Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada Pembelajaran Matriks

  • Suismanto Suismanto SMK Negeri 1 Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKJ B dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Implementasi pengajaran dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dilakukan mulai dari tanggal 3 April 2019 hingga tanggal 29 Agustus 2019. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas X TKJ B SMKN 1 Pleret yang diikuti oleh 31 siswa. Akumulasi data ini dilaksanakan melalui observasi dan tes yang dilakukan di awal maupun di akhir pada saat pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari empat tingkatan  yang harus dilakukan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan analisa datanya berupa data deskriptif, kuantitatif dan kualitatif. Untuk penilaian hasil observasi guru peneliti (kolaborator) pada siklus I sebesar 79,17 % dan pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 95,83 %. Untuk penilaian dari aspek sikap pada siklus I sebesar 71,77% terjadi menjadi 81,45% pada siklus II dengan siswa masuk dalam kategori sangat aktif. Untuk hasil penelitian dari aspek kognitif pada masa pra siklus nilai rata-rata hanya 6,45% terjadi peningkatan menjadi sebesar 77,42% dan ketercapaian dari pembelajaran secara klasikal telah melebihi dari ketentuan indikator keberhasilan nilai rata rata 75%, melihat kenyataan ini dapatlah ditarik suatu kesimpulan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas X TKJ B SMKN 1 Pleret. 

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif jigsaw, hasil belajar, matriks

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-10-04
Bagaimana cara mengutip:
Suismanto, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada Pembelajaran Matriks. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 31-39. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.371
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 663 times
PDF downloaded: 387 times

Referensi

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aronsons, E. (2015). Metode pembelajaran Kooperatif Jigsaw (Model Team Ahli). https://idtesis.com/metode-pembelajaran-jigsaw-model-team ahli/

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Jihad. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kusaeri. (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Muchayat, M. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Distribusi Normal melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 67-74. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.177

Nasruddin. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa SMP. https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Pujiasih, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Membaca Teks Recount dengan Model Pembelajaran Jigsaw melalui Gambar “Sungai Kehidupan”. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 161-168. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.187

Rahayu, S. (2017). Meningkatkan Prestasi Belajar Sosiologi Dengan Metode Jigsaw dan Team Game Tournament. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 2(1), 54-62. Diambil dari https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/25

Rahmat. (2010). Pengantar Pendidikan: Teori dan Aplikasi. Bandung: Manajemen Qolbun Salim.

Sardiman, A.M. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Siti, H. (2019). Efektivitas Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw di kelas X TAV SMK Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 64-65. https://journal,ipts.ac.id/index.php/MathEdu

Sulaiman. (2018). Berpikir Kritis Mendorong Introduksi dan Reformasi Konsep Dalam Psikologi Islam. Buletin Psikologi, 26(2), 86-96. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38660

Suryono dan Hariyanto. (2014). Belajar dan Pengajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia. (Nomor 20 Tahun 2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional.