Kolaborasi Whatsapp dan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19

  • Dewi Rosiani SMK Negeri 1 Sewon,  Indonesia

Abstrak

Penelitian best practice ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan pembelajaran melalui kolaborasi aplikasi whatsapp dan quizizz (Whaqu) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan menjelaskan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dari hasil studi evaluasi awal dengan membagikan angket kepada 36 siswa kelas X MIPA 1 didapatkan 94% siswa lebih memilih WA sebagai sarana pembelajaran berbasis online dan untuk evaluasinya 58% siswa memilih quizizz. Kolaborasi Whaqu terbukti berhasil meningkatkan hasil belajar siswa dari upaya 1 yang semula hanya 64% siswa yang nilainya telah di atas KKM naik pada upaya 2 menjadi 83%, upaya 3 naik menjadi 92% upaya 4 naik menjadi 94% dan upaya 5 naik menjadi 100%. Selain itu, 36 siswa merespon bahwa kedua aplikasi (whatsapp dan quizizz) mudah digunakan, pelaksanaan lancar karena mudah diakses, dan efektif meningkatkan hasil belajar. Melalui pembelajaran Whaqu, karakter mereka terbangun seperti jujur, pantang menyerah, berusaha keras, mandiri, disiplin, dan menghargai waktu. Melalui kuis interaktif quizizz, siswa memiliki semangat untuk berusaha, pantang menyerah, dan mandiri untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Selain itu, menurut mereka, quizizz merupakan kuis interaktif yang tidak membosankan dan menarik dengan tampilan warna, animasi, musik yang membuat siswa tidak jenuh.

Kata Kunci: whatsapp, quizizz, hasil belajar, pandemi covid-19

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Dewi Rosiani, SMK Negeri 1 Sewon

Dewi Rosiani, S.Pd. M.Pd. Lahir di Tegal, 20 November 1981. Saat ini menjadi salah satu guru di SMK N 1 Sewon, Bantul sebagai guru Bahasa Indonesia. Lulusan S1 Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di UNY tahun 2005 dan melanjutkan studi S2 di UNNES dengan konsentrasi Kepengawasan Sekolah lulus tahun 2014.

Diterbitkan
2021-09-01
Bagaimana cara mengutip:
Rosiani, D. (2021). Kolaborasi Whatsapp dan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 257-264. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.304
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 572 times
PDF downloaded: 543 times

Referensi

Bahar, Ayunara. (2017). Membuat Kuis Interaktif Kelas dengan Quizizz. Dipetik tanggal 28 Mei 2020 dari http://www.ahzaa.net/2017/08/membuat-kuis-interaktif-kelas-dengan.html

Dahlal, Sohail. (2020). Using the WhatsApp Social Media Application for Active Learning. Journal of Educational Technology Systems, 49(2). https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0047239520928307

Dwi C, Brilliannur, dkk. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Trunojoyo Madura.

Google, Play. (2020). Whatsapp Messenger. Dipetik tanggal 2 Juni 2020 pada https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whatsapp&hl=in

Hamalik, Oemar. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Putera

Kemdikbud, (2020). SE Sekjen Kemendikbud No. 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). http://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/

Kemdikbud, (2020). SE Mendikbud No.4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Mudjiono, (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta.

Riyana, Cepi (2020). Konsep pembelajaran Online. Pustaka.ut.ac.id

Salsabila, Unik Hanifah, dkk. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jamb, 4(2).

Rosenberg, Hananel & Christa S. (2018). “WhatsApp, Teacher?” - Student Perspectives on Teacher-Student WhatsApp Interactions in Secondary Schools. Journal of Information Technology Education: Research, 17, 205-226.

Setyaningsih, Ulfa. (2020). Berhati-hatilah Pengguna Aplikasi Zoom. Dipetik tanggal 28 Mei dari https://mojok.co/terminal/berhatilah-hati-pengguna-aplikasi-zoom/

Suherli, dkk. (2017). Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Kemdikbud.

UNICEF. (2020). Pendidikan Anak Indonesia: Belajar Jarak Jauh dan Tinjauan Kesiapan Menuju Belajar Tatap Muka. Dipetik tanggal 28 Mei 2020 dari https://www.unicef.org/indonesia/id/media/8251/file

Wikimedia. (2020). Whatsapp. Dipetik tanggal 2 Juni 2020 pada https://id.wikipedia.org/wiki/WhatsApp