–28.

Ristanti, F. (2021). Pembelajaran Bahasa Jerman Berbasis Padlet sebagai Pemantik Motivasi Belajar Selama Pandemi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 144–152. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.240

Sembiring, B. (2021). Karakteristik Konjugasi Kata Kerja Berakhiran -er. Jurnal Bahasa, 32(4), 390–402.

Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA). (2016). Jakarta: Kemdikbud

Sulaeman, Budi. (2020). Mengenal Aplikasi Padlet. https://psychology.binus.ac.id/ 2020 /12/17/mengenal- aplikasi-padlet/

Sugiharto, Aris. (2020). Project Based Learning Terintegrasi Stem untuk Meningkatkan Keterampilan Kerja Ilmiah Peserta didik. Jurnal Guru Dikmen dan Diksus, 3(2), 158-168. https://jgdd.kemdikbud.go.id/index.php/jgdd/%20article/view/152/53

Surat Edaran (SE) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 4 Tahun 2020, tanggal 24 Maret 2020. (2020). Tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Wulandari, D., Astuti, D., Handayani, S. (2013). La Méthode Mnémonique pour Soutenir L’apprentissage du Passé Composé. Didacticofrancia: Journal Didactique du FLE. 2(7), 25–30. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/dicdac/article/view/1424

Wulandari, E., & Asri, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan ModelBerbantuan Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 59-67.

Yuliawati, F. (2012). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Tenaga Pendidik Profesional. Yogyakarta: Pedagogia.