Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada Pembelajaran Matriks
Abstrak
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ B dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Implementasi pengajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dilakukan mulai dari tanggal 3 April 2019 hingga tanggal 29 Agustus 2019. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X TKJ B SMKN 1 Pleret yang diikuti oleh 31 siswa. Akumulasi data ini dilaksanakan melalui observasi dan tes yang dilakukan di awal maupun di akhir pada saat pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari empat tingkatan yang harus dilakukan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan analisa datanya berupa data deskriptif, kuantitatif dan kualitatif. Untuk penilaian hasil observasi guru peneliti (kolaborator) pada siklus I sebesar 79,17 % dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 95,83 %. Untuk penilaian dari aspek sikap pada siklus I sebesar 71,77% terjadi menjadi 81,45% pada siklus II dengan siswa masuk dalam kategori sangat aktif. Untuk hasil penelitian dari aspek kognitif pada masa pra siklus nilai rata-rata hanya 6,45% terjadi peningkatan menjadi sebesar 77,42% dan ketercapaian dari pembelajaran secara klasikal telah melebihi dari ketentuan indikator keberhasilan nilai rata rata 75%, melihat kenyataan ini dapatlah ditarik suatu kesimpulan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas X TKJ B SMKN 1 Pleret.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Suismanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

