Meningkatkan Minat Belajar dan Prestasi Mata Pelajaran Ekonomi Materi Perpajakan Menggunakan Cara Pembelajaran Berbasis Masalah
Abstrak
Pembelajaran ekonomi metode ceramah dan media minim. Penelitian bertujuan meningkatkan minat belajar dan prestasi mata pelajaran Ekonomi pada materi Perpajakan dengan model Problem Based Learning (PBL). Dengan model PBL ini diharapkan minat dan prestasi belajar peserta didik meningkat, nilai yang mereka raih tuntas atau KKM minimal 75. Jika kurang dari 75 maka tidak tuntas. Pra siklus, belum menggunakan model PBL. Kompetensi dalam materi perpajakan menunjukkan nilainya 22.22% yang tuntas 8 dan yang belum tuntas 28 peserta didik atau 77.78%. Sesudah menggunakan PBL pada siklus 1 persentase ketuntasan 66.67% yang tuntas 24 dan yang tidak 12. Siklus 2 ketuntasan 94.44%, yang tuntas 34 dan yang tidak 2 peserta didik. Terlihat kalau pelaksanaan tindakan kelas dari tiap siklus mengalami peningkatan hasil belajar. Peningkatan prestasi belajar ini menunjukkan kalau penerapan metode PBL efektif diterapkan dalam pembelajaran ekonomi. Dari tabel pengisian angket minat peserta didik terhadap pelajaran ekonomi disimpulkan peserta didik berminat pada siklus 1 sejumlah 1.85% dan pada siklus 2 sejumlah 43.52%.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Ririn Kusumawardani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

