Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Polimer

  • Sri Suciati SMK Negeri 1 Sanden,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui deskripsi penerapan  model  pembelajaran  self organized learning environments (SOLE) pada materi polimer untuk siswa kelas  X  RPL di SMK N 1 Sanden, 2) menguji peningkatkan pemahaman materi polimer melalui penerapan model  pembelajaran  self organized learning environments (SOLE) siswa kelas X RPL di SMK N 1 Sanden. Penelitian dilakukan di SMK N Sanden, dengan subjek penelitian kelas X RPL. Penelitian ini menggunakan  penelitian tindakan kelas, terdiri dari dua siklus dan tiap-tiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Tes digunakan untuk mengambil data pemahaman materi Polimer.  Data pemahaman materi Polimer dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran self organized learning environments (SOLE) dapat meningkatkan pemahaman materi polimer siswa kelas X RPL di SMK N 1 Sanden dengan langkah-langkah: (1) Question atau Pertanyaan. Guru memberikan pertanyaan ke siswa melalui format yang berisi pertanyaan yang di bagikan melalui  WA group. (2) Investigate atau Investigasi. Siswa melakukan investigasi atau pencarian jawaban lewat internet. Jawaban yang telah diperoleh siswa ditulis dibuku, kemudian difoto dan dishare ke WA guru lewat jaringan pribadi. (3) Review atau Mencermati. Guru melakukan review jawaban siswa dengan cara mengunduh jawaban siswa yang dishare lewat jaringan pribadi. Jawaban siswa yang telah direview dikembalikan ke siswa dengan cara difoto lewat WA jalur pribadi siswa. Penerapan model pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) dapat meningkatkan pemahaman materi polimer siswa kelas X RPL di SMK N 1 Sanden dari persentase ketuntasan klasikal 57,89% pada siklus I, menjadi 73,68% pada siklus II dan telah mencapai indikator keberhasilan penelitian.

Kata Kunci: Self Organized Learning Environments, polimer, pemahaman

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-09-01
Bagaimana cara mengutip:
Suciati, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Self Organized Learning Environments (SOLE) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Polimer. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 321-328. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.290
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 1627 times
PDF downloaded: 2234 times

Referensi

Adit, A. (2020). Bosan PJJ Itu-itu Saja? Ini 6 Model Pembelajaran Inovatif bagi Siswa. Tayang: Kompas.com - 28/08/2020, 11:45 WIB https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/28/114509371/bosan-pjj-itu-itu-saja-ini-6-model-pembelajaran-inovatif-bagi-siswa?page=all.

Arikunto, S, Suhardjono, Supardi. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Angkasa

Indrayana, D. (2019). Rancang Bangun Sistem Pembelajaran Model SOLE (Self organized learning environment) Berbasis Web dengan Gaya Belajar Vak untuk Meningkatkan Pemahaman Kognitif Siswa. Skripsi. Bandung: FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Djamarah, SB dan Zain, A. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djony, S, Naqiyah, S, dan Abidin, Z. (2019). Kimia c1 untuk SMK/MAK Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Kamil, I. (2020). Kilas Balik Pembelajaran Jarak Jauh akibat Pandemi Covid-19. Kompas.com-03/09/2020. https://nasional.kompas.com/read/2020/09/03/10063201/kilas-balik-pembelajaran-jarak-jauh-akibat-pandemi-covid-19?page=all

Mitra, S. (2015). Self-Organised Learning Environment (SOLE) Toolkit. https://s3-eu-west-1.amazonaws.com/school-in-the-cloud-production-assets/toolkit/SOLE_Toolkit_Web_2.6.pdf

Sidik, D. (2020). Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Model SOLE (Self Organized Learning Environments). PembaTIK. Pusdatik Kemendikbud: rumah belajar. https://youtu.be/xTUinHlOhTY)

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, N. (1995). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Widoyoko, E P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.