Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Masalah Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran audiovisual berbasis masalah berbantuan Google Classroom yang valid, praktis, dan efektif dengan materi pertidaksamaan rasional dan irasional dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 6 Yogyakarta di semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa audiovisual memenuhi persyaratan yang sangat baik untuk kualitas materi dan media berdasarkan evaluasi ahli dan penilaian. Selain itu, hasil kelompok kecil dan kelompok uji lapangan menunjukkan bahwa nilai dan standar audiovisual yang tinggi. Kegunaan audiovisual dinilai saat ini menggunakan uji lapangan, yang menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara nilai rata-rata pada pretest dan posttest setelah penggunaan audiovisual. Selain itu, kemampuan berpikir kritis siswa tumbuh 55,25 persen dengan kriteria sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa audiovisual berbasis masalah berbantuan google classroom dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2022 Etyk Widjajanti Soedarnadi, Dwi Sulisworo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

