Konten Video Matematika Youtube untuk Optimalisasi Blended Learning dengan Strategi Asesmen Berbasis Aplikasi Moodle

  • Wachid Nugroho SMK Negeri 2 Salatiga, Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah,  Indonesia

Abstrak

Pembelajaran online maupun tatap muka (blended learning) membutuhkan dukungan optimalisasi capaian kompetensi siswa serta pilihan alternatif model asesmen yang objektif, praktis, dan efektif dalam mengukur capaian hasil belajar siswa secara valid. Penulisan best practice ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan tujuan, pertama mendeskripsikan penggunaan konten video pembelajaran matematika pada akun media sosial youtube untuk mendukung optimalisasi capaian kompetensi siswa. Kedua, mendeskripsikan model asesmen online pada mata pelajaran matematika berbasis aplikasi moodle. Ketiga, mendeskripsikan kemudahan penerapan pembelajaran dan penilaian tersebut dari sisi kepraktisan bagi guru maupun aksesibilitas bagi siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan dokumentasi dan observasi terhadap sistem pembelajaran dan penilaian yang sudah dipakai selama ini serta wawancara terhadap waka kurikulum, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan konten youtube berupa video pembelajaran matematika dapat mendukung optimalisasi capaian kompetensi siswa. Asesmen matematika online berbasis aplikasi moodle berbentuk multiple choice dapat menampilkan soal yang random secara variatif yaitu acak soal dari bank soal, acak nomor soal, dan acak opsi jawaban. Pembuatan konten video secara mudah dan praktis menggunakan aplikasi powerpoint dan active presenter kemudian diunggah di akun media sosial youtube. Model penilaian online mudah dan praktis digunakan pada semua mata pelajaran dengan bantuan aplikasi examview dan dapat diterapkan pada penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, dan ujian sekolah.

Kata Kunci: aplikasi digital, asesmen online, pembelajaran campuran, video youtube

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Wachid Nugroho, SMK Negeri 2 Salatiga, Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah

Penulis adalah guru matematika di SMK Negeri 2 Salatiga yang lahir di Sleman pada tanggal 15 November 1979. Penulis menyelesaikan jenjang sarjana di Fakultas Filsafat UGM tahun 2003 dan FMIPA program studi Matematika UNY tahun 2004, sedangkan program pascasarjana program studi Manajemen Pendidikan diselesaikan di UNNES tahun 2016. Untuk berinteraksi dengan penulis bisa melalui nomor HP/whatsApp/ telegram 081578841678, email wachidnugroho1979@gmail.com atau wachidnugroho@smkn2salatiga.sch.id, juga bisa melalui beberapa media sosial berikut, akun instagram @nugrohowachid, akun twitter @wachidn, akun FB Wachid Nugroho atau akun youtube  https://youtube.com/c/wachidnugroho

Penulis aktif secara sosial kemasyarakatan sebagai anggota BPD Candirejo, Tuntang, Kabupaten Semarang dan aktif juga sebagai anti-coruption collaborator yang siap memberikan penyuluhan nilai-nilai integritas serta penumbuhkembangan nilai-nilai karakter (jujur, disiplin, mandiri, sederhana, tanggung jawab, kerja keras, peduli, berani, adil) di kalangan generasi muda peserta didik (dunia pendidikan) pada khususnya serta kalangan masyarakat umumnya.

 

Diterbitkan
2022-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Nugroho, W. (2022). Konten Video Matematika Youtube untuk Optimalisasi Blended Learning dengan Strategi Asesmen Berbasis Aplikasi Moodle. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 139-148. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.373
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 802 times
PDF downloaded: 522 times

Referensi

Adri, F. M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Blended Learning. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(1), 110. https://doi.org/10.29210/3003875000

Ahmad, I. F. (2020). Asesmen Alternatif dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) di Indonesia. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 7(1), 195–222. https://doi.org/10.33650/pjp.v7i1.1136

Arham, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran. Academia Education, 1–13.

Asria, L., Sari, D. R., Ngaini, S. A., Muyasaroh, U., & Rahmawati, F. (2021). Analisis Antusiasme Siswa dalam Evaluasi Belajar Menggunakan Platform Quizizz. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–17. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.1-17

Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. Al Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Bungsu, T. kurniawan, Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika di SMK Negeri 1 Cihampelas. Journal on Education, 01(02), 382–389.

Doolittle, A. E. (2002). Classroom Assessment: What Teachers Need to Know (Second Edition). In Journal of Educational Measurement (Vol. 39, Issue 1). https://doi.org/10.1111/j.1745-3984.2002.tb01136.x

Fadli, M. Z., & Hidayati, R. N. (2020). Penilaian Ranah Afektif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Aplikasi Whatsapp Group. Journal of Islamic Education Policy, 5(2), 99–110. https://doi.org/10.30984/jiep.v5i2.1351

Fitri, R., Mustika, H., & I. F. Aprilian. (2022). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI MA. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 79-91

Gusti, A. R., Afriansari, Y., Sari, D. V., & Walid, A. (2020). Penilaian Afektif Pembelajaran Daring IPA Terpadu dengan Menggunakan Media Whatsapp. Diffraction, 2(2), 65–73. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction/article/view/2411

Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa dalam Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541.

Jamaliyah, R., & Wulandari, N. F. (2022). Implementasi Video Pembelajaran Berbasis E-Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN Purworejo. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 41-51

Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Tantangan dan Strategi Pembelajaran Matematika di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Dampak dari Covid-19. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, 58, 215–220.

Kusaeri. (2020). Reorientasi Penilaian Pembelajaran Matematika: Dulu, Kini dan Mendatang. Orasi Ilmiah Pengukuhan Guru Besar UIN Sunan Ampel Surabaya

Lasabuda, N. E. (2017). Pengembangan Media Youtube dalam Pembelajaran Matematika (Suatu Penelitian di SMK Kesehatan Bakti Nusantara Gorontalo). Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 2(2), 270–275.

Ngurah Diksa, I. G. B. (2021). Peramalan Gelombang Covid 19 Menggunakan Hybrid Nonlinear Regression Logistic – Double Exponential Smoothing di Indonesia dan Prancis. Jambura Journal of Mathematics, 3(1), 37–51. https://doi.org/10.34312/jjom.v3i1.7771

Nugroho, W. (2020). Pendekatan Inquiry Model Drill and Practice Berbasis Aplikasi Moodle Berbantuan Video Youtube untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Limit Fungsi. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 70–80.

Nugroho, W. (2021a). Kesadaran Siswa terhadap Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Virtual Trigonometri. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(2), 221–236.

Nugroho, W. (2021b). Pendekatan Blended Learning Model Class Demonstration untuk Mengatasi Kesulitan Belajar dan Meningkatkan Prestasi Belajar Fungsi Kuadrat dan Fungsi Komposisi. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 5(2), 113–131.

Nugroho, W. (2021c). Pendekatan Problem Based Learning Model Diskusi Kelompok Berbantuan Video YouTube untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 211–226. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/jmtk

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Pratikto, F. R. (2020). Prediksi Akhir Pandemi COVID-19 di Indonesia dengan Simulasi Berbasis Model Pertumbuhan Parametrik. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 9(2), 63–68. https://doi.org/10.26593/jrsi.v9i2.4018.63-68

Prisuna, B. F. (2020). Pengembangan Media Tes Fisika Berbasis Online untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 13(1), 41–51.

Purnomo, Y. W. (2015). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Penilaian dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 182–191. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4823

Rachmawati, R., & Kurniawati, A. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Berbasis Mobile Online pada Prodi Pendidikan Matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 46. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.1891

Riyadi, R. A., Nur, M., & Ismayati, E. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis E-Learning Moodle dengan Model Pengajaran Langsung di SMKN 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 3(1), 61–70.

Sesanti, N. R., & Ferdiani, R. D. (2017). Assesment Pembelajaran Matematika. Yayasan Edelweis: Malang

Wahyudi, W., Rufiana, I. S., & Nurhidayah, D. A. (2020). Quizizz: Alternatif Penilaian di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 95–108. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3062

Wulandari, E. (2020). Analisis Konten Sumber Belajar Virtual Materi Statistika. Jumlahku: Jurnal Matematika Ilmiah, 6(2), 116–125.

Wulandari, E., & Nugroho, W. (2020). Sikap Siswa terhadap Video Pembelajaran Jarak Jauh Materi Statistika pada Media Sosial Youtube. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1–9. https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/10584

Yansa, H., & Retnawati, H. (2021). Identifikasi Praktik dan Hambatan Guru dalam Asesmen Kognitif Matematika di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Elemen, 7(1), 86–99. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.2585

Yanti, Y. A., Buchori, A., & Nugroho, A. A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran Flipped Classroom di Sekolah Menengah Kejuruan. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 381–392. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.486