Peningkatan Kompetensi Menulis Teks Laporan Bahasa Indonesia melalui Media Gambar Seri bagi Peserta Didik Tunarungu

  • Sudarmi Sudarmi SLB Bhakti Pertiwi, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi menulis teks laporan pada peserta didik tunarungu menggunakan media gambar seri. Subjek penelitian adalah 3 peserta didik kelas VI SDLB/B di SLB Bhakti Pertiwi. Kompetensi yang ditingkatkan adalah menulis teks laporan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi teks laporan tentang energi alternatif bio-solar dari kelapa sawit. Pada setiap pertemuan dilakukan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data terdiri dari observasi aktivitas belajar peserta didik dan tes kompetensi menulis teks laporan. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri telah terbukti dapat meningkatkan kompetensi menulis teks laporan peserta didik tunarungu kelas VI SDLB/B di SLB Bhakti Pertiwi. Hal ini dapat ditinjau dari perolehan data yakni pada pra siklus diperoleh nilai 56,6, selanjutnya meningkat menjadi 69 pada siklus I dan meningkat menjadi 84 pada siklus II. Dengan demikian, hasil yang diperoleh pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan tindakan yang telah ditentukan yakni sebesar 75. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa media gambar seri membuat peserta didik lebih aktif, partisipatif dan dapat meningkatkan kompetensi menulis teks laporan.

Kata Kunci: media gambar seri, teks laporan, energi alternatif bio-solar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-08-08
Bagaimana cara mengutip:
Sudarmi, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Menulis Teks Laporan Bahasa Indonesia melalui Media Gambar Seri bagi Peserta Didik Tunarungu. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 274-280. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.391
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 271 times
PDF downloaded: 293 times

Referensi

Haenudin. (2013). Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Luxima.

Hendracipta, N., Syachruroji, A., & Hermawilda, H. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan Srategi Inkuiri Dengan Strategi Ekspositori. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 33. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i1.1137

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.

Kemdikbud. (2016). Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud.

Nyoman, K. D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantu Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Technology, 3(4), 278–285. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/22364

Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dan Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 1. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.1441

Pujiastuti, A. U., Agustin, I., & Mizan, S. (2018). Analysis Writing Skills of Students With Hearing Disabilities At Inclusive Elementary School. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(1), 1. DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v4i1.12198

Rahmah, F. N. (2018). Problematika Anak Tunarungu Dan Cara Mengatasinya. Quality, 6(1), 1. DOI: https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744

Sanjaya, W. (2017). Perencanaan Dan Desain System Pembelajaran. Rineka Cipta.

Septiana, M. W. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Picture and Picture dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Persebaran Sumber Daya Alam dan Pemanfaatannya dalam Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/12448

Seran, E. Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/PAUD/article/view/606

Setyaningsih, N., & Widajati, W. (2018). Implementasi Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Sederhana Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–12. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/23627/21602

Suhertuti, L. M. &. (2018). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. PT. Remaja Rosdakarya.

Trismanto. (2017). Keterampilan Menulis dan Permasalahannya. Jurnal Bangun Rekaprima, 03(9), 62–67. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/764/648

Umaya, E. I. & F. (2017). Belajar Bahasa di Kelas Awal. Ombak.

Warso, A. W. D. D. (2018). Cara Mudah Melakukan Penelitian Tindakan Kelas & Cara Menghitung Nilai Angka Kreditnya. Graha Cendikia.

Widodo, A., Indraswati, D., & Royana, A. (2020). Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolsh Dasar. Jurnal Magistra, 11(1), 1. DOI: https://doi.org/10.31942/mgs.v11i1.3457