Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Statistika melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Microsoft Excel

  • Wahyu Indriati SMA Negeri 2 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Kontrol guru terhadap aktivitas siswa selama pembelajaran pada proses pembelajaran daring adalah sangat terbatas. Interaksi yang terbatas dalam pembelajaran daring ini merupakan salah satu sebab siswa berkurang keaktifannya dalam pembelajaran sehingga baik proses maupun hasil pembelajaran menjadi terhambat. Subjek penelitian ini diambil dari siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 2 Yogyakarta dengan siswa berjumlah 36 orang terdiri 19 siswa perempuan dan 17 siswa laki-laki. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester gasal Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar statistika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dapat diupayakan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Microsoft Excel dalam pembelajaran statistika. Pada kondisi awal atau pra siklus keaktifan siswa memperlihatkan angka sebesar 54,75%, dan pada saat kondisi siklus I keaktifan siswa naik menjadi 72,80%, dan bertambah peningkatannya pada kondisi siklus II yaitu 80,21%. Sedangkan hasil belajar matematika siswa dari pra siklus (keadaan awal) dengan nilai rerata menunjukkan angka 76,19, meningkat menjadi 76,59 pada siklus I, dan bertambah peningkatannya pada siklus II menjadi 82,75.

Kata Kunci: keaktifan, hasil belajar, problem based learning

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-05-01
Bagaimana cara mengutip:
Indriati, W. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Statistika melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Microsoft Excel. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 157-163. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.321
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 803 times
PDF downloaded: 1376 times

Referensi

Arikunto, Suhardjono dan Supardi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Riadi. Amalia, J. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMPN 8 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 38-43.

Dimyati. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Eka Eismawati, Henny Dewi Kuswanti dan Elvira Hoesein Radia. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Mercumatika, 3(2).

Fitria, Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38-53.

Hamalik, Oemar. (2005). Psikologi Belajar Mengajar. Jakarta: Remaja Rosda Karya

Marni Mansur dan Astuti Salim. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA-Fisika Siswa kelas VIIC SMP Negeri 1 Ternate. Jurnal Sainstifika, 3(1).

Muchlisin Riadi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk. html.

Permendikbud No. 22 Tahun (2016) Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Suyanta. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Problem Base Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Kimia Siswa Kelas XI MIPA 3 SMAN 1 Bambanglipuro. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 109-114. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.119

https://www.silabus.web.id/teori-keaktifan-dalam-pendidikan/, diakses tanggal 14 Juli 2021 pukul 20.00 WIB

https://teknikelektronika.com/analisis-statistik-deskriptif-dengan-menggunakan-microsoft- excel/, diakses tanggal 14 Juli 2021 pukul 20.00 WIB

https://www.advernesia.com/blog/microsoft-excel/microsoft-excel-adalah/, diakses tanggal 15 Juli 2021 pukul 20.00 WIB

http://repository.unpas.ac.id/12753/4/BAB%20II.pdf diakses tanggal 15 Juli 2021 pukul 20.00 WIB