Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika

  • Ari Priyanti SMK Negeri 1 Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pola belajar peserta didik di masa pandemik harus dilaksanakan mandiri di rumah. Berbagai masalah dihadapi yaitu kondisi psikis, kurangnya sumber referensi belajar, daya kemampuan berpikir menurun, rendahnya kesadaran belajar mandiri, aktivitas belajar turun maupun prestasi belajar kurang memuaskan. Hal ini memotivasi guru menjadikan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif dikelas. Dipilihnya model Problem Based Learning (PBL) dimaksudkan untuk mengaktifkan peserta didik dan meningkatkan hasil belajarnya. Rumusan masalahnya bagaimana proses penerapan model PBL, apakah penggunaan model PBL meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik materi SPLTV pada siswa didik X APHP1 SMK N 1 Cangkringan. Sedangkan tujuan penelitiannya untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran PBL dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan datanya menggunakan tes hasil belajar, catatan saat pembelajaran dilaksanakan dan respon peserta didik. Hasil yang diperoleh bahwa pemanfaatan model pembelajaran PBL meningkatkan aktivitas maupun hasil belajar peserta didik terbukti saat mempelajari materi SPLTV aktivitas belajar peserta didik meningkat pada siklus I dari skor 31 kategori aktivitas belajar “sedang” menjadi skor 38 siklus II kategori “tinggi”. Sedangkan ketuntasan hasil belajar peserta didik 27,78% dengan rerata nilai 57,78 pada siklus I mengalami kenaikan menjadi 77,78% dengan rerata 72,22 di siklus II. Hasil penelitian ini menyumbangkan kontribusi pemanfaatan salah satu model pembelajaran matematika untuk guru sebagai alternatif pembelajaran pada materi SPLTV.

Kata Kunci: problem based learning, aktivitas belajar, hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-10-04
Bagaimana cara mengutip:
Priyanti, A. (2022). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 58-64. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.408
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 804 times
PDF downloaded: 661 times

Referensi

Arikunto, S, et al. (2015). Penelitian Tndakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Dewantara, D. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran ipa (studi pada siswa kelas V sdn pengambangan 6 banjarmasin). Jurnal Paradigma, 11(2), 41–44.

Kartiwi, D. P. (2021). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Xi Mipa 8 Sma Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021. Widyadari, 22(1), 371–381. https://doi.org/10.5281/zenodo.4661880

Maulana, M., Solikhin, F., & Dewi, K. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia SMAN 3 Kota …. Jurnal Zarah, 9(2), 75–82. https://ojs.umrah.ac.id/index.php/zarah/article/view/3110%0Ahttps://ojs.umrah.ac.id/index.php/zarah/article/download/3110/1497

Mulyadi, E. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Hasil Belajar Fisika Siswa di SMK. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 27-34. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.91

Nisak, C., & Sari, A. R. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(1), 82–99. https://doi.org/10.21831/jpai.v11i1.1681

Nurtanto, M., & Sofyan, H. (2015). Implementasi Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif, Psikomotor, Dan Afektif Siswa Di Smk. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3), 352. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i3.6489

Safitri, M., Yennita, Y., & Idrus, I. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl). Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 103–112. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.103-112

Salama, F. S., Inganah, S., & Sugiarti, W. (2019). Penggunaan model problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada materi vektor. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(01), 51. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12815

Sari, R. J., & Utomo, A. P. (2019). Peningkatan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Smpn 1 Mayang Kelas Ix. ScienceEdu, II(1), 80. https://doi.org/10.19184/se.v2i1.11797

Shoimin, A. (2017). 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013 Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suarni, D. A. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997

Widayanti, R., & Dwi Nur’aini, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480