Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembuatan RPP Daring melalui Supervisi Akademik Teknik Perorangan

  • Rohmat Santosa SMK Negeri 1 Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam pembuatan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Daring. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah
dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa instrumen supervisi penilaian Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran di masa pandemi COVID-19 dan instrumen tanggapan guru. Subyek
penerima tindakan adalah guru SMK Negeri 1 Dlingo yang berjumlah 41 orang. Data yang terkumpul
dari instrumen penelitian tindakan sekolah ini disajikan dalam persentase pada setiap siklus,
kemudian dianalisis untuk membandingkan data setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pemberian tindakan supervisi akademik teknik perorangan dapat meningkatkan kompetensi
pedagogik guru dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran daring. Rata-rata peningkatan
kompetensi pedagogik guru dalam pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada siklus
1 sebesar 67%, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 89%. Dari hasil Penelitian Tindakan
Sekolah ini dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik teknik perorangan dapat meningkatkan
kompetensi pedagogik guru dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran daring bagi guru
SMK Negeri 1 Dlingo.

Kata Kunci: kompetensi pedagogik, RPP pembelajaran daring, supervisi akademik

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Rohmat Santosa, SMK Negeri 1 Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Rohmat Santosa, S. Pd., M. Si. lahir di Bantul pada 1 April 1970. Pendidikan SD Negeri Gunung Saren 2  (1983),  SMP Negeri Srandakan  (1986),  SMA Bopkri Bantul  (1989),  D.III Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta (1993) , A.III FIP IKIP Negeri Yogyakarta (1993), Sarjana Bimbingan Konseling Universitas Sriwijaya Palembang (2006), Pasca Sarjana Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (2014). Pengalaman kerja antara lain sebagai Guru  Seni Rupa dan Kriya SMK N 2 Kayu Agung  Sumatera Selatan (1994 s.d 2006), Guru Bimbingan dan Konseling SMA Negeri 1 Kretek Bantul (2007 s.d 2009), Guru Bimbingan dan Konseling SMK Negeri 1 Pleret (2009 s.d 2018), Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Dlingo (2018 s,d 2020), Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Sedayu (2020 s.d sekarang). Pengalaman berorganisasi antara lain: (1). Sekretaris MGBK SMK Kabupaten Bantul Periode 2016 s.d 2019. (2). Sekretaris ABKIN Cabang Kabupaten Bantul Periode 2019 s.d 2022. (3). Sekretaris MKKS SMK Kabupaten Bantul Periode 2020 s.d 2023.

Diterbitkan
2021-09-01
Bagaimana cara mengutip:
Santosa, R. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembuatan RPP Daring melalui Supervisi Akademik Teknik Perorangan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 339-347. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.293
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 407 times
PDF downloaded: 375 times

Referensi

Abdullah, R. (2016). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal. 4(1): 35-45

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT RIneka Cipta

Arikunto, S (2011).Penilaian dan Penelitian Bidang Bimbingan dan Konseling.Yogyakarta: Aditya Media.

Handarini, O. I., dan Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. 8(3): 496-503. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap

Hari Santoso, Nusyirwan. (2019). Bahan Ajar Pengantar Supervisi Akademik. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

Jamaluddin. (2019). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pendampingan Kegiatan Ekstra Kurikuler di SD Teladan Metro. Jurnal Penelitian Ilmiah. 3(2), 136-158

Lestari, Y. A., dan Purwanti, M. (2018). Hubugan Kompetensi Pedagogik, Profesional, Sosial dan kepribadian pada Guru Sekolah Nonformal X. Jurnal Kependidikan. 2(1), 197-208

LPPKS. (2020). Panduan Kerja Pengawas Sekolah di Masa Pandemi Covid-19. Jakarta. Retrieved from lppks.kemdikbud.go.id, tanggal 8 Juli 2020

Mukhid, A. (2007). Meningkatkan Kualitas Pendidikan melalui Sistem Pembelajaran yang Tepat. Tadris. 2(1): 121-133

Nurkholis (2013). Pendidikan dalam Upaya memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan. 1(1), 24-25

Rosilawati (2014). Supervisi Akademik dalam Upaya Peningkatan Motivasi Guru dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran. Jurnal PTS dan Kepeg.

Sahari. (2015). Pengaruh Pendidikan, Pelatihan, dan Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru di SMAN 1 Likupang. Jurnal Pendidikan Islam Iqrq’. 9(1): 62-65

Santoso, H., dan Nusyirwan. (2019). Bahan Ajar Pengantar Supervisi Akademik. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

Saripudin. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi Kompetensi Profesional Guru Bidang Kompetensi Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK. Invotec. 10(1): 67-88

Sunartini, F., V., dan Sohearto, T. N. E. D. (2012). Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik dan Kinerja Guru di Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo. Humanika. 16(1): 22-32

Sitompul, L. R. (2018). Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Program Studi Biologi UPHTeachers College pada PPL-3. Seminar Nasional Edusaintek FMIPA UNIMUS. 87-96

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis. 13(1): 100-110. Retrieved from https://journals.usm.ac.id/index.php/jreb

Sutopo. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Surjono, D. H. (2013). Membangun Course ELearning Berbasis Moodle. Yogyakarta: UNY Press.

Warsito, B. (2011). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh. Jakarta: Depdiknas Jurnal Teknodik. Retrieved from www.pustekkom.go.id

Yanuarti, E. (2017). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru (Penyusunan RPP) melalui Supervisi Akademik. Tajdidukasi, 7(1), 65-75