Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembuatan RPP Daring melalui Supervisi Akademik Teknik Perorangan
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam pembuatan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Daring. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah
dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa instrumen supervisi penilaian Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran di masa pandemi COVID-19 dan instrumen tanggapan guru. Subyek
penerima tindakan adalah guru SMK Negeri 1 Dlingo yang berjumlah 41 orang. Data yang terkumpul
dari instrumen penelitian tindakan sekolah ini disajikan dalam persentase pada setiap siklus,
kemudian dianalisis untuk membandingkan data setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pemberian tindakan supervisi akademik teknik perorangan dapat meningkatkan kompetensi
pedagogik guru dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran daring. Rata-rata peningkatan
kompetensi pedagogik guru dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada siklus
1 sebesar 67%, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 89%. Dari hasil Penelitian Tindakan
Sekolah ini dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik teknik perorangan dapat meningkatkan
kompetensi pedagogik guru dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran daring bagi guru
SMK Negeri 1 Dlingo.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2021 Rohmat Santosa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

