Pengembangan Handout Berbasis Qr Code
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout yang memiliki keterbatasan halaman namun mampu menjelaskan topik secara luas melalui pencantuman qr code pada materi hidangan kesempatan khusus untuk acara adat istiadat. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Four-D dari Thiagarajan dan Semmel. Tahapan yang dilakukan meliputi define, design, develop, dan disseminate. Define, tahapan cara menganalisis pembelajaran, peserta didik, konsep, tugas dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Design, tahapan dalam menghasilkan prototype produk yang akan dikembangkan. Develop merupakan tahap pengembangan untuk mengembangkan prototype handout berbasis qr code hingga valid dan layak dipakai. Disseminate, tahapan untuk mengetahui efektifitas pengembangan handout disebarkan secara luas. Metode pengumpulan data melalui instrumen hasil validasi ahli, observasi, wawancara, dan hasil tes tertulis. Data dianalisis melalui teknik triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan validasi ahli IT diperoleh skor 39 terletak pada interval 45 > X ≥ 37,5, ahli media diperoleh skor 42 terletak pada interval 45 > X ≥ 37,5, ahli materi diperoleh skor 53 terletak pada interval X ≥ 45, validasi guru mata pelajaran diperoleh skor 52 terletak pada interval X ≥ 45, respon peserta didik diperoleh skor 50,1 terletak pada interval X ≥ 45. Kesimpulan hasil penelitian dan pengembangan melalui R & D model 4-D handout berbasis qr code dalam kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran dan mampu meningkatkan prestasi belajar.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 dwi fitri winarni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

