Meningkatkan Minat Belajar dan Prestasi Mata Pelajaran Ekonomi Materi Perpajakan Menggunakan Cara Pembelajaran Berbasis Masalah

  • Ririn Kusumawardani SMA Negeri 1 Semin, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran ekonomi metode ceramah dan media minim. Penelitian bertujuan meningkatkan minat belajar dan prestasi mata pelajaran  Ekonomi pada materi Perpajakan dengan model Problem Based Learning (PBL). Dengan model PBL ini diharapkan minat dan prestasi belajar peserta didik meningkat, nilai yang mereka raih tuntas atau KKM minimal 75. Jika kurang dari 75 maka tidak tuntas.  Pra siklus, belum menggunakan model PBL. Kompetensi dalam materi perpajakan menunjukkan nilainya 22.22%  yang tuntas 8 dan yang belum tuntas 28 peserta didik atau 77.78%. Sesudah menggunakan PBL pada siklus 1  persentase ketuntasan 66.67% yang tuntas 24 dan yang tidak 12. Siklus 2 ketuntasan 94.44%, yang tuntas 34 dan yang tidak 2 peserta didik. Terlihat kalau pelaksanaan tindakan kelas dari tiap siklus mengalami peningkatan hasil belajar. Peningkatan prestasi belajar ini menunjukkan kalau penerapan metode PBL efektif diterapkan dalam pembelajaran ekonomi. Dari tabel pengisian angket minat peserta didik terhadap pelajaran ekonomi disimpulkan peserta didik berminat pada siklus 1 sejumlah 1.85% dan pada siklus 2 sejumlah 43.52%.

Kata Kunci: Minat Belajar, Prestasi, Model Problem Based Learning (PBL)

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-09-30
Bagaimana cara mengutip:
Kusumawardani, R. (2023). Meningkatkan Minat Belajar dan Prestasi Mata Pelajaran Ekonomi Materi Perpajakan Menggunakan Cara Pembelajaran Berbasis Masalah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 790-796. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.406
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 89 times
PDF downloaded: 42 times

Referensi

Erik, E. (2013). Ekonomi SMA kelas X. Bogor: Yudhistira.

Fathurrohman, M., dkk. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Kemmis dan Taggart. 1998. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Mankiw. (2002). Pengantar Ekonomi Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Muhammad, M.H. (2017). Penggunaan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 004 Tembilahan Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. PRIMARY: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 242-251. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4104

Nurida, W., Tetelepta, E., & Manakane, S. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa Di SMA Negeri 7 Seram Bagian Barat Kecamatan Huamual Belakang Kabupaten Seram Bagian Barat. Jurnal Pendidikan Geografi Unpatti, 1(3), 227-232. https://doi.org/10.30598/jpguvol1iss3pp227-232

Oktariani & Ekadiansyah. (2020). Peran Literasi Dalam Pengembangan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan Psikologi dan Kesehatan, 1(1), 23-33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (Nomor 103 Tahun 2014). Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar.

Putri, I., dkk. (2021). Penerapan Model PBL Berbasis STEAM Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 106-117.

Rosyid, M.Z., dkk. (2019). Prestasi Belajar. Malang: Literasi Nusantara Abadi.

Rusmana. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo

Sukmadinata, N.S., dkk. (2006). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah: Konsep, Prinsip dan Instrumen, (Bandung: Refika Aditama, 2006)

Syardiansyah. (2007). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 5(1), 440-448.

Triyono, A. (2020). Pengantar Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: Deepublish.

Utami, T.S., dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 02 Manokwari (Studi Pada Materi Pokok Konsep Laju Reaksi). ARFAK CHEM: Chemistry Education Journal, 1(1), 21-26.

Warsono. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Model Pembelajaran Discovery Melalui Supervisi Akademik Model Cooperative Professional Development (CPD) Pada Guru Fisika Binaan. Jurnal Pendidikan, XI(2).