Pemberdayaan Paguyuban Orang Tua Siswa untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa Kelas Khusus Olahraga

  • Jaka Tumuruna SMA Negeri 4 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Best practice ini bertujuan mendeskripsikan langkah-langkah dan hasil SMAN 4 Yogyakarta dalam memberdayakan Paguyuban Orang Tua Siswa (Potsis) guna meningkatkan motivasi dan prestasi siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Langkah-langkah pemberdayaan Potsis dilakukan dengan cara; (1) wali kelas; (2) kelas inspirasi, (3) kelas orang tua; (4) pertemuan khusus; (5) komunikasi dengan Whatsapp Group (WAG); dan (6) telepon atau Short Message Service (SMS). Berdasarkan hasil angket, diperoleh data bahwa Potsis mampu meningkatkan motivasi siswa KKO yang ditandai dengan meningkatnya prestasi siswa. Selain itu, pemberdayaan Potsis juga meningkatkan: (1) tanggung jawab, disiplin, semangat belajar, etika, dan ketuntasan belajar masing-masing sebesar 53,125%, 31,25%, 43,75%, 56,25%; dan 43,75%; (2) prestasi olahraga; (3) hasil ujian nasional; dan (4) lulusan yang diterima di perguruan tinggi negeri.

Kata Kunci: Paguyuban Orangtua Siswa, motivasi belajar, prestasi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Tumuruna, J. (2022). Pemberdayaan Paguyuban Orang Tua Siswa untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa Kelas Khusus Olahraga. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 124-130. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.344
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 427 times
PDF downloaded: 751 times

Referensi

Aritonang, Keke T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 10. Jakarta: Penabur.

Fajri, Rizqi Isnaeni. (2020). Pentingnya Dukungan Orangtua terhadap Motivasi Belajar pada Anak Usia Sekolah di Era 4.0 di Desa Rajagaluh Lor. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2. Cirebon: STAI Cirebin Press.

Gumilar, M., Anggi, S.L. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar terhadap Pretasi Belajar Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Kepelatihan Olahraga, 12. Makassar: Universitas Negeri Makassar Press.

Hasliah. (2021). Apresiasi Sastra Akhir Pekan Berbasis Paguyuban Kelas Alternatif Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Di SD Pertiwi Makassar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 112-122. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.18011

Kemndikbud. (2017). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 30 tentang Pelibatan Keluarga pada Penyelenggaraan Pendidikan, Jakarta: Kemendikbud.

Lina, P.R. (2015). Partisipasi Orang Tua Siswa dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SD N Panggang Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Yogyakarta: UNY Press.

Lutfiyati, Sri. (2020). Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik. Jurnal Kependidikan Islam, 10. Lampung: Raden Intan Press

Martin, A.J. (2001). The Student Motivation Scale: A tool for measuring and enhancing motivation. Australian Journal of Guidance and Counselling, 1, Australia: NSW Press.

Maryam, Muhammad. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 4. Aceh: ar-raniry Press.

Muhibbu, Abivian. (2020). Optimalisasi Layanan Bimbingan Karir dalam Meningkatkan Keterserapan Lulusan di SMAN 1 Gegesik. Prophetic: Professional, Emphathy, dan Islamic Counseling Journal, 3(1). Diakses dari https://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/prophetic/article/view/6959

Pramana, Lanang (2016) Peran Paguyuban Orang Tua Siswa Dalam Pengembangan Sekolah Melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Diakses dari http://repository.ump.ac.id, pada tanggal 10 Oktober 2018 pukul 22.12 WIB

Rarastiti. (2015). Pengaruh Peran Orangtua Motivasi Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SD Se-Gugus Sinduharjo Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Artikel. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta Press.

Rohmah, Noer. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia.

Rokim. (2020). Relasi Orang Tua dan Lembaga Pendidikan (Kajian atas Peran Paguyuban Kelas dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SD Kemala Bhayangkari 5 Lamongan). Akademika, 14(2), 237-244. https://doi.org/10.30736/adk.v14i02.445

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Zafar, Sidiq. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Kemampuan Interpersonel Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran., 3. Bandung: UPI Press.