Peningkatan Motivasi Belajar Kebugaran Jasmani melalui Model Circuit Training Berbantuan Video Pembelajaran
Abstrak
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model circuit training berbantuan video pembelajaran (vidjar) materi Kebugaran Jasmani XI IPS SMAN 3 Yogyakarta semester 2 tahun pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah kelas XI IPS dengan 35 siswa. Penelitian dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen penelitian meliputi angket, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif untuk menjelaskan hasil perhitungan angket motivasi siswa pada tiap aspek selama 2 siklus. Hasil penelitian menyimpulkan: Pertama, tahapan pelaksanaan penelitian yang dilakukan yaitu 1) Menyiapkan tempat, alat-alat, 2) Penjelasan circuit training, 3) Penjelasan teknik gerakan tiap pos, 4) Melakukan gerakan berbeda-beda dan bervariasi di tiap pos, 5) Melakukan latihan circuit training secara urut, 6) Melakukan latihan circuit training sesuai waktu (initial time), 8) Initial time sebagai target waktu yang akan dicapai kemudian, 9) Penguatan circuit training dari guru, 10) Evaluasi, penutup. Kedua, model circuit training berbantuan vidjar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan capaian: 1) siklus 1 siswa dengan kategori tinggi 25,71%, kategori sangat tinggi 2,86 %, sehingga ketercapaian sebesar 28,57% atau belum mencapai indikator keberhasilan; 2) siklus 2, persentase siswa dengan motivasi tinggi sebesar 28,57% dan sangat tinggi 48,57% atau total ketercapaian 77,14%. Hasil ini menunjukkan tindakan telah melampaui indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu ≥75% siswa mencapai kategori tinggi. Dapat disimpulkan metode circuit training efektif untuk meningkatkan motivasi belajar pada materi Kebugaran Jasmani.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Soemaryoto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

