Implementasi Metode Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Sosiologi Kompetensi Ketimpangan Sosial

  • Sutrisna Sutrisna SMA Negeri 1 Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Ketimpangan sosial merupakan materi sosiologi yang memerlukan kualitas pemahaman yang mendalam. Siswa harus memahami konsep dan penerapannya dalam kehidupan masyarakat. Untuk itu perlu metode pembelajaran yang lebih mengaktifkan siswa. Penelitian ini berupaya memberikan informasi tentang keaktifan dan hasil belajar Sosiologi. Dengan penelitian ini akan diketahui efektifitas metode everyone is a teacher here, keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus meliputi empat tahapan dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh informasi (1) penerapan metode Everyone is a Teacher Here berjalan dengan baik, (2) terjadi peningkatan keaktifan siswa pada aktivitas positif 37,37% mengalami kenaikan aktivitas positif menjadi 83,84%. (3) metode ini mampu meningkatkan hasil belajar Sosiologi pada kompetensi ketimpangan sosial sebesar 33,33%, dari 57,57 % menjadi 90,91%, dengan nilai rata-rata 67,88 menjadi 77,12 atau meningkat sebesar 9,24%. Dengan demikian melalui penerapan metode Everyone is a Teacher Here telah berhasil meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Sosiologi pada kompetensi ketimpangan sosial.

Kata Kunci: keaktifan, hasil belajar, ketimpangan sosial, metode everyone is a teacher here

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Sutrisna, S. (2022). Implementasi Metode Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Sosiologi Kompetensi Ketimpangan Sosial . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 197-205. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.354
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 412 times
PDF downloaded: 373 times

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dasim dkk. (2009). Pakem, Pembelajarn Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan Bandung: Genesindo.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi Melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9-19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Hisyam Zaini, Bermawy Munthe dan Aryani Sekar Ayu. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yoyakarta: Pustaka Insan Madani dan CTSD UIN Sunan Kalijaga.

Ismail, SM. (2009). Strategi Pembelajaran Agama Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.

Milawati, Pursitasari, I.D., dan Tangkas, I.M. (2014). Metode Everyone Is Teacher Here Pada Materi Ikatan Kimia Di Kelas X SMA N 1 Marawola. Jurnal Akademika Kimia, 3(2), 309-316. https://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JAK/article/view/7785/8602

Nana Sudjana. (2008). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Qomariyah, Siti. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di SMAN 3 Malang. Laporan Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sardiman. (2008). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Soekanto, Soerjono. (2007). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali.

Undang-undang RI No: 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yanti, P.D.K. (2017). Penerapan Metode Everyone is a Teacher Here (ETH) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPS Kelas VIII C SMP Negeri 2 Sukasada Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 177-187. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/20003/11953