Peningkatan Motivasi Belajar Kebugaran Jasmani melalui Model Circuit Training Berbantuan Video Pembelajaran

  • Soemaryoto Soemaryoto SMA Negeri 3 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan   motivasi   belajar   siswa   melalui   model circuit training berbantuan video pembelajaran (vidjar) materi Kebugaran Jasmani XI IPS SMAN 3 Yogyakarta semester 2 tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah kelas XI IPS dengan 35 siswa. Penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian meliputi angket, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif untuk menjelaskan hasil perhitungan angket motivasi siswa pada tiap aspek selama 2 siklus. Hasil penelitian menyimpulkan: Pertama, tahapan pelaksanaan penelitian yang dilakukan yaitu 1) Menyiapkan tempat, alat-alat, 2) Penjelasan circuit training, 3) Penjelasan teknik gerakan tiap pos, 4) Melakukan gerakan berbeda-beda dan bervariasi di tiap pos, 5) Melakukan latihan circuit training secara urut, 6) Melakukan latihan circuit training sesuai waktu (initial time), 8) Initial time sebagai target waktu yang akan dicapai kemudian, 9) Penguatan circuit training dari guru, 10) Evaluasi, penutup. Kedua, model circuit training berbantuan vidjar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan capaian: 1) siklus 1 siswa dengan kategori tinggi 25,71%, kategori sangat tinggi 2,86 %, sehingga ketercapaian sebesar 28,57% atau belum mencapai indikator keberhasilan; 2) siklus 2, persentase siswa dengan motivasi tinggi sebesar 28,57% dan sangat tinggi 48,57% atau total ketercapaian 77,14%. Hasil ini menunjukkan tindakan telah melampaui indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu ≥75% siswa mencapai kategori tinggi. Dapat disimpulkan metode circuit training efektif untuk meningkatkan motivasi belajar pada materi Kebugaran Jasmani.

Kata Kunci: circuit training, kebugaran jasmani, motivasi, video pembelajaran

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-10-04
Bagaimana cara mengutip:
Soemaryoto, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Kebugaran Jasmani melalui Model Circuit Training Berbantuan Video Pembelajaran. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 112-119. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.389
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 444 times
PDF downloaded: 515 times

Referensi

Almy, M. A., & Sukadiyanto, S. (2014). Perbedaan pengaruh circuit training dan fartlek training terhadap peningkatan VO2Max dan indeks massa tubuh. Jurnal Keolahragaan, 2(1), 59-68.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Fikri, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Metode Latihan Sirkuit Dalam Pembelajaran Penjasorkes Di SMA Negeri 1 Lubuklinggau. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 3(1), 89-102. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i1.736

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Mirwansyah, D. R. (2020). Pengaruh Latihan Sirkuit Training Terhadap Gerakan Handspring Untuk Atlet Junior Senam Artistik Di Kota Semarang. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 1(1), 166-173.

Mutaqin, L. U. (2018). Upaya meningkatan kebugaran jasmani melalui circuit training. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 14(1), 1-10.

Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 110-116.

Pandiangan, A. P. B. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.

Rahman, F. J. (2018). Peningkatan daya tahan, kelincahan, dan kecepatan pada pemain Futsal: studi eksperimen metode circuit training. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2), 264-279. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v4i2.12466

Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi program pembelajaran: panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.

Zaeriyah, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Project Based Learning (PjBL) melalui Media Vlog Materi Senam Aerobik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 40-46. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.291