Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi melalui PBL Berbantuan Video Tutorial

  • Anik Rahmawati Wahyuningsih SMK Negeri 2 Klaten, Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Selama masa pandemi Covid 19, pembelajaran dilakukan secara daring, materi pelajaran diunggah di kelas teams, kemudian disampaikan dengan metode ceramah melalui meeting online. Dengan cara ini, keaktifan dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan keaktifan dan hasil belajar peserta didik, dengan target pencapaian hasil belajar 85% mencapai nilai KKM 70 dan 70% peserta didik memiliki keaktifan dalam kategori baik. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Klaten pada kelas XI DPIBB yang berlangsung dalam 2 siklus. Data hasil belajar diperoleh dari tes tulis, sedangkan data keaktifan peserta didik diperoleh dari kuesioner dan pengamatan. Untuk memperoleh data-data tersebut, penulis menggunakan berbagai media online, yaitu dengan google formulir, grup whatsapp, email, kelas teams dan channel youtube. Materi pelajaran dikemas dalam bentuk video tutorial dan diunggah di channel youtube, kemudian tautannya diberikan kepada peserta didik. Validasi data menggunakan validasi isi yang dilakukan melalui verifikasi kuesioner dan soal tes tulis oleh rekan guru. Data yang sudah diperoleh dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif yang membandingkan antara kondisi awal, dengan kondisi setelah tindakan. Hasil penelitian: (1) Setelah tindakan, peserta didik yang memiliki keaktifan dalam kategori baik sebanyak 77,7%, dan prosentase peningkatan keaktifan peserta didik adalah sebesar 64,44%. (2) Setelah tindakan, 86,11% peserta didik dapat mencapai nilai KKM dan prosentase rata-rata peningkatan hasil belajar adalah 9,57%. (3) Problem Based Learning (PBL) berbantuan video tutorial dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci: hasil belajar, keaktifan, problem based learning, video tutorial

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Anik Rahmawati Wahyuningsih, SMK Negeri 2 Klaten, Jawa Tengah

Anik Rahmawati Wahyuningsih, adalah seorang guru di SMK Negeri 2 Klaten, pada Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan.  Meraih gelar Sarjana Teknik Arsitektur dari Universitas Sebelas Maret pada tahun 1997 dan pada tahun 2013 mendapatkan gelar Magister Teknik dari Jurusan Teknik Sipil Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Diterbitkan
2022-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Wahyuningsih, A. R. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi melalui PBL Berbantuan Video Tutorial. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 235-242. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.380
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 220 times
PDF downloaded: 175 times

Referensi

Abdurrahman, Mulyono. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arif Ediyanto. (2011). Penerapan BUS MICRULED Dengan POINT+ Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Kemampuan Kreatif Matematis Pada Materi Geometri Peserta Didik Kelas XI MM SMK Negeri 1 Kendal.

Danang, Anikan F. (2014). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Melalui Flip Book Sebagai Media Pembelajaran Mandiri Pada Pelajaran Seni Tari Untuk Siswa SMA/MA. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas Dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-Contohnya. Yogyakarta: Gava Media.

Leary, Heather M. (2012). Self Directed Learning in Problem-Based Learning versus Traditional Lecture-Based Learning: A Meta-Analysis. Utah: Utah State University.

Lefudin. (2014). Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Mahmud, Adi F. (2020). Teori Belajar Dan Model Pembelajaran Inovatif, Perspektif Teori Dan Praktis. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Mudjiono dan Dimyati. (2006). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Muri, Yusuf. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Penerbit Kencana.

Nafiah, Yunin Nurun & Suyanto, Wardan. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125-143. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540

Prastowo, Andi. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Penerbit DIVA Press.

Sinar. (2018). Metode Aktif Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Subyantoro. (2019). Penelitian Tindakan Kelas, Metode, Kaidah Penulisan Dan Publikasi. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Trianto. (2013). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Wibawanto, Wandah. (2017). Desain Dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.

Wulandari, Bekti, & Surjono, Herman Dwi. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar PLC Di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–91. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600.

Zainal Aqib. (2014). Model-Model, Media Dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: Penerbit Yrama Widya.