Konten Video Matematika Youtube untuk Optimalisasi Blended Learning dengan Strategi Asesmen Berbasis Aplikasi Moodle
Abstrak
Pembelajaran online maupun tatap muka (blended learning) membutuhkan dukungan optimalisasi capaian kompetensi siswa serta pilihan alternatif model asesmen yang objektif, praktis, dan efektif dalam mengukur capaian hasil belajar siswa secara valid. Penulisan best practice ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan, pertama mendeskripsikan penggunaan konten video pembelajaran matematika pada akun media sosial youtube untuk mendukung optimalisasi capaian kompetensi siswa. Kedua, mendeskripsikan model asesmen online pada mata pelajaran matematika berbasis aplikasi moodle. Ketiga, mendeskripsikan kemudahan penerapan pembelajaran dan penilaian tersebut dari sisi kepraktisan bagi guru maupun aksesibilitas bagi siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan dokumentasi dan observasi terhadap sistem pembelajaran dan penilaian yang sudah dipakai selama ini serta wawancara terhadap waka kurikulum, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan konten youtube berupa video pembelajaran matematika dapat mendukung optimalisasi capaian kompetensi siswa. Asesmen matematika online berbasis aplikasi moodle berbentuk multiple choice dapat menampilkan soal yang random secara variatif yaitu acak soal dari bank soal, acak nomor soal, dan acak opsi jawaban. Pembuatan konten video secara mudah dan praktis menggunakan aplikasi powerpoint dan active presenter kemudian diunggah di akun media sosial youtube. Model penilaian online mudah dan praktis digunakan pada semua mata pelajaran dengan bantuan aplikasi examview dan dapat diterapkan pada penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, dan ujian sekolah.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2022 Wachid Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

