Discovery Learning Berbantuan Virtual Chemistry Laboratory untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

  • Paulina Hendrajanti SMA Negeri 4 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Titrasi Asam Basa di kelas XI MIPA 1 SMAN 4 Yogyakarta dengan menerapkan model Discovery Learning berbantuan Virtual Chemistry Laboratory tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan mengadopsi model Kurt Lewin yang setiap siklusnya terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pelaksanaannya dua siklus dan tiap siklus terdiri dari dua kali pembelajaran daring. Subjek kegiatan ini adalah siswa kelas XI MIPA 1, dengan data awal hasil belajar pengetahuan dan ketuntasan klasikal di masa pandemi di bawah KKM. Alat/instrumen untuk pengumpulan data berupa lembar observasi, instrumen penilaian tes dan non tes, skala Likert, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pada siklus I hasil belajar aspek pengetahuan = 85,70%; aspek keterampilan = 88,16%; aspek sikap = 81,63 %; ketuntasan belajar klasikal = 94,44%, (2) Pada siklus II hasil belajar aspek pengetahuan = 86,44%; aspek keterampilan = 92,72%; aspek sikap = 83,19%; ketuntasan belajar klasikal = 94,44%.  Simpulan penelitian adalah penerapan Discovery Learning berbantuan Virtual Chemistry Laboratory sangat melibatkan aktivitas mental dan keterampilan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Titrasi Asam Basa di kelas XI MIPA 1 SMAN 4 Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021.

Kata Kunci: discovery learning, virtual chemistry laboratory, hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Paulina Hendrajanti, SMA Negeri 4 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Paulina Hendrajanti, lahir di Rembang pada tahun 1971. Lulus dari FPMIPA IKIP Negeri Yogyakarta Jurusan Pendidikan Kimia tahun 1995. Sekarang mengajar sebagai guru Kimia di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Selain menjadi pengajar, juga aktif dalam kepengurusan MGMP Kimia Kota Yogyakarta, PPSKI DIY, dan sebagai Duta Sains PPPPTK IPA.

Diterbitkan
2022-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Hendrajanti, P. (2022). Discovery Learning Berbantuan Virtual Chemistry Laboratory untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 188-196. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.353
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 371 times
PDF downloaded: 510 times

Referensi

Arikunto, Suharsimi dan Jabar, Cepi Safruddin Abdul. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Baruno, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Analisis pada Materi Genetik Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Terintegrasi Virtual Lab. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(2), 176-182. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i2.202

Djamarah, Syaiful Bahri & Aswan Zain. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jayadiningrat, Made Gautama, dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 3(2), 83-89.

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Roestiyah. (2012a). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Roestiyah. (2012b). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, Hanifah Kartika, dkk. (2019). Kontribusi Virtual Laboratory Pada Pembelajaran Titrasi Asam-Basa Dengan Predict-Observe-Explain Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan MIPA UIN Walisongo Semarang, vol (9) no (2).

Sudjana, Nana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus dkk. (2020). Kesiapan Dunia Pendidikan Menghadapi New Normal. IAIN Parepare Nusantara Press.

Susanto, Eko Budi. (2020). Penerapan Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Liberty.

Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Gaung Persada Press.

Trianto. (2010). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Yonny, Acep. dkk. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.