Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika
Abstrak
Pola belajar peserta didik di masa pandemik harus dilaksanakan mandiri di rumah. Berbagai masalah dihadapi yaitu kondisi psikis, kurangnya sumber referensi belajar, daya kemampuan berpikir menurun, rendahnya kesadaran belajar mandiri, aktivitas belajar turun maupun prestasi belajar kurang memuaskan. Hal ini memotivasi guru menjadikan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dikelas. Dipilihnya model Problem Based Learning (PBL) dimaksudkan untuk mengaktifkan peserta didik dan meningkatkan hasil belajarnya. Rumusan masalahnya bagaimana proses penerapan model PBL, apakah penggunaan model PBL meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik materi SPLTV pada siswa didik X APHP1 SMK N 1 Cangkringan. Sedangkan tujuan penelitiannya untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan datanya menggunakan tes hasil belajar, catatan saat pembelajaran dilaksanakan dan respon peserta didik. Hasil yang diperoleh bahwa pemanfaatan model pembelajaran PBL meningkatkan aktivitas maupun hasil belajar peserta didik terbukti saat mempelajari materi SPLTV aktivitas belajar peserta didik meningkat pada siklus I dari skor 31 kategori aktivitas belajar “sedang” menjadi skor 38 siklus II kategori “tinggi”. Sedangkan ketuntasan hasil belajar peserta didik 27,78% dengan rerata nilai 57,78 pada siklus I mengalami kenaikan menjadi 77,78% dengan rerata 72,22 di siklus II. Hasil penelitian ini menyumbangkan kontribusi pemanfaatan salah satu model pembelajaran matematika untuk guru sebagai alternatif pembelajaran pada materi SPLTV.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Ari Priyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












