Penerapan Strategi Graphic Organizer Venn Diagram untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi

  • Ayu Herawati SMA Negeri 2 Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi peserta didik. Strategi yang digunakan adalah strategi Graphic Organizer-Venn Diagram. Strategi Graphic Organizer-Venn Diagram ini mendorong peserta didik untuk mengidentifikasi karakteristik objek yang akan diobservasi untuk dijadikan bahan data dalam menulis teks laporan hasil observasi. Karakteristik objek yang telah diidentifikasi kemudian dituliskan ke dalam diagram venn sesuai dengan langkah yang ditetapkan. Diagram venn berisi fakta inilah yang digunakan peserta didik sebagai bahan menulis teks laporan hasil observasi. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas X MIPA 2, SMA Negeri 2 Wates, Kulon Progo, Yogyakarta. Pada siklus I, hasil tindakan menunjukkan bahwa 9 dari 36 peserta didik atau sekitar 25% yang memperoleh nilai sesuai kriteria keberhasilan. Peserta didik yang termotivasi selama pembelajaran sebanyak 25% dari jumlah peserta didik atau sebanyak 9 orang. Pada siklus II, hasil penelitian menunjukkan bahwa 80% peserta didik merasa bahwa pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan strategi Graphic Organizer-Venn Diagram menarik dan menyenangkan. Keterampilan menulis teks laporan hasil observasi peserta didik juga meningkat setelah diterapkannya strategi ini, seluruh siswa dalam kelas memperoleh nilai lebih dari 75, jika dipersentase sebanyak 100% peserta didik pada siklus II ini telah mencapai kriteria keberhasilan.

Kata Kunci: graphic organizer-venn diagram, laporan hasil observasi, keterampilan menulis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Herawati, A. (2022). Penerapan Strategi Graphic Organizer Venn Diagram untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 221-228. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.365
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 346 times
PDF downloaded: 493 times

Referensi

Astuti, L. S. dan Siti J. (2021). Pengaruh Diagram Venn dan Relasi Dalam Meningkatkan Pemahaman Sistem Basis Data. SAP (Susunan Artikel Pendidikan). 5(3), 285-292. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i3.7717

Helaluddin. (2016). Penerapan Strategi ‘Catalisting’ dalam Menulis Paragraf Prosesual. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3(2), 216-228. DOI: http://dx.doi.org/10.15408/dialektika.v3i2.5185

Indriyastuti, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Descriptive Text dengan Menggunakan Media Magic Card pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas X. Lensa: Kajian Kesusastraan, Kebahasaan, dan Budaya. 8(1), 56-74. DOI: https://doi.org/10.26714/lensa.8.1.2018.56-74

Londa, A. H., Yuliana Y. M., dan Berty S. (2018). Penggunaan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA. Journal of Elemantary School (JOES). 1(2), 113-120. DOI: https://doi.org/10.31539/joes.v1i2.359

Nisja, I., Lira Hayu A.M., dan Titiek Fujita Y. (2019). Perbandingan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dan Teks Eksposisi Menggunakan Model Pembelajaran STAD Berbasis Web. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5(2), 225-235. DOI: https://doi.org/10.22202/JG.2019.V5i2.3480

Sanjaya, W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.

Saputra, N. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Sudrajat, R.T. dan Dida Firmansyah. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Dengan Menggunakan Pendekatan Discovery Di Kelas X SMA XIX Kartika 1 Bandung. Semantik. 9(2), 157-162. DOI: https://doi.org/10.22460/semantik.v9i2.p157-162

Sunarti, I., Siti Samhati, dan Putri Elida Sari. (2018). Pengembangan Buku Panduan dalam Menulis Laporan Kegiatan Melalui Teknik Observasi pada Siswa. Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5(2), 146-158. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/dialektika/article/view/8249/pdf

Syafii, M.L. dan M. Zaini Miftah. (2020). Venn-diagram Strategy in EFL Class to Enhance Learners’ Writing Skill and Motivation. Journal on English as a Foreign Language, 10(1), 141-162. DOI: https://doi.org/10.23971/jefl.v10i1.1556

Wagirun dan Bambang Irawan. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menulis Teks Eksplanasi di Kelas XI SMA. Indonesian Language Education and Literature. 5(1), 74-85. DOI: https://doi.org/10.24235/ileal.v5i1.5033

Yulia, W. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi dengan Menggunakan Metode Field Trip. DIKSATRASIA, 1(2), 349-357.