Pengembangan Handout Berbasis Qr Code

  • Dwi Fitri Winarni SMK Negeri 6 Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout yang memiliki keterbatasan halaman namun mampu menjelaskan topik secara luas melalui pencantuman qr code pada materi hidangan kesempatan khusus untuk acara adat istiadat. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Four-D dari Thiagarajan dan Semmel. Tahapan yang dilakukan meliputi define, design, develop, dan disseminate. Define, tahapan cara menganalisis pembelajaran, peserta didik, konsep, tugas dan spesifikasi tujuan pembelajaran. Design, tahapan dalam menghasilkan prototype produk yang akan dikembangkan. Develop merupakan tahap pengembangan untuk mengembangkan prototype handout berbasis qr code hingga valid dan layak dipakai. Disseminate, tahapan untuk mengetahui efektifitas pengembangan handout disebarkan secara luas. Metode pengumpulan data melalui instrumen hasil validasi ahli, observasi, wawancara, dan hasil tes tertulis. Data dianalisis melalui teknik  triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan validasi ahli IT diperoleh skor 39 terletak pada interval 45 > X ≥ 37,5, ahli media diperoleh skor 42 terletak pada interval 45 > X ≥ 37,5, ahli materi diperoleh skor 53 terletak pada interval X ≥ 45, validasi guru mata pelajaran diperoleh skor 52 terletak pada interval X ≥ 45, respon peserta didik diperoleh skor 50,1 terletak pada interval X ≥ 45. Kesimpulan hasil penelitian dan pengembangan melalui R & D model 4-D handout berbasis qr code dalam kategori layak digunakan sebagai media pembelajaran dan mampu meningkatkan prestasi belajar.

Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, qr code, prestasi belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-08-02
Bagaimana cara mengutip:
Winarni, D. F. (2023). Pengembangan Handout Berbasis Qr Code. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 661-670. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.350
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 326 times
PDF downloaded: 238 times

Referensi

Afrianto, dkk. (2012). Pemanfaatan QR Code Sebagai Akses Cepat Verifikasi Ijazah UNIKOM. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SNASTIKOM)

Alya, Q. (2009). Kamus Bahasa Indonesia. Bandung: PT Indah Jaya Adipratama

Borg & Gall. (2003). Pengembangan Media Modul Cetak Untuk Kompetensi Memasang Perlengkapan Komputer Pada Bidang Keahlian Teknik Komputer Jaringan Kejuruan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Balai Latihan Kerja

Chikmah, L., Azhari, A., & Malik, M. S. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Hand Out Berbasis Kode Qr Dalam Materi Pengumpulan Data Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. FASHLUNA, 4(1), 1-9. https://doi.org/10.47625/fashluna.v4i1.418

Djemari, M. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta:Mitra Cendekia Press.

Hasan, F. (2015). Pemanfaatan Qr Code Scanner Untuk Aplikasi Penampil Data Koleksi Pamer Di Museum Negeri Sonobudoyo Berbasis Android. Skripsi Thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Hidayati, N. N., Suprapta , B., & Sulistyo, W. D. (2022). Desain Bahan Ajar Handout Qr Code Materi Kehidupan Mesolitik Gua Lawa Sampung. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 6(1), 50–57. https://doi.org/10.26740/jp.v6n1.p50-57

Nugraha & Munir. (2011). Konferensi Nasional Informatika – KNIF. Pengembangan Aplikasi QR Code Generator dan QR Code Reader dari Data Berbentuk Image.

Prastowo, A. (2011). Rancangan Hand Out Berbasis Peta Konseppada Materi Alat Indera Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. BioCONCETTA. 1(1), 79-82

Putra, N. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

______ (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

¬¬¬______. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Trianto. (2012). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Wati, Meliya. Rancangan Hand Out Berbasis Peta Konseppada Materi Alat Indera Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal BioConcetta, 1(1), 32-44. https://dx.doi.org/10.22202/bc.2015.v1i1.1524